Cara Mudah Menanam Tanaman Mangga Di Dalam Pot

Posted on

RuangTani.Com – Bagi yang ingin menanam tanaman buah mangga tapi tidak memiliki lahan yang begitu luas, dalam menanam dengan media pot merupakan salah satu cara yang terbilang praktis. Dalam menanam di media pot ini semakin banyak digemari karena cara ini merupakan cara yang efektif untuk lahan dengan memanfaatkan lahan yang sempit. Dan dengan menggunakan media pot juga membuat pesona tersendiri bila kita melihat buahnya yang bergelantungan.

Cara Menanam Mangga Di Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Tanaman Mangga Di Dalam Pot

Nah berikut ini tahapan yang perlu diperhatikan saat menanam tanaman mangga di media pot simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga :

Pemilihan Bibit

Apabila memilih bibit perhatikan varietasnya, carilah varietas mangga yang mudah berbuahnya seperti mangga manalagi, arumanis. Jangan tanam bibit dari bijinya hal ini kelamaan dapat tumbuhnya kapan menikmatinya. Tanamlah hasil cangkokannya atau dari hasil okulasi. Pada bibit ini akan lebih cepat berbuah dibanding yang berasal dari biji.

  • Varietas

    Dari semua varietas dapat dibuahkan dalam pot, namun masing-masing varietas memiliki perbedaan dalam cepat menghasilkan buahnya, produksi buah, bentuk tajuk dan tingkat kesulitan. Lebih baik pilih varietas yang mudah berbuah, mudah dirawat, bertajuk kompak dan produktif. Misalnya seperti manalagi kecil, apel, nangklangwan, okyong dan namdokmai. Ini bisa dibuahkan sejak berumur 2,5 tahun, selain itu jumlah buah juga relative banyak sehingga penampilan menarik. Sedangkan untuk arumanis, gedong, golek dan gedong gincu baru dapat dibuahkan setelah sudah berumur 3-4 tahun sejak okulasi. Buahnya tak sebanyak apel, manalagi kecil atau dokmai tetapi berpenampilan eksotik.

Media Tanam

Pada mangga yang menyenangi media berstruktur remah, berbutir-butir, gembur dan kaya unsur haranya. Media juga harus porous, cukup ringan hal ini supaya mudah dipindahkan serta bebas dari jenis hama dan penyakit. Untuk komposisi bahan yang digunakan ialah merupakan campuran dari tanah, pupuk kandang / kompos dan arang sekam dengan memiliki perbandingan yakni 2 : 1 : 1.

  • Pot Yang Akan Digunakan

    Untuk jenis pot banyak yang dapat dipakai, untuk pot ini sebaiknya pilihlah yang ringan tidak gampang pecah, memiliki bentuk yang normal dan serasi dengan tanaman. Dipasaran pot yang memenuhi syarat cukup banyak yaitu mulai dari pot plastic yang tahan pecah, pot semen, drum hingga pot kayu. Dan untuk dasar pot harus dilubangi, ukuran lubang 1 hingga 2 cm sejumlah 4 hingga 6 buah. Selain itu agar pembuangan air lancar, pot harus memiliki kaki atau dapat juga diganjal dengan menggunakan batu bata atau batako.

  • Persiapan Media Pot

    Kalau untuk pohon mangga jelaslah memiliki ukuran pot yang harus sesuai dengan tinggi tanaman. Misalnya tingginya 1,5 meter maka pot yang akan digunakan sebaiknya drum yang berdiamter 60 cm yang dipotong setengah bagian. Dan pada dasar pot harus dibuat lubang untuk membuang kelebihan air.

Penanaman Bibit

Tahapan awal pada dasar pot di isi dengan serutan gergaji atau dengan pecahan batu bata atau genting hingga setebal 5-10 cm. Hal demikian untuk memperlancar drainase dan aliran udara. Setelah itu masukan campuran media kedalam pot secara merata, hingga mencapai separuh pot. Kemudian masukan tanaman setelah polibagnya dibuka, dengan posisi tanaman tepat dibagian tengah. Dan pada ruang yang kosong di sekililing bola akar di isi lagi dengan media campuran hingga mendekati permukaan atas pot, diusahakan pada bidang bekas okulasi atau sambungan masih menonjol 10 hingga 15 cm di atas permukaan media, selanjutnya siram media tanaman dengan air secukupnya.

Pemeliharaan Tanaman

Untuk tahapan pemeliharaan tanaman sangatlah penting untuk dilakukan karena hal ini menjamin pertumbuhan dan pembuahan mangga. Dalam tahapan pemeliharaan yang dilakukan seperti penyiraman, pemangkasan, pemupukan, perangsangan pembuahan dan pengendalian hama / penyakit. dibawah ini penjelasan dari masing-masing tahapan sebagai berikut :

  • Penyiraman

    untuk awal penanaman tanaman mangga harus disiram dengan teratur pada setiap hari pagi dan sore, untuk penyiraman jangan berlebihan secukupnya saja.

  • Pemupukan

    Tanaman sangat membutuhkan unsur hara untuk hidupnya, itulah sebabnya perlu untuk pemberian pupuk. Untuk jenis pupuk yang akan diberikan berupa anorganik maupun organik. Pupuk anorganik seperti Urea, NPK. Dan sedangkan untuk pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Pada pupuk tersebut diberikan dengan cara ditaburkan dan kemudian disiram. Dan untuk pupuk kandang harus sudah matang saat akan diberikan yang cirinya berbentuk remah, tidak bau maupun tidak panas saat dipegang.

  • Pengendalian Hama dan penyakit

    Tanaman mangga merupakan tanaman yang sering terserang oleh hama dan penyakit. Apabila terdapat tanda-tanda serangan maka untuk pengendalian pada hama dan penyakit dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida.

Pemanenan Tanaman Mangga

Bagi mangga cangkokan mulai berbuah pada umur 4 tahun, mangga okulasi pada umur 5-6 tahun. Untuk banyaknya buah panen pertama hanya 10 hingga 15 buah, pada tahun ke 10 jumlah buah dapat mencapai 300-500 buah/pohon. Untuk panen yang besar biasanya jatuh pada bulan September hingga oktober. Pada buah yang siap untuk dipanen tandanya ialah adanya buah yang jatuh karena matang sedikitnya dalam 1 buah/pohon, untuk warna buah arumanis/manalagi berubah menjadi hijau tua kebiruan, warna buah mangga golek berubah menjadi kuning/merah buah yang dipetik harus yang masih keras.

  • Cara Panen

    Pada saat memetik buah jangan sampai terpotong, tercongkel atau jatuh hingga memar. Buah dipetik di sore hari dengan menggunakan pisay tajam atau dengan galah yang diujungnya terdapat pisau dan keranjang penampung buah.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Tanaman Mangga Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂