Tanaman Manggis Anda Terserang Hama Dan Penyakit ??? Inilah Panduan Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Untuk mengatasi hama dan penyakit yang muncul pada tanaman manggis harus membutuhkan pengetahuan yang luwes. Memiliki pengetahuan yang tepat tentang hama maupun penyakit akan membantu sekali untuk mengurangi resiko pada tanaman yang rusak.

Tanaman Manggis Anda Terserang Hama Dan Penyakit

Tanaman Manggis Anda Terserang Hama Dan Penyakit ??? Inilah Panduan Pengendaliannya

Hama yang muncul pada tanaman manggis hal ini dapat merusak bahkan juga membunuh tumbuhan tersebut. Hama yang menyerang tanaman dewasa memang tidak begitu terlalu menghawatirkan, namun akan lebih beresiko bila yang terserang ialah tanaman yang masih terbilang masa pertumbuhan atau masih kecil.

Baca Juga :

Hama Tanaman Manggis Dan Panduan Pengendalian

Jenis hama yang menyerang tanaman manggis sangat bervariatif dari mulai yang beresiko rendah sampai yang beresiko dapat mematikan tanaman.

Ulat Bulu

Hama ini merupakan satu-satunya hama yang paling sering menyerang tanaman manggis ini, ulat bulu ini tidak hanya mengganggu manggis, namun juga mengganggu petani juga. Untungnya jenis hama ini termasuk musiman, sehingga tidak terlalu merepotkan. Gejala yang ditimbukan dari hama ini biasanya pada bagian daun yang berlubang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada jenis hama ini yang pertama dengan sanitasi, apabila tidak berhasil dengan menggunakan insektisida bayrusil 250 EC atau cymbush 50 EC dengan dosis 0,1 hingga 0,2%.

Penyakit Tanaman Manggis Dan Panduan Pengendalian

Untuk mengatasi jenis penyakit pada tanaman manggis diperlukan usaha eekstra keras. Tidak seperti hama, untuk penyakit yang menyerang pohon manggis ini lebih kompleks. Untuk jenis tingkat serangan penyakit ini juga terbilang variatif mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Bercak Daun

Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri pestalotia sp, dan ditandai dengan warna pada daun yang tidak beraturan seperti abu-abu, coklat dan terdapat warna hitam pada kedua sisi daunnya.

  • Cara Pengendalian

    Untuk cara pengendalian dari penyakit manggis ini dengan mengendalikan kelembaban kemudian potong bagian yang terkena penyakit. Apabila masih membandel yakni dengan menggunakan fungisida bayfidan 250 EC atau baycolar 300 EC dengan dosisi 0,1-0,2%.

Jamur Upas

Jamur upas ini biasanya disebabkan oleh corticium salmonicolor Berk.et Br, yang ditandai dengan ranting dan kulit yang mengering.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan memotong rating atau mengelupas kulit yang terkena, bila penyakit ini masih menyerang semprot dengan derosal 60 WP dengan dosis 0,1-0,2%.

Hawar Benang

Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri Marasmius scandens Mass Dennis et Reid, penyakit ini ditandai dengan munculnya warna putih pada bawah bagian daun terutama dicabang atau ranting.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada jenis penyakit ini dapat dilakukan dengan memotong dan memangkas ranting yang terkena.

Hawar Rambut

Penyakit ini terjadi karena efek dari bakteri Marasmius equicrinis Mull, penyakit ditandai dengan munculnya warna tua berbentuk benang seperti ekor kuda.

  • Cara Pengendalian

    Penyakit hawar rambut pada tanaman manggis ini hampir sama dengan cara untuk mengatasi hawar benang yang terjadi.

Busuk Buah

Busuk buah ini disebabkan oleh bakteri Botryodiplodia theobromae Penz, penyakit ini ditandai dengan pangkal buah yang busuk yang kemudian menyebar ke buahnya.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan sanitasi yang baik, jika diperlukan dapat digunakan dengan fungisida benlate.

Busuk Akar

Busuk akar ini disebabkan oleh bakteri Fomes noxious Corner, gejala yang terjadi pada tanaman manggis ini pada bagian akar yang membusuk dan berwarna coklat.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan denga penyemprotan fungisida Benlate, Cobox atau Cupravit.

Kanker Batang

Penyakit kanker batang pada tanaman manggis ini biasanya diakibatkan karena pathogen Botryophaerisa ribis, gejala selalu diawali dengan timbulnya getah pada tumbuhan dan pada bagian batang manggis yang berubah warna.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan membuat drainase dan sanitasi yang baik, jika keadaan tidak berubah lakukan dengan cara penyemprotan fungisida Benlate, Cobox atau Cupravit.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Manggis Anda Terserang Hama Dan Penyakit ??? Inilah Panduan Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂