Tanaman Teh Anda Terserang Hama !! Ini Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Teh

Posted on

RuangTani.Com – Sebagaimana pada tanaman yang lainnya pada tanaman teh juga tidak luput dari berbagai serangan hama. Untuk jenis hama yang menyerang tanaman teh banyak sekali, tapi kali ini akan mengulas beberapa contoh jenis hama yang biasa menyerang tanaman teh.

Hama Pada Tanaman Teh

Tanaman Teh Anda Terserang Hama !! Ini Cara Pengendalian Ham Dan Penyakit Pada Tanaman Teh

Hama pada tanaman merupakan pengganggu atau masalah yang sangat meresahkan bagi para petani. Bagaimana tidak, hama-hama ini akan menghambat dan dapat mengganggu sekali pertumbuhan tanaman yang sedang dibudidayakan. Nah berikut ini jeni hama yang biasa menyerang tanaman teh dan bagaimana cara untuk tindakan pencegahan atau pengendaliannya simak ulasannya dibawah ini.

Heterodera Marioni

Jenis hama ini sporadic yang dapat menyerang tanaman teh sudah berada di perkebunan. Namun hama ini merupakan hama pada tanaman teh yang paling bertanggung jawab terhadap kerusakan pada saat persemaian teh. Hama ini lebih banyak merusak pada bagian akar teh yang terbilang masih sangat muda. Untuk tanda-tanda akar yang terserang hama ini ialah bentuknya yang mekar dan lambat akan menjadi busuk.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan cara memberikan racun CCT atau HCT yang disemprotkan ke dalam tanah.

Gryllotalpa Africana ( Orong-orong )

Jenis hama ini merupakan hama yang paling bertanggung jawab atas kerusakan di persemaian dan diperkebunan teh yang masih terbilang masih muda atau baru. Untuk bagian yang dirusak oleh hama ini di perakaran sebab pada saat hendak membuat lubang didalam tanah, hama ini akan memutus akar tanaman.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan menangkapnya kemudian dibasmi.

Brachytypus Portentosus ( Gangsir )

Sama seperti orong-orong hama ini juga merupakan jenis hama yang bertanggung jawab atas kerusakan sistem perakaran tanaman teh. Hama ini juga akan memutus akar-akar dan batang dekat leher akar, sewaktu membuat lubang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara menangkapnya dan kemudian dibasmi.

Agrotsi Sp

Jenis hama ini merupakan homogen ulat yang sangat mengganggu. Hama ini dianggap paling bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada kulit batang tanaman teh saat persemaian. Hama ini dapat mengelupaskan pada kulit batang, bahkan sampai mematahkan batang tanaman teh.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan mecari ulat tersebut didalam tanah pada saat pagi hari dan dapat juga dengan pemberian bahan yang beracun yang dianggap efektif untuk membasmi hama ini.

Zeuzera Coffeae

Hama ini seperti Agrotis sp, yang merupakan hama homogen. Hama ini biasanya menyerang batang atau ranting tanaman teh dengan cara menggereknya. Mula-mula penggerekan ini dilakukan pada kulit batang, namun lama-kelamaan hama ini akan membuat lubang secara melingkar pada batang sehingga menyebabakan batang tersebut mudah patah.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini cukup mudah hanya dengan melakukan memotong bagian batang yang terserang lalu membakarnya.

Bubuk Kayu

Hama ini merupakan homogen hama penyerang tanaman teh yang baru saja mengalami pemangkasan. Namun dalam beberapa kejadian, hama ini pun ada yang menyerang tanaman teh di persemaian.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan mencabut tanaman yang terserang dan dengan melakukan pergiliran pemangkasan.

Helopeltis Antoni

Hama ini merupakan yang paling berbahaya bagi perkebunan teh. Karena jika perkebunan teh sudah diserang oleh hama ini, maka akan mengalami gagal produksi. Perkebunan yang terserang hama ini akan mengalami produksi daun teh sangat sedikit. Hal ini dikarenakan hama ini membawa semacam penyakit kanker cabang yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, termasuk pada daun. Hama ini umumnya menyerang perkebunan teh yang baru saja mengalami pemangkasan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menyemprotkan obat derris 0,5 hingga 0,75% dan dengan menangkap langsung pada hama tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Teh Anda Terserang Hama !! Ini Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Teh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂