Cara Mudah Menanam Bawang Merah Di Dalam Polybag

Posted on

RuangTani.Com – Kali ini akan membahas mengenai cara menanam bawang merah yang sangat mudah dan praktis yakni dengan menggunakan metode media polibag, kenapa menggunakan polybag karena metode demikian lah yang terbilang sangat praktis dan mudah dan dapat anda tanam dimana pun dan dihalaman rumah maupun di pekarangan pun dapat karena sangat parktis dan simple.

Cara Mudah Menanam Bawang Merah Di Dalam Polybag

Cara Mudah Menanam Bawang Merah Di Dalam Polybag

Dari sebagian besar masyarakay yang tinggal di perkotaan pastinya tidaklah mempunyai lahan yang sangat lah cukup luas untuk menanam dan membudidayakan tanaman bawang merah ini. Apalagi saat ini untuk tanaman pada bawang merah ini sangatlah mahal harganya pastinya dibeli juga karena bawang merah merupakan kebutuhan pokok sebagai bumbu-bumbu masakan dapur yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga :

Nah berikut ini langkah – langkah cara menanam bawang merah yang benar dan mudah untuk dapat dilakukan dalam media lahan yang secukupnya yakni dengan media polibag yang jauh lebih praktis dan simple, simak ulasannya dibawah ini.

Persiapan Media Tanam

Dalam proses menanam pada tanaman bawang merah hal yang awal perlu untuk dilakukan ialah dengan persiapan media tanam. Untuk media tanam ini yang dilakukan ialah dengan mencampurkan tanah pada pupuk kandang, kompos, dan juga pupuk lainnya dengan ukuran perbandingan yakni 1 x 1 x1 sejumlah 3 gram / polibag. Setelah semua tercampur kemudian disiram air dan lalu diamkan selama 1-2 hari serta memakai polibag dengan ukuran antara 30 cm x 40 cm.

Penanaman Dan Pemupukan

Untuk langkah selanjutnya dalam menanam bawang merah yakni proses penanaman dan pemupukan. Untuk penanaman ini dilakukan dalam polibag sejumlah 3 bibit serta dengan jarak 15 cm, umbi yang ditanam harus yang sudah disemai dan juga mempunyai akar. Sedangkan pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK sejumlah 1 gr/polibag yang diberikan 6 minggu dengan cara dicairakan dan dicampurkan kewadah lalu disiram secara rutin. Kemudian polibag yang sudah ditanam ditempatkan pada lokasi yang terkena cahaya matahari langsung.

Pemeliharaan Pada Tanaman Bawang Merah

Untuk langkah selanjutnya dalam menanam bawang merah dengan menggunakan polibag ialah dengan pemeliharaan. Untuk pemeliharaan ini dilakukan dengan cara penyiraman dan juga perawatan pada tanaman bawang merah, penyiraman ini dilakukan 2 kali sehari dan jangan terlalu sering di siram hal ini karena akan dapat menghambat pertumbuhan pada umbi dan membuat umbi cepat tua, sedangkan untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan peptisida nabati.

Masa Pemanenan

Untuk langkah terakhir dalam menanam bawang merah ialah tahap pemanenan. Untuk pemanenan pada bawang merah ini memiliki tanda yang sangatlah mudah anda dapat melihat tandanya yakni pada daunnya mulai menguning serta umbinya keluar dari permukaan tanah. Untuk tanaman bawang merah ini biasanya sudah dapat dipanen 3 bulan setelah penanaman serta 100 hari dapat di panen untuk benih yang sangatlah bagus. Untuk pemanenan ini dilakukan saat musim kemarau ataupun dalam tanah keadaan yang kering, pemanenan pada bawang merah ini dilakukan dengan cara dicabut setelah itu kemudian dijemur dengan cahaya matahari yang cukup panas.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Bawang Merah Di Dalam Polybag semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂