Sudah Tau Kan Pohon Kemiri ?? Begini Cara Menanam Buah Kemiri Bumbu Masak Yang Punya Khasiat Bagi Kesehatan

Posted on

RuangTani.Com – Kemiri merupakan buah yang selalu di gunakan untuk bumbu masakan, Selain itu kemiri juga memiliki khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan mulai dari buah daun sampai dengan kulit kayu nya. Buah kemiri juga mengandung minyak yang dapat bermanfaat bagi kecantikan. Di pasar buah kemiri juga memiliki harga yang cukup tinggi karena ini juga merupakan kebutuhan pokok untuk sehari-hari. Berikut adalah tata-cara budidaya buah kemiri.

Sudah Tau Kan Pohon Kemiri Begini Cara Menanam Buah Kemiri Bumbu Masak Yang Punya Khasiat Bagi Kesehatan

Sudah Tau Kan Pohon Kemiri ?? Begini Cara Menanam Buah Kemiri Bumbu Masak Yang Punya Khasiat Bagi Kesehatan

Persiapan Benih

Benih kemiri didapat dari buah yang sudah masak (tua), dan dapat diperoleh sesudah 3-4 bulan dari masa berbunga buah yang masak tua akan berjatuhan dan dari situ kita dapat memanfaatkanya untuk pembibitan. Langkah sebelum biji disemai, Biji direndam dalam air dingin selama 15 hari, lalu buat biji menjadi retak.

Mengikir biji pada periode yang akan keluar lembaga. Sesudah 45 hari semai siap disapih dan dilaksanakan seleksi semai dan yang harus diperhatikan pilih semai yang tegak lurus, sehat dan sehat dan waktu dilakukan pencabutan agar hati-hati agar akar tidak rusak/luka.

Biji yang diperoleh pada semaikan dengan media tabur dari tanah dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 dan campuran ini disaring dengan kawat saringan berukuran 2 mm. Kemudian campuran ini sebaiknya disterilkan dengan cara digoreng sebelum dimasukkan kedalam bak plastik dengan tujuan agar bebas untuk bibit penyakit.

Biji kemiri disemai sedalam ± 2,5- 10 cm. Pembibitan baru dapat digunakan sesudah berumur 6 sampai one particular tahun.

Persiapan Lahan

Untuk tanaman kemiri maka jarak tanam yang digunakan adalah 4 M x 4 M atau p 5 M x 5 M. Untuk membantu jarak tanam dan arahnya tertata rapi maka dibuat dengan diajir dahulu. Sebelum benih disebar, lahan tanam dibersihkan terlebih dahulu dari tanaman penggangu dan pada ajir dilobangi dengan ukuran :  40 x 40 x 30 cm.

Penanaman

Untuk mendapatkan kestabilan tumbuh kembang yang baik sebelum di tanam lebih baik lahan di beri pupu , lahan dipupuk dengan pupuk an organic masing-masing lubang tanam dipupuk sebanyak 75 gram urea, 50 gram KCl serta 50 gram SP.

Perbuat juga penggunaan pupuk hayati untuk pembenah tanah yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah dengan menggunakan bio G 2000 Z, Phosmit, air flow dengan perbandingan 1 : 1 : 180.

Siramkan pada lobang tersebut 0, 5 liters air campuran tersebut. Penanaman dilakukan dengan menimbun hingga batas leher akar, hati-hati akar jangan sampai bengkok. Jika ada akar yang sudah keluar sebaiknya dipotong.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman kemiri dapat dilakukan dengan panduan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu lainnya, penyiraman, pemupukan dan pemangkasan.

Pengendalian Gulma dan Tanaman Pengganggu Lain. Pemeliharaan tanaman kemiri uzur muda (1-3 tahun), yang paling utama adalah mengontrol agar di sekitar batang pokok tanaman tidak ditumbuhi oleh gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

Untuk membasmi gulma atau tanaman pengganggu lainnya dapat dilakukan sebagaiselaku, ala, menurut, mekanis, yaitu setiap several bulan sekali mencabut ataupun membongkar gulma atau tanaman pengganggu tersebut. Ketika membersihkan gulma, sekaligus dapat dilakuin pendangiran agar komposisi udara di dalam tanah tentu baik.

Penyiraman. Pada ketika tanaman kemiri masih anak remaja (berumur 1-3 tahun), amat membutuhkan air yang lumayan. Oleh sebab itu, pada musim kemarau, tanaman kemiri pada umur-umur tersebut perlu disiram awd hari, khususnya setelah diaplikasikan pemupukan.

Pemupukan

Tanaman Kemiri adalah tanaman yang bukan menuntut kesuburan tanah, walaupun tetap perlu diberi pupuk secara rutin agar produksi buahnya menjadi lebih teliti. Pada tanaman berumur remaja, pemupukan mutlak diperlukan. Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk kandang (organik) maupun pupuk kimia (anorganik).

Dalam 1 tahun, pemberian pupuk kandang untuk tanaman kemiri remaja sebaiknya dilakukan satu saat. Pemupukan dapat dilakukan dengan cara menggali tanah melingkari batang pohon tanaman sedalam 40 cm dan sedikit di luar lingkar tajuk daun.

Baca juga :

Pupuk kandang dimasukkan kedalam galian tersebut sebagaiselaku, ala, menurut, merata dengan permukaan 15 cm dibawah permukaan tanah, kemudian ditutup kembali dengan tanah. Pemberian pupuk kandang akan menambah kesuburan tanah dan memperbaiki kondisi fisik tanah.

Jika pemupukan diaplikasikan dengan pupuk kimia, hingga jenis pupuk yang mengenai dipakai harus dipilih serasi kondisi tanaman.

Pada tanaman muda dapat diberikan pupuk dengan kandungan Kalium rendah, dan kandungan Phosfor dan Nitrogen tinggi. Sedangkan di dalam tanaman dewasa atau yang sudah berproduksi diberi pupuk dengan kandungan Kalium banyak.

Jenis-jenis pupuk kimia yang mengandung unsur-unsur tersebut ialah urea (mengandung Nitrogen), TEASPOON (mengandung Phosfor) dan KCL (mengandung Kalium). Pupuk kimia sebaiknya diberikan dua saat dalam setahun, yaitu menjelang musim hujan dan menjelang musim kemarau.

Cara pemupukan dapat dilakukan dengan trik menggali tanah melingkar batang pokok tanaman tepat kurang dari lingkaran tajuk daun yang terluar. Pupuk ditaburkan sebagaiselaku, ala, menurut, merata dalam lubang galian tanah tersebut, kemudian ditimbuni tanah kembali.

Dosis pemberian pupuk untuk satu batang tanaman kemiri sebagai berikut :

Umur 1 T h :

  • Urea 50 gram,
  • TSP forty gram dan KCL twelve gram;

Umur 2 Th :

  • Urea 100 gram,
  • TSP 80 gram serta KCL 20 gram;

Umur 3 Th :

  • Urea 150 gram,
  • TSP one hundred twenty gram dan KCL forty gram;

Umur 4 Th :

  • Urea 200 gram,
  • TSP 150 gram kemudian KCL 60 gram;

Umur 5 Th :

  • Urea 300 gram,
  • TSP one hundred and fifty gram dan KCL 90 gram;

Umur 6 Th :

  • Urea 500 gram,
  • TSP 150 gram serta KCL 250 gram;

Umur 7 Th Keatas :

  • Urea 1000 gram,
  • tidak TSP dan KCL 750 gram.

Pemangkasan

Pemangkasan sebaiknya dilakukan semasa musim hujan, karena bagi pertumbuhan tunas-tunas baru, pohon kemiri membutuhkan banyak air flow. Pemangkasan juga harus ditonton dengan pemupukan anorganik.

Pemangkasan dilakukan terhadap cabang-cabang pohon yang sudah tua, rusak, lemah, sakit, atau yang terlalu berdempetan satu dengan yang lainnya, agar sirkulasi udara dan sinar matahari cukup.

Panen

Buah kemiri yang dapat digunakan seluruh kebutuhan. Tanaman kemiri mengenai berbuah setelah berumur 3, 5 s/d 4 tahun. Buah kemiri cukup memiliki nilai ekonomi tinggi dan juga dapat di manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Nah bagaimana anda berminat untuk segera melakukan tanam buah kemiri ??? 😀 Menanam pohon kemiri juga merupakan salah satu untuk membuat jantung bumi menjadi sehat … 😀

Dikutip dari JituNews.Com

Sudah Tau Kan Pohon Kemiri ?? Begini Cara Menanam Buah Kemiri Bumbu Masak Yang Punya Khasiat Bagi Kesehatan