Tanaman Padi Anda Teserang Hama Tikus !! Ini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

Posted on

RuangTani.Com – Hama merupakan musuh tebesar bagi para petani. Seperti hama tikus yang merupakan salah satu masalah atau gangguan yang sangat besar dihadapi, bahkan bukan hanya pada tanaman padi pada tanaman lainnya pun tidak luput dari serangan hama. Pada hama tikus ini akan mengakibatkan kegagalan panen, pertumbuhan lambat, produktivitas akan mengalami penurunan dan bahkan akan mengakibatkan kematian pada tanaman tersebut.

Hama Tikus Pada Tanaman Padi

Tanaman Padi Anda Teserang Hama Tikus !! Ini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

Biasanya pada hama tikus ini apabila menyerang, pada bagian akar maupun batang yang akan menggerogoti bagian tersebut hingga habis dan lama-kelamaan akan mengakibatkan tanaman tersebut akan mati. Untuk pengendalian pada hama tikus ini sebenarnya sangat beragam sekali jenisnya mulai dari menggunakan bahkan kimia maupun bahan alami, serta dengan pembuatan perangkap pun dapat untuk mengatasi hama tikus tersebut.

Baca Juga :

Namun ada beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi atau pengendalian hama tikus ini sebagai berikut.

Pencegahan Atau Pengendalian Pada Hama Tikus Tanaman Padi

  • Dengan melakukan penanaman padi dengan serempak dengan menggunakan bibit yang tahan terhadap serangan hama.
  • Dengan melakukan sanitasi habitat ( lingkungan ), biasanya dilakukan dengan baik selama musim tanam padi. Dengan cara melakukan pembersihkan pada tanggul irigasi, jalan sawah, batas persawahan, pematangan, parit dan sebagainya.
  • Melakukan pembasmian dengan massal, melakukan penggalian pada sarang hama tersebut , pemukulan, penjeratan, pengoboran malam, pemburuan dengan anjir dan sebagainya.
  • Dengan melakukan pengomposan efektif yang bertujuan untuk membunuh tikus dewasa dan anak-anaknya di dalam sarang biasanya dengan melakukan penutupan pada lubang dengan menggunakan lumpur dan mendiamkan beberapa hari, agar tikus mati didalamnya tanpa mengeluarkannya.
  • Dengan memanfaatkan musuh alami, cara ini memang terbilang cara yang mudah untuk membasmi atau membunuh tikus dengan cepat. Biasanya musuh alami dari tikus sawah ialah tipe pemangsa seperti ular, burung hantu, burung elang dan lain-lain.
  • Dengan melakukan pemberian racun tikus yang telah dicampurkan ke beberapa makanan yang disukai hama tikus tersebut, untuk racun tersebut biasanya bisa di dapatkan di toko terdekat dan pemberian dosis sesuai dengan petunjuk dianjurkan.
  • Dengan melakukan penyemprotan herbisida, peptisida dan lainnya untuk menghindari serangan dari berbagai jenis hama maupun penyakit yang lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Padi Anda Teserang Hama Tikus !! Ini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚