Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam “Yang Bernilai Ekonomi”

Posted on

RuangTani.Com – Bagi masyarkat umumnya pastinya udah tidak asing lagi dengan yang namanya cincau atau yang biasa masyarakat mengenalnya dengan nama janggelan atau cao. Kita sering menemuinya di pasaran atau di pinggiran jalan sebagai salah satu minuman penghilang rasa haus di saat kala siang hari dan juga dapat menghilangkan panas dalam.

cara budidaya cincau hitam

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam “Yang Bernilai Ekonomi”

Maka dari itu, untuk peminat pada cincau hitam ini terbilang cukup banyak, tidak ada salahnya apabila anda untuk memcoba membudidayakan tanaman tersebut. Dalam hal ini apalagi untuk proses penanaman dan juga perawatannya tidaklah sulit.

Baca Juga:

Nah berikut ini langkah-langkah dalam membudidayakan tanaman cincau hitam, untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Tahap Persiapan Lahan

Sebelum proses penanamn terlebih dahulu carilah lahan yang cocok untuk ditanami cincau hitam ini, yang baru setelah itu bersihkan dari tanaman pengganggu seperti gulma dan rumput liar hingga ke akar. Dan baru kemudian cangkul tipis pada lahan tersebut, apabila sudah jangan lupa untuk membuat lubang yang berjarak 50×50 cm, antar lubang sebagai tempat si bibit cincau yang telah diberi pupuk kandang sekitar 6 hingga 9 ton untuk 1 hektarnya.

Proses Pembibitan Pada Cincau Hitam

Dalam hal ini untuk pembibitan, pilihlah bibit dari rumpun cincau hitam yang sudah tua dan dipastikan sudah mempunyai air dengan tinggi pohon sekitar 15 hingga 20 cm, kemudian siapkan sebanyak 2,5 hingga 3 ton setek cincau hitam untuk 1 hektarnya.

Proses Penanaman

Pada tanaman cincau hitam ini selama pertumbuhannya memerlukan cukup air dan kondisi tanahnya pastinya cukup berair pula. Maka sebaiknya dalam penanaman bibit ini ialah ketika awal musim hujan tiba. Tanam sebanyak 2 hingga 3 setek tanaman cicau pada setiap lubang. Dan ketika bibit tersebut sudah berusia sekitar 5 hingga 20 hari dari penanaman akan muncul daun-daun baru yang berwarna hijau.

Tahap Pemeliharaan

Dalam tahap pemeliharaan yang perlu dilakukan yaitu:

  • Pemupukan I
    Pada saat tanaman sudah mencapai usian satu bulan sebaiknya tanaman ini di pupuk dengan menggunakan pupuk N dan P yang perbandingannya 2:1. Yang umumnya 1 hektar tanah memerlukan pupuk sebanyak 132 kg untuk pupuk jenis N dan sebanyak 68 kg untuk pupuk jenis P. Setiap tanaman di beri pupuk sebanyak 0,5 hingga 1 sendok makan yang diletakkan pada lubang sejauh 10 hingga 15 cm dari tanaman.
  • Pemupukan II
    Dalam hal untuk pemupukan yang ke dua dapat dilakukan setelah tanaman berusia 2 bulan. Yang biasanya langsung disebarkan pada tanaman cincau hitam dengan barisan tanaman sejauh 20 hingga 25 meter dari induk tanaman cincau hitam.
  • Penyiangan
    Dalam hal ini untuk penyiangan perlu dilakukan hal ini untuk menghindari tumbuhnya tanaman cincau hitam terganggu. Maka saat anda menemui gulma atau rumput pengganggu yang tumbuh langsung bersihkan sampai akarnya hal ini guna untuk menghindari pertumbuhan lagi.
  • Hama
    Yang umumnya tanaman cincau diserang oleh hama ulat daun, uret, ulat jengkal, tayap putih. Yang apabila kondisinya belum parah, ulat tersebut dapat di ambil secara manual, akan tetapi ketika kondisi parah langsung saja menggunakan pestisida dengan cara di semprot.
  • Penyakit
    Pada penyakit biasanya yang menyerang tanaman cincau ini ialah penyakit bubuk batang. Untuk penyakit ini menyerang usia tanaman sekitar 10 hingga 20 hari, aka saat penyakit ini menyerang langsung dapat diatasi dengan menggunakan fungisida.

Masa Panen

Langkah yang terakhir masa panen, tanaman cincau hitam ini biasanya akan tumbuh bunga saat usia sekitar 4 bulan setelah tanam. Dalam pemanenannya saat tanaman tersebut sudah berusia tua yang kemudian dipotong menggunakan sabit dan di jemur sampai kering. Dan untuk anakkan tanaman cincau yang masih muda dapat dibiarkan saja supaya dapat tumbuh seperti si induk. Biasanya 1 hektar tanaman cincau hitam dapat menghasilkan sekitar 7.5 hingga 9 ton cincau basah dan 1.5 ton untuk cincau kering.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam “Yang Bernilai Ekonomi” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂