Tanaman Anggrek Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman Anggrek merupakan tanaman bunga hias yang dikenal sudah sejak 200 tahun yang lalu dan sejak 50 tahun terakhir tanaman ini mulai dibudidayakan di Indonesia. Tidak jarang masyarakat di Indonesia yang menanam Anggrek di pekarangan rumah mereka sebagai hiasan karena tanaman Anggrek ini memiliki keindahan. Untuk tanaman Anggrek ini memiliki banyka sekali jenisnya, untuk jenis yang terdapat di Indonesia diantara seperti Vanda tricolor, Vanda hookeriana, Dendrobium phalaenopis ( Anggrek Darat ), Phalaenopsis amabilis ( Anggrek Bulan ), Paphiopedilun praestans dan Paphiopedilun glaucophyllum.

tanaman anggrek

Tanaman Anggrek Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Tanaman Anggrek ini perlu untuk dijaga keindahannya dari berbagai serangan hama dan penyakit. Nah untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaganya, hal ini kita perlu juga mengenal jenis hama dan penyakit serta bagaimana untuk pengendaliannya pula. Simak ulasannya sebagai berikut :

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Anggrek

hama tanaman anggrek

Tungau

Hama ini menyerang pada bagian daun tanaman dan dengan cara menempel pada pelepah daun kemudian membuat bercak hitam serta merusak daun tanaman tersebut.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan menggosok daun yang terkontaminasi dengan kapas dan air sabun atau dapat juga dengan menggunakan insektisida yang dosis 2 cc/liter.

Belalang

Hama ini menyerang daun tanaman gejala yang terlihat pinggiran daun yang bergerigi karena dimakan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida bersifat racun kontak jika dalam jumlah banyak. Jika jumlah sedikit disarankan untuk membuangnya satu-persatu.

Semut

Hama ini yang satu menyerang tanaman pada bagian tunas yang masih muda dan pada bagian akar.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan merendam pot kedalam air dan ciptakan lingkungan yang bersih disekitar pot.

Kutu Babi

Hama ini menyerang tanaman pada bagian akarnya.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan merendam pot sehingga kutu babi menyingkir dari pot Anggrek.

Trips

Hama ini menyerang batang dan daun muda, namun dampaknya terlihat pada bunga. Dengan cara menempel pada batang dan daun yang akan memberikan bercak abu-abu pada permukaan daun kemudian akan merusak bunga hingga bentuk bunga tidak menarik untuk dilihat.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida secara berkala.

Keong

Hama ini menyerang tanaman pada lembaran daun Anggrek.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan membersihkan secara manual dengan atau dengan penyemprotan insektisida.

Kumbang

Hama ini menyerang bagian batang serta daunnya. Gejala yang terlihat pada batang yang berlubang-lubang dibagian tengahnya, dapat juga bertelur dan larva menetas merusak daun Anggrek.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida secara rutin. Lakukan juga dengan pembersihan pot dari kepompong dan telur kumbang.

Kepik

Hama ini menyerang pada daun tanaman dengan cara menghisap cairan daun sehingga menyebabkan daun berbintik-bintik putih atau kuning. Jika dibiarkan tanaman akan berhenti berdaun atau gundul.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida yang disemprotkan secara berkala.

Kutu Tudung

Hama ini menyerang daun tanaman. Dengan cara menghisap sari pati pada daun sehingga daun menjadi menguning kemudian menjadi coklat dan mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida yang disemprotkan secara berkala.

Penyakit Pada Tanaman Anggrek

penyakit tanaman anggrek

Penyakit Buluk

Penyakit ini sering muncul dalam media tanam karena lingkungan yang tidak steril. Hal ini terlihat gejala pada biji Anggrek yang tidak dapat berkecambah dan persemaian gagal, tanaman akan menjadi layu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan membersihkan lingkungan hingga menjadi steril.

Penyakit Rebah Kecambah

Penyakit ini penyebarannya melalui air. Hal ini dapat terlihat gejala bercak kecil pada permukaan daun yang kemudian mengenai tunas hingga ujung akar, tanaman akan mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan fungisida.

Bercak Coklat

Penyakit ini terjadi saat lingkungan lembab dan daun dalam kondisi tidak sehat. Hal ini terlihat gejalanya berupa bercak kecil pada pucuk daun dan meluas ke seluruh bagian tubuh hingga tanaman akan rusak dan mati. Penyakit ini mudah menular.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan membakar seluruh tanaman yang terkena penyakit tersebut hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran.

Busuk Akar

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia solani. Serangan yang terjadi pada rhizoma yang muncul garis-garis atau lingkaran berwarna ungu. Umbi batang kemudian membusuk.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan membuang bagian yang terserang dan memindahkan media tanam.

Cymbidium

Penyakit ini disebabkan oleh virus Mozaic cymbidium. Gejala yang terlihat bercak kekuningan lalu muncul jaringan mati berbintik, bergaris atau lingkaran. Daun tua terdapat banyak sekali bintik jaringan yang mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan membuang bagian tanaman yang sakit dan mensterilkan lingkungan.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Anggrek Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂