Pengertian Ilmu Agronomi Dan Agroteknologi Pertanian

Posted on

RuangTani.Com – Agronomi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memproduksi dan memanfaatkan tanaman untuk makanan, bahan bakar, serat, dan aplikasi lingkungan seperti reklamasi. Agronomi adalah salah satu diterapkan biologi tanaman berbasis ilmu pengetahuan yang mempelajari pengaruh dan manipulasi berbagai komponen biotik (hidup) dan abiotik (tak hidup) terhadap individu atau kelompok individu tanaman yang akan digunakan untuk kepentingan manusia.

Ilmu Agronomi Dan Agroteknologi

Agronomi meliputi kegiatan di bidang genetika tanaman, fisiologi tanaman, meteorologi, dan ilmu tanah dan penerapan kombinasi biologi, genetika, kimia, ekonomi, ekologi, topografi, dan kebijakan politik-ekonomi. Agronomi saat ini terlibat dalam berbagai masalah yang berkaitan dengan produksi pangan dalam kuantitas dan kualitas, mengelola dampak lingkungan dari aktivitas pertanian, dan penciptaan energi dari sumber tanaman.

Mereka umumnya ahli dalam penerapan rotasi tanaman, irigasi dan drainase, pemuliaan tanaman, fisiologi tanaman, klasifikasi tanah, kesuburan tanah, gulma dan pengendalian hama Agronomi tidak sama dengan ilmu pertanian.

Agroteknologi

Agroteknologi berasal dari dua kata yaitu agro dan teknologi. Agro berasal dari agronomi yaitu studi tentang gejala (fenomena) dalam kaitannya dengan pertanian atau teori dan praktek dalam pengelolaan lahan dan produksi tanaman. Sementara teknologi ini berkaitan erat dengan sains dan teknik.

Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, yang berarti bahwa karakteristik dasar pada dimensi ruang, tentang interaksi materi dan energi dalam satu sama lain. Perlu dipahami bahwa teknologi yang dimaksud di sini bukanlah teknologi pengolahan mesin produk pertanian, atau untuk melakukan dengan teknik pertanian, sehingga Departemen Agro-kita tidak akan belajar cara merakit mesin untuk keperluan pertanian.

Pada dasarnya, di Agroteknologi kita akan belajar tentang bagaimana mengelola komoditas dari biji berbentuk untuk membentuk hasil dan produk berikutnya. Kita akan belajar tentang tanaman dan tumbuhan, makanan atau hortikultura, serta bagaimana proses ini penanaman yang baik, pemanenan, pengolahan, sampai dengan proses produksi.

Dalam Agroteknologi kita akan lebih fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan ‘Tanaman nya’ itu sendiri dan juga pada hal-hal yang berkaitan dengan proses penanaman. Kita bisa memilih untuk fokus pada peningkatan tanaman, memuliakan tanaman, fokus pada tanaman perkebunan, atau untuk fokus pada bagaimana menciptakan dan menghasilkan serta penggunaan pupuk dan pestisida benar, atau mungkin diperiksa pada apakah atau tidak tanah di daerah untuk ditanam oleh komoditas.

Pada dasarnya ya di Agroteknologi kita akan belajar tentang hal-hal yang berbau makanan di bahan baku, yang masih dalam produksi serta hal-hal yang berkaitan dengan: tanah sebagai media tumbuh, pupuk sebagai pemberi nutrisi dan sebagainya.

Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan tanaman melibatkan pembiakan selektif tanaman untuk menghasilkan tanaman terbaik dalam berbagai kondisi. Pemuliaan tanaman telah meningkatkan hasil dan nilai gizi dari berbagai jenis tanaman tumbuh di seluruh dunia, termausk jagung, kedelai, dan gandum.

Pemuliaan tanaman juga telah mengembangkan jenis baru tanaman yang merupakan hibrida yang disebut tanaman hibrida. Contohnya adalah triticale yang merupakan persilangan antara gandum dan gandum. Protein triticale dimanfaatkan lebih dari gandum atau gandum. Buah-buahan dan sayuran juga subjek pemuliaan tanaman.

Bioteknologi

Agronomi menggunakan bioteknologi untuk memperluas dan memperdalam pengembangan tanaman untuk menghasilkan karakteristik yang diinginkan. Bioteknologi sering suatu kegiatan yang memerlukan laboratorium uji di bidang tanaman baru sedang dikembangkan.

Bioteknologi juga digunakan dalam tanaman pertanian non-makanan seperti beberapa jenis minyak nabati memproduksi tanaman yang dikembangkan untuk menghasilkan minyak yang cocok untuk produksi deterjen dan biodiesel.

Ekologi Pertanian

Pertanian ekologis adalah manajemen sistem pertanian yang menekankan perspektif ekologi dan lingkungan. Bidang ini berkaitan erat dengan upaya di bidang pertanian berkelanjutan, pertanian organik, sistem pangan, dan pengembangan sistem pertanian alternatif.

Di kutip dari Sumber : id.wikipedia.org

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Ilmu Agronomi Dan Agroteknologi Pertanian Semoga Dapat Bermanfaat Aminnn … 😀