Hama Penggerek Menyerang Tanaman Kakao Anda !! Ini Panduan Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman Kakao merupakan pohon budidaya diperkebunan yang berasal dari Amerika Selatan, namun sekarang sudah banyak ditanam diberbagai kawasan tropika. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.

Pengendalian Hama Penggerek Buah Kakao

Hama Penggerek Menyerang Tanaman Kakao Anda !! Ini Panduan Pengendaliannya

Yang salah satu penyebab hasil kakao rugi sampai 80 persen ialah karena hama penggerak buah kakao atau lebih dikenal dengan sebutan PBK yang menyerang pada buah. Jenis hama ini disebabkan oleh Conophomorpa cramerelle.

Baca Juga :

Siklus Hama Penggerek Buah Kakao ( PBK )

Hama PBK merupakan salah satu serangga yang bermentaformasis sempurna yaitu telur menjadi larva menjadi imago ( serangga dewasa ) dan kemudian berkembang biak. Untuk lama proses tersebut ialah sekitar 35 hari, imago betina yang berumur 5-7 hari akan menghasilkan telur sebanyak 100-200 butir telur dan diletakkan di permukaan buah kakao yang mempunyai usia sekitar 3-4 bulan.

Sekitar 7 hari, terlur tersebut menetas dan larva keluar menggerek kulit kakao lalu memasuki buah kakao memakan plasenta dan daging buah kakao yang membungkus biji-biji kakao. Pada hari ke-14, larva keluar dari dalam buah dan bergerak turun ke bagian permukaan tanah mencari daun kering sebagai tempat menjalani fase pulpa atau kepompong selama 7 hari. Setelah menjadi imago, mereka akan terbang dan kawin kemudian hinggap pada buah-buah kakao untuk meletakkan telur-telurnya.

Gejala Serangan Pada Tanaman Kakao

Gejala terlihat tanda dari hama telah menyerang ialah dari perubahan kulit yang menjadi belang hijau-kuning atau terlihat seperti matang tapi belum pada waktunya, kulitnya juga terdapat garis hitam bekas dari liang gerakan larva PBK.

Saat dibuka dalamnya akan terlihat berwarna cokelat kehitaman, bijinya berdempetan karena menempel atau melek pada kulit dan berukuran kecil. Para buah biji kakao yang terserang oleh penyakit PBK akan mengandung lemak yang lebih rendah sehingga ketika dijual harganya menjadi menurun.

Panduan Pengendalian Hama ( PBK )

Dalam pengendalian terhadap hama penggerek buah kakao ini wajib dilakukan, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi dari hasil produksi dan menimbulkan kerugian. Nah berikut ini cara pengendalian penggerek buah kakao, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

Kultur Teknis

  • Dengan memilih klon-klon unggul seperti Sulawesi 3 dan ICRRI 7 yang merupakan salah satu cara pengendalian terhadap hama penggerek buah kakao. Untuk cara ini diharap tumbuh kakao bisa tumbuh dengan baik tanpa harus khawatir mudah terserang hama.
  • Dalam pemilihan pohon penaung sangat dianjurkan untuk menghindari populasi hama makin meningkat. Sebaiknya jangan memilih pohon sebagai berikut : mata kucing, remabutan. Langsat, kasai dan pulasan.
  • Dapat lakukan kondomisasi untuk melindungi buah dari imago hama yang meletakkan telurnya, sebaiknya bungkus menggunakan plastik sejak masih berukuran kecil dan lubangi bagian bawah plastik untuk mengurangi kelembaban yang berlebih.
  • Pemangkasan secara rutin dilakukan untuk mengurangi kondisi kebun yang lembab serta memudahkan sinar matahari memasuki area kebun. Lakukan pemangkasan pada rating dan cabang-cabang tumbuhan kakao sangat disarankan.
  • Untuk tujuan dalam pemupukan ialah untuk meningkatkan daya tahan tumbuhan atau kekebalannya meningkat apalagi dengan wakti, dosis, cara dan jenis yang tepat.
  • Dengan melakukan panen dan sanitasi sesering mungkin dapat juga memutus hama penggerak buah kakao.

Pengendalian Biologis

Dalam pengendalian secara biologis dapat dilakukan dengan melepaskan musuh alami ham seperti : predator ( semut cangkrang atau Oesophylla smaragdina, semut hitam atau Dolichoderus thoracicus dan laba-laba atau Arachnida ) dan parasitoid ( Paraphylax spp, Beauveria bassiana, Ceraphron spp, Gorypus spp dan jamur Trichogrammatoideabactreafumata ).

Pengendalian Kimiawi

Dengan lakukan pengendalian secara kimiawi setelah pengendalian secara biologis dan juga pengendalian secara kultur yakni ketika hama penggerak peda kebun memiliki intensitas sangat tinggi. Dapat aplikasikan dengan menggunakan insektisida dengan bahan aktif Deltametrin 0.0015 % dan Propoxar 0.1 %.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Penggerek Menyerang Tanaman Kakao Anda !! Ini Panduan Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂