Tanaman Pisang Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Apakah anda tahu ??? bahwa dalam masa menumbuhkan tanaman pisang yang memiliki kualitas itu hal terbilang tidak mudah ?? bagi petani pisang harus tetap menjaga atas kesuburan tanah, memilah bibit-bibit yang unggul, serta tetap memberikan pupuk hayati agar kesehatan tanaman pisang tersebut terus terjaga. Namun , kesulitan yang sebenarnya bukanlah terletak disana, tapi perlu perlindungan dari serangan hama dan penyakit.

Tanaman Pisang Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Meskipun pada tanaman pisang ini termasuk sebagai tanaman yang kuat, bukan berarti tanaman ini kebal terhadap serangan penyakit ataupun serangan dari hama. Untuk jenis musuh pada tanaman ini sangatlah beragam mulai dari jenis ulat sampai kumbang.

Baca Juga :

Berikut inilah penjelasan akan dampak dari berbagai hama serta bagaimana cara pengendaliannya.

Ulat Daun ( Erienota thrax )

Jenis ulat ini tergolong hama karena akan memakan pada dedaunan tanaman pisang, yang hasilnya akan terlihat pada bagian daun pisang yang berlubang-lubang. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi sekali proses fotosintesis tanaman sehingga perkembangan akan menjadi melambat.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida ( tetapi tidak disarankan ), dapat pula dengan cara menggoyangkan tanaman hingga ulat tersebut jatuh atau dengan membuangnya ke tempat yang jauh dari lahan tersebut.

Ulat Bunga Dan Buah ( Nacoleila octasema )

Hama ini mirip dengan ulat daun, tetapi seperti namanya jenis hama ini dapat menyerang pada bagian bunga dan buah dari tanaman pisang. Hasilnya akan terlihat pada bagian buah yang kulitnya berkudis atau pertumbuhan buah yang abnormal. Yang lebih bisa membahayakan, jenis hama ini bisa berjumlah lebih dari 70 ekor pada tandan pisang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada jenis hama ini dapat dilakukan dengan cara membuangnya satu-persatu atau dapat pula dengan cara menggunakan pestisida.

Kumbang ( Cosmopolites sordidus )

Jenis hama yang satu ini akan menyerang bagian kelopak daun serta pada batang tanaman pisang. Hal ini dapat terlihat gejalanya untuk lorong-lorong ke atas atau bawah pada kelopak daun, serta batang pisang yang penuh dengan lorong pula.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada jenis hama ini dapat dilakukan dengan sanitasi rumpun pisang serta dengan membersihkan rumpun dari sisa batang pisang.

Nematoda ( Rotulenchus similis )

Jenis hama yang satu ini sedikit lebih menyusahkan karena sulit untuk diprediksinya. Bagian yang diserang pada hama ini ialah bagian akar. Telihat gejalanya pada tanaman pisang dengan kondisi tanaman yang terlihat memucat atau tidak sehat serta terbentuknya rongga atau bintik kecil didalam akar. Dalam kondisi tertentu akar tanaman bisa membengkak.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan bibit tahan akan nematode, serta meningkatkan humus tanah atau dengan menggunakan lahan dengan memiliki kadar lempung yang kecil.

Ada banyak juga ya hama yang menyerang tanaman pisang, hal tersebut sangat menyusahkan serta merepotkan bagi petani kalau begitu. Namun dengan mengetahui bagaimana cara pengendaliannya sekarang, dengan begitu seharusnya sudah tidak dapat menyusahkan. Sekarang yuk kita pelajari berbagai jenis penyakit pada tanaman pisang agar lebih mudah dalam membudidayakan pisang !!

Berikut ini ualah jenis penyakit-penyakit yang mungkin dapat menyerang tanaman pisang serta cara pengendaliannya.

Penyakit Darah

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Xanthomonas celebensis, penyakit ini akan menyerang jaringan tanaman dari bagian dalam sehingga sulit untuk terdeteksi dengan secara langsung. Gejala yang terlihat pada jaringan tanaman pisang yang seakan-akan berdarah karena warnanya yang memerah.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini pada tanaman pisang yang tertular harus dibakar hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit tersebut.

Panama

Disebabkan oleh jamur bernama Fusarium oxysporum, penyerangan terjadi pada bagian daun pisang, hal ini terlihat daun yang tiba-tiba layu dan putus diawali dengan daun luar yang merambat ke bagian dalam. Pelapah daun pisang akan membelah menjadi membujur kemudian keluar pembuluh getah yang berwarna hitam.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini pada tanaman pisang yaitu dengan membakar tanaman tersebut.

Bintik Daun

Penyakit ini disebabakan oleh jamur Cercospora musae, terlihat daun yang berbintik-bintik sawo matang yang semakin meluas seiring waktu. Jika hal ini dibiarkan makan akan menyebar ke tanaman yang lain.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendaalian penyakit ini pada tanaman pisang dapat dilakukan dengan membakarnya hal ini bertujuan agar tidak menyebar ke tanaman yang lainnya.

Layu

Disebabkan oleh bakteri Bacillus sp, penyakit ini menyerang pada bagian akar sehingga tanaman akan layu dan kemudian mati.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara membongkar tanaman atau dengan membakarnya.

Daun Pucuk

Disebabkan oleh virus yag berada pada kutu daun Pentalonia nigronervosa, menyerang pada daun pucuk tanaman pisang.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida atau dengan membakar tanaman yang sudah tertular.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Pisang Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚