Tanaman Seledri Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Untuk hama maupun penyakit pada sebuah tanaman merupakan sudah biasa menyerang, akhirnya menyebabkan tanaman tersebut tidak tumbuh dengan begitu wajar malah mengakibatkan kematian sehingga akan mengakibatkan gagal panen dan petani pun menjadi merugi. Oleh karena itu, sebelum untuk melakukan pembudidayaan harus dilakukan pengenalan mengenai hama maupun penyakit serta bagaimana cara untuk mengatasinya atau menanggulanginya apabila menyerang pada tanaman tersebut.

Penyakit Pada Tanaman Seledri

Tanaman Seledri Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Salah satu pada tanaman yang telah dibudidayakan oleh bagi para petani ialah tanaman seledri yang salah satu yang dijadikan masyarakat untuk pelengkap pada masakan mereka. Jadi dengan demikian maka sangat menguntungkan apabila tanaman tersebut dibudidayakan.

Baca Juga :

Nah berikut ini beberapa jenis hama maupun penyakit yang menyerang tanaman seledri dan cara pengendaliannya.

Hama Pada Tanaman Seledri

Nematode

Nematode ini akan menyerang pada akar-akar tanaman seledri yang akan mengakibatkan akar muncul bintil-bintil besar maupun kecil, yang sehingga akan menyebabkan aktivitas pada akar menjadi terganggu seperti ketika menyerap air dan menyerap unsur-unsur lain yang dibutuhkan oleh tanaman. Apabila nematode menyerang akar-akar pada tanaman yang masih muda maka akan menyebabkan tanaman tersebut menjadi tumbuh kerdil.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada tanaman seledri yang terserang dengan memberinya insektisida seperti Curacron yang dosisnya 1,3 cc / liter air.

Kutu Daun

Hama ini menyerang daun pada tanaman seledri, apabila tanaman daun muda yang diserang maka akan berubah menjadi kuning dan akhirnya berubah menjadi kering, yang akibatnya tanaman pun akan terhambat tumbuhnya atau menjadi mati.

  •  Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dengan menggunakan insektisida Basudin 60 EC mislanya dengan dosis 2 cc / liter air.

Hama Wereng

Hama wereng atau nama latinya Liriomyza yang terbilang sangat berbahay bagi tanaman seledri hal ini karena apabila para wereng sudah menyerang maka akan menyebabkan daun pun menjadi kering akibat dari cairan yang dihisapnya hingga habis.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini menyerang tanaman seledri dapat menggunakan Trigard, Curacron dan yang terbaru Winder 25 WP yang sesuai dengan dosis yang sesuai dengan anjuran yang tertera.

Penyakit Pada Tanaman Seledri

Late Night

Cendawan Septoria sp ialah penyabab terjadinya penyakit ini pada tanaman seledri.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan Dhitane dengan dosis 1,5 g / liter air. Dan apabila udah parah maka dapat melakukan dengan pencabutan pada tanaman maupun dengan memusnahkan demi tidak menular ke tanaman seledri lainnya.

Bacterial Soft Rot

Jenis penyakit ini diakibatkan oleh Erwinia carotovora.

  • Cara pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan fungisida yang mengandung mankozeb atau simoksamil. Dan apabila penyerangan tersebut sudah parah maka dengan melakukan pencabutan maupun dengan memusnahkan hal ini untuk menghindari menyebar ke tanaman seledri yang lainnya.

Bercak Daun

Lalat penggorok daun Liriomyza huidobrensis yang merupakan penyebab terjadinya bercak daun pada tanaman seledri tersebut.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida kimiawi.

Nb :

Untuk mencegah munculnya hama maupun penyakit pada tanaman seledri, alangkah baiknya dengan melakukan pemeliharaan sejak awal, hal ini maksudnya lakukan pemilihan bibit yang bagus, sehat bebas dari penyakit.

Selain itu juga dengan menjaga kebersihan lahan sebagai media dan sekitarnya untuk menjauhkan tanaman dari hama maupun penyakit. Dan jaga pula sanitasi maupun pemupukan yang sesuai dengan aturan dan sesuai takaran. Menyemprotkan pestisida organik secara teratur juga hal ini menjadi salah satu cara dalam pengendalian dan tindakan pencegahannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Seledri Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂