Cara Mudah Menanam Cabe Merah Di Dalam Pot

Posted on

RuangTani.Com – Buah-buahan dan sayur-sayuran kini sudah mulai berkembang, cara memperbanyaknya yang salah satunya ialah dengan cara menanam tanaman cabe merah dengan menggunakan media pot. Cara ini merupakan salah satu keunggulan dari pemanfaatan ilmu budidaya yang dapat memperbanyak sayuran ini menjadi jumlah tertentu dalam waktu yang terbilang singkat.

Cara Mudah Menanam Cabe Merah Di Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Cabe Merah Di Dalam Pot

Tanaman cabe merah pada dasarnya ditanam pada lahan yang sangat luas dan juga di perkebunan yang khusu dengan memiliki suhu udara yang dingin biasanya. Namun dengan adanya semakin maju teknologi maka kita dapat menanam tanaman cabe tersebut langsung di pot.

Baca Juga :

Nah berikut langkah-langkah bagaimana cara menanam cabe merah simak ulasannya dibawah ini.

Pemilihan Benih

Langkah yang pertama dalam menanam tanaman cabe merah yakni dengan pemilihan benih yang tepat. Untuk benih cabe merah ini sebenarnya  ada beberapa jenis yang dapat kita pilih yang sesuai dengan lokasi penanaman cabe merah itu sendiri. Untuk benihnya juga terdiri dari cabe merah keriting dan cabe merah besar. Untuk lokasi yang paling cocok ialah dengan lokasi yang memiliki kondisi udara yang sejuk karena cabe tidak dapat terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Untuk benih itu sendiri bisa didapatkan dengan membelinya di toko benih.

Persiapan Pembibitan

Apabila sudah mendapatkan benih yang cocok maka langkah selanjutnya ialah dengan pembibitan. Untuk langkah yang satu ini sebaiknya dapat menggunakan plastik yang khusus untuk digunakan menanam karena hal ini untuk menghindari resiko pada cabe gagal. Dan kita juga dapat memberikan campuran arang sekam, pupuk kompos dan juga tanah masing-masing dengan memiliki perbandingan 1 : 1 : 2. Setelah itu masukan bibit cabe dan tunggu hingga ada pertumbuhan.

Persiapan Pot Dan Penanaman

Apabila sudah melakukan pembibitan maka langkah selanjutnya dengan mempersiapkan tanah di dalam pot yang akan digunakan untuk menanam. Tanah yang dibutuhkan yakni tanah yang gembur, hal ini pasti tanah akan lebih subur jika dicampur dengan pupuk kompos.

Bila pembibitan sudah berhasil maka kita dapat memindahkan bibit tersebut yang ada pada plastic untuk dipindahkan ke dalam pot yang sudah diisi dengan tanah yang gembur. Selain itu kita juga harus menambahkan batang bamboo yang akan digunakan untuk membantu tanaman dapat berdiri dengan kokoh.

Pemeliharaan

Pemeliharaan pada tanaman cabe ini dapat dibilang mudah namum juga dibilang sulit. Dalam penyiraman tanaman ini dapat dilakukan pada saat musim panas dan juga musim biasa. Apabila anda melihat tanaman tersebut sangat kering maka dapat menggenangi cara penyiramannya. Namun apabila tanaman tersebut tidak terlalu kuat maka jangan digenangi, karena hal demikian malah akan membahayakan kekokohan pada tanaman tersebut. Selain itu tanaman ini perlu diberikan pemupukan secara rutin, untuk waktu pemberian pupuk yang baik ialah selama 2 minggu sekali.

Pemanenan

Pada saat musim panen tanaman ini dapat dipanen selama 2-5 hari sekali. Untuk usia yang ideal untuk pemanenan ini ialah pada usia 75-85 hari yang dimana tanaman ini sudah mulai berkembang dengan cukup baik dan juga sudah memiliki pertumbuhan yang kuat. Untuk cara pemetikan cabe dapat dilakukan pada pagi hari, selain itu juga pada saat memetik pastikan buah yang dicabut ialah buah yang berwarna merah keoranyean.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Cabe Merah Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂