4 Langkah Mudah Panduan Cara Budidaya Jengkol Si Bau Tapi Mahal

Posted on

RuangTani.Com – Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat. Biji jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah. Olahan paling umum adalah disemur.

Cara budidadaya tanaman jengkol tidaklah sulit. hanya persiapan lahan saja yang mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lama. Untuk metode penanamanya tidaklah sulit. Berikut adalah pembahasan mudah cara budidaya Jengkol.

Jengkol

4 Langkah Mudah Panduan Cara Budidaya Jengkol Si Bau Tapi Mahal

Tanaman Jengkol

Tiap polong kulit terdapat kurang lebih 5-7 Biji. Pohon jengkol mampu tumbuh subur hingga tinggi mencapai 10-27 meter. Selain itu, pohon jengkol juga memiliki akar tunjang yang dalam sehingga mampu menyerap air tanah. Hal tersebut bermanfaat posited bagi konservasi air dan tanah.

Pemilihan Lahan Tanam jengkol

Pohon jengkol merupakan tanaman yang dapat tumbuh di mana saja. Di daerah pedesaan tanaman jengkol ini tubuh dengan sendirinya tanpa di budidayakan di lahan sekeliling rumah atau ladang. Sebagai tanaman asli daerah tropis, tanaman jengkol lebih pantas ditanam di tanah dataran rendah.

Tanaman jengkol membutuhkan kadar penyinaran yang tinggi sepanjang hari, oleh karena itu pastikan lahan tanam jengkol anda tidak tertutup dari sinar matahari. Selain itu, sebagai tanaman daerah tropis, pohon jengkol membutuhkan pasokan air yang tinggi yang juga diikuti dengan kadar kelembaban yang cukup. Pohon jengkol yang cukup adaptatif dapat ditanam dimanapun asalkan dekat dengan sumber air.

Pemilihan Masa Tanam Jengkol

Meskipun pohon jengkol dapat tumbuh dimana saja dan tidak membutuhkan lahan khusus, akan tetapi perlu diperhatikan waktu mulai penanaman. Berdasarkan pengamatan, pohon jengkol akan lebih mudah berkembang apabila ditanam di awal musim hujan. Pohon akan lebih cepat tumbuh dan berkembang. Hal ini tentunya akan membuat pohon jengkol lebih cepat berbuah.

Pembibitan dan Penanaman Jengkol

Pohon jengkol memang dapat ditumbuhkan dengan dua cara, yaitu dengan ditanam dari bijinya atau melalui cara cangkok. Untuk memperoleh bibit jengkol, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan kantong plastik tanam ukuran kecil yang sudah diisi tanah didalamnya.

Baca Juga :

Tanamlah biji jengkol di dalam plastik tanaman yang berisi tanah subur tersebut. Sirami secara teratur hingga tumbuh kecambag jengkol yang akan muncul kurang lebih dua hingga tiga minggu kemudian, Setelah kecambah jengkol muncul, saatnya bibit tersebut dipindah ke lahan yang lebih besar yang sudah disiapkan. Berikanlah pupuk secara teratur agar pohon dapat tumbuh secara sehat. Berikanlah perlindungan pada saat tanaman masih muda agar tidak diganggu hama.

Kultivasi Jengkol

Upaya penanaman atau budidaya tanaman jengkol sendiri masih belum banyak di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan jengkol biasanya tumbuh secara liar. Untungnya tanaman jengkol mudah tumbuh. Pohon jengkol bisa ditumbuhkan dari bijinya ataupun dengan cara cangkok.

Tanaman jengkol yang ditanam melalui biji atau bibit akan mulai berbuah apabila telah berumur lima tahun atau lebih. Apabila pohon jengkol tumbuh melalui proses cangkok, maka jangka waktu berbuahnya akan jauh lebih pendek.

Hama Jengkol

Perawatan pohon jengkol juga harus diperhatikan dari ancaman hama yang dapat menyerang. Hama umum tanaman jengkol adalah ular dan tupai. Selain itu, terkadang jengkol mengalami serangan hama “boloren” yang berakibat fatal bagi pohon jengkol tersebut. Selain itu semut rangrang yang sering bersarang di pohon jengkol dapat merusak bunga dan bakal buah.

Jamur juga menjadi salah satu ancaman, selain munculnya cendawan dan blendok.
Tentunya harus dipikirkan cara menyingkirkan hama pengganggu tersebut. Selain dengan penyiangan dan pembersihan dahan dan daun-daun yang bisa digunakan untuk sarang semut, juga harus dilakukan penyemprotan fungisida untuk membunuh jamur pengganggu.

Panen

Umur sekitar lima tahun jengkol sudah bisa berbuah, jika dengan cara vegetatif seperti cangkok atau okulasi, umur berbuahnya bisa lebih pendek lagi. Satu pohon jengkol yang sudah cukup umur bisa menghasilkan jengkol bersih yang sudah dikupas 15-20 kg.

Sumber : cybex.pertanian.go.id

Demikian Pembahasan Tentang 4 Langkah Mudah Panduan Cara Budidaya Jengkol Si Bau Tapi Mahal Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca RuangTani.Com Aminnn … 🙂