6 Panduan Lengkap Dan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa

Posted on

RuangTani.Com – Mahkota Dewa “Phaleria macrocarpa” dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti alkaloid, adalah detoksifikasi yang dapat menetralisir racun dalam tubuh, saponin, yang berguna sebagai : sumber anti-bakteri dan anti-virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, menurunkan kadar gula darah, mengurangi pembekuan darah.

Komoditas tanaman ini masih sangat jarang di budidayakan untuk itu merupakan peluang bisnis yang mempunyai prospek tinggi dan jangka panjang karena kegunaan tanaman ini untuk di jadikan obat. Berikut adalah panduan lengkap budidaya tanaman mahkota dewa.

Mahkota Dewa

6 Panduan Lengkap Dan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa

Syarat Tumbuh

  • Tanaman ini sangat mudah beradaptasi walaupun berasal dari dataran rendah sampai dataran tinggi yaitu pada ketinggian 10 – 1.200 meter dpl, namun pertumbuhan paling baik adalah pada ketinggian 10 – 1.000 meter dpl.

Pengolahan tanah

  • Tanah lebih dulu digemburkan lalu diberi pupuk kandang sebanyak 20ton/ha dan membuat lubang tanam yang digali sebesar 30 x 30 x 30 cm.
  • Lubang tanam dibiarkan terbuka selama minimal seminggu agar terkena cukup sinar matahari.
  • Isi dasar lubang menggunakan kobinasi pupuk kompos dengan tanah 1:1.

Pengadaan Bibit

  • Ada dua jenis bibit yang bisa digunakan, yaitu bibit dari fase generatif (biji) dan bibit dari fase vegetative (stek batang atau cangkok).
  • Pada prinsipnya perbanyakan tanaman yang paling mudah dan tingkat resikonya kecil adalah dengan perbanyakan generatif, walaupun perbanyakan vegetatif pernah berhasil namun tidak sebaik yang perbanyakan dengan generatif.
  • Perbanyakan dengan biji perlu melalukan persemaian terlebih dahulu, memperhatikan biji yang akan disemai, media untuk semai, cara merawat persemaian hingga biji mahkota dewa kelihatan muncul tunas baru.

Pemindahan ke media penanaman setelah berumur dua bulan atau ketinggiannya sudah mencapai 10 – 15 cm, cara memindahkannya jika persemaian dengan melubangi bagian bawah lalu dimasukkan ke lubang tanam, atau bila menaman pada media pot maka yang perlu dipersiapkan adalah media penanaman dulu.

Baca Juga :

Penanaman

Media tanam di pot sama dengan penanaman di lahan atau kebun. Menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang, pasir atau sekam dengan perbandingan 1: 1: 1. Setelah media tanam siap untuk masuk ke dalam pot yang telah disiapkan kemudian siram media yang sudah di dalam pot sampai basah, tunggu 1-2 jam kemudian Buat lubang kecil, seukuran polybag persemaian, masukkan benih yang sudah dipisahkan dari polybag, kemudian tekan kiri dan kanan siram dengan air lagi dan yakinkan bahwa tanaman sudah selesai ditanam.

Pemupukan

Untuk mendapatkan kualitas tinggi buah mahkota dewa harus menghindari pemupukan menggunakan pupuk an-organik, harus digunakan pupuk kandang (organik), bahan yang dapat digunakan untuk pupuk organik ini tidak sulit karena bahan – bahan yang sudah ada di sekitar kita seperti kotoran kambing, kotoran sapi, kotoran ayam dan kotoran hewan lain dan daun – daun yang sudah kering. Lebih baik memakai pupuk alami atau organik. Tidak dianjurkan untuk menggunakan pupuk kimia karena buah ini untuk digunakan sebagai obat yang akan mempengaruhi khasiat tanaman itu sendiri.

Penyiraman

Penyiraman perlu dilakukan pada saat tanam dansesudah tanam saat tanaman masih kecil. Hanya sajabila hari hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan. Setelahtanaman berumur 6 bulan sesudah tanam, penyiramanrelatif tidak diperlukan karena jangkauan perakarannya sudah dalam.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan secara berkala sepanjang tahun. Hal ini dilakukan karena Mahkota Dewa termasuk tanaman tahunan. Penyiangan umumnya dilkakukan selama 3-4 kali.

Pemanenan

Buah bisa dipetik ketika tumbuhan berusia dua bulan. Buah yang sudah matang dan siap dipetik memilki ciri-ciri antara lain, kulit buah berwarna marun dan berbau manis.

Sumber : bbppketindan.bppsdmp.pertanian.go.id

Demikian Pembahasan Tentang 6 Panduan Lengkap Dan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca RuangTani.Com Aminnn … 🙂