Cara Waktu Yang Tepat Dalam Pemupukan Cabai

Posted on

RuangTani.Com – Agar tanaman seperti cabai memperoleh hasil panen dan memiliki buah cabai yang banyak lebat dan juga berkualitas tentu saja hal ini banyak faktor yang mengiringinya agar mempunyai kreteria demikian. Faktor dalam pemupukan juga sangat memegang peranan yang sangat penting dalam pertanian budidaya cabai untuk hasil panen yang memuaskan yakni tanaman cabai menjadi subur, tanah atau lahan pertanian menjadi gembur dan tercukupi asupan nutrisi penting bagi tanaman.

Cara Pemberian Pupuk Tanaman Cabai

Cara Waktu Yang Tepat Dalam Pemupukan Cabai

Banyak sedikitnya buah cabai yang dihasilkan juga sangat dipengaruhi oleh faktor pemupukan yang tepat dan terencana, serta disesuaikan dengan umur tanaman serta kondisi tanah dimana tanaman cabai tersebut ditanam.
Nah berikut ini cara pemupukan awal yang dilakukan pada budidaya tanaman cabai dapat berupa pupuk kandang dan pupuk kimia lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Pemupukan Menggunakan Pupuk Kandang

Pemupukan tanaman cabai dengan menggunakan pupuk kandang. Untuk pupuk kandang yang duperlukan untuk satu hektar lahan penanaman cabai ialah sebanyak 20 hingga 30 ton hal ini tergantung dari kondisi kesuburan tanahnya. Dalam pemberian pemupukan pada tanaman dilakukan dengan cara menyebarkan dengan secara merata diatas bedengan dengan memiliki takaran 2 hingga 3 kg per 75 cm dengan panjang bedengan.

Setelah disebar lalu tanah dicangkul kembali hal ini agar pupuk dapat tercampur dengan merata hingga kedalam tanah. Selain itu juga dalam pemupukan dapat dilakukan dengan cara memasukkan pupuk kedalam lubang tanaman dan mencampurkannya dengan tanah.

Pemupukan Menggunakan Pupuk Kimia

Dalam pemupukan pada tanaman selain menggunakan pupuk kandang dapat juga dengan menggunakan pupuk kimia. Untuk pupuk kimia yang diberikan ialah ZA dengan ukurang dosis 650 kg/ha. Untuk Urea dengan dosis 250 kg/ha, Sp 36 dengan dosis 500 kg/ha dan KCl dengan dosis 400 kg/ha. Keempat jenis pupuk tersebut diberikan pada saat berumur tanaman yakni 2.6 dan 9 minggu dengan masing-masing sepertiga dosis.

Untuk Penanaman Dilahan Kering

Untuk penanaman cabai pada lahan yang kering dataran tinggi/medium ( jenis andosol ) ialah sebagai berikut :

  • Pemupukan dasar terdiri dari pupuk kandang kuda ( 20-30 ton/ha ) atau pupuk kandang ayam ( 15-20 ton/ha ) dan pupuk Sp-36 ( 300-400 kg/ha ) dilakukan satu minggu sebelum tanam. Pupuk susulan terdiri dari pupuk Urea ( 200-300 kg/ha ), ZA ( 400-500 kg/ha ) dan KCl ( 250-300 kg/ha ) diberikan 3 kali pada umur 3,6 dan 9 minggu setelah tanam masing-masing 1/3 dosis dengan cara disebarkan disekitar lubang tanam kemudian ditutup dengan tanah.

Pemupukan Dasar

  • Untuk pupuk dasar terdiri atas pupuk kandang kuda ( 20-30 ton/ha ) dan NPK 16-16-16 ( 700-1000 kg/ha ) diberikan satu minggu sebelum tanam. Untuk pupuk susulan ialah NPK 16-16-16 ( 300-500 kg/ha ) diberikan dengan cara pupuk dilarutkan dalam air ( 2 gr/lt ) kemudian disiram pada lubang tanaman atau sekitar tanaman ( 100-200 ml/tanaman ) setiap 10-14 hari dimulai satu bulan sesudah tanam.

Untuk Penanaman Pada Sawah ( Dataran Rendah )

Untuk penanaman cabai pada lahan sawah didataran rendah ( jenis aluvia ) pupuk kandang ayam ( 15-20 ton/ha ) atau kompos ( 5-10 ton/ha ) dan SP-36 ( 300-400 kg/ha ) diberikan sebagai pupuk dasar satu minggu sebelum tanam. Pupuk susulan terdiri dari Urea ( 150-200 kg/ha ), ZA ( 400-500 kg/ha ) dan KCI ( 150-200 kg/ha ) atau pupuk NPK 16-161-16 ( 1 ton/ha ) diberikan 3 kali pada umur 0,1 dan 2 bulan setelah tanam masing-masing 1/3 dosis.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Waktu Yang Tepat Dalam Pemupukan Cabai semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚