4 Tahap Mudah Cara Budidaya Bunga Mawar !! Yang Bernilai Ekonomi

Posted on

RuangTani.Com – Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat populer dan banyak digemari oleh hampir setiap orang. Biasanya orang-orang menanam bunga mawar hanya diperkarangan rumah mereka saj. Selain harum bunga jenis ini juga dapat menyulap rumah anda terlihat menjadi lebih menarik saat dipandangnya.

Tanaman yang bertangkai duri ini dikelompokan menjadi beberapa jenis yakni mulai dari mawar merah sampai mawar putih. Karena keindahan yang dimiliki oleh bunga mawar tidak mengherankan bila hampir di setiap acara selalu menghadirkan jenis bunga ini.

bunga mawar

4 Tahap Mudah Cara Budidaya Bunga Mawar !! Yang Bernilai Ekonomi

Selain itu bunga mawar juga bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat parfum, oleh karena itu bunga mawar memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Beruntungnya tanaman jenis ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Nah berikut ini beberapa tahapan dalam membudidayakan bunga mawar simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga :

Pemilihan BiBit

Untuk tahapan yang pertama dalam membudidayakan bunga mawar yaitu pemilihan Bibit bunga mawar dapat diperoleh dengan cara stek batang, mencangkok ataupun dengan okulasi. Bila kalian ingin yang lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama, kalian dapat membeli bibit langsung dari took bibit bunga mawar. Dalam pemilihan bibit bunga yang telah berumur 6 bulan.

Persiapan Lahan

Tahap yang kedua dalam membudidayakan bunga mawar yaitu persiapan lahan dengan melakukan yakni Buatlah lubang dengan memiliki kedalaman berkisar 35 cm pada lahan yang telah kalian persiapkan dengan memiliki diameter lubang kurang lebih 15 cm.

Penanaman Bibit

Tahap yang ketiga dalam membudidayakan bunga mawar yaitu penanaman bibit bunga mawar Setelah selesai dalam mempersiapkan lahan, selanjutnya tanam bibit bunga tersebut kedalam lubang yang telah dibuat. Jangan lupa diberi air pada bibit yang baru ditanam hingga rasa cukup basah.

Perawatan Bunga Mawar

Tahap yang selanjutnya dalam membudidayakan bunga mawar yaitu perawatan bunga mawar. Untuk menghasilkan bunga mawar yang baik dan sesuai dengan harapan maka perlu dilakukan perawatan. Nah berikut ini perawatan bunga mawar yang perlu dilakukan.

  • Dengan mencabut rumput dan gulma yang tumbuh disekitar bunga mawar.
  • Beri pupuk pada bunga mawar. Pemupukan dilakukan secara rutin 3 hingga 4 bulan sekali. Gunakan pupuk NPK dengan takaran 5 gram.
  • Siram bunga mawar minimal 1 kali dalam sehari pada waktu pagi hari ataupun sore hari saat cuaca tidak panas agar bunga tetap segar. Siram dengan air secukupnya.
  • Pangkas bunga mawar agar dapat menghasilkan tunas-tunas baru dan untuk menjaga tanaman dalam kondisi sehat.

Cukup Mudah Bukan Untuk Melakukannya !!! πŸ™‚ πŸ™‚

Demikianlah pembahasan mengenai 4 Tahap Mudah Cara Budidaya Bunga Mawar !! Yang Bernilai Ekonomi semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚