Ternyata Dengan Ternak Cucak Rowo, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Posted on

Ruangtani.com – Untuk saat ini popularitas cucak rowo ditengah-tengah masyarakat kian meningkat. Dengan membudidayakan cucak rowo bisa menjadi usaha atau peluang bisnis yang bernilai ekonomi dan sangat menguntungkann karena mengingat para penggemar cucak rowo tersebar luas di berbagai daerah Indonesia. Dikalangan para pecinta cucak rowo burung ini bisa dihargai dangat mahal bila memiliki kualitas unggulan atau sudah jadi. Terlebih lagi jika burung telah memenangi lomba yang berskala regional apalagi nasional, harganya bisa meroket hingga mencapai ratusan juta rupiah.

cucak rowoTernyata Dengan Ternak Cucak Rowo, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Disini kita akan membicarakan tentang bagaimana cara ternak cucak rowo yang baik dan benar, agar mendapatkan hasil yang optimal. Untuk teknik ternak cucak rowo ini harus dipelajari dengan seksama, karena ada beberapa hal khsusu dalam teknik beternak cucak rowo yang cukup rumit bila kita tidak mempelajarinya dengan baik.

Memilih Indukan Cucak Rowo

Untuk mendapatkan bibit-bibit cucak rowo yang bermutu tinggi maka kita juga perlu memilih indukan yang memiliki semua kriteria sebagai calon induk. Kriteria tersebut antara lain adalah :

  • Mutu dan kualitas burung harus yang baik, memiliki mental yang bagus, suara kicaunya yang bagus, nadanya bagus, volumenya bagus, iramanya bagus, jarak jangkaunya jauh dan bersih atau Kristal.
  • Memiliki fisik sempurna dalam arti tidak cacat
  • Sehat dalam arti tidak sakit-sakitan
  • Baik penjantan maupun betinanya sudah siap kawin
  • Mau dan dapat ditangkarkan dalam artio mampu kawin secara normal
  • Dari keturunan yang baik dan mempunyai keturunan yang baik pula ( tidak cacat, rajin, dan sayang mengasuh anaknya ).

Pembuatan Kandang

Jika kita berniat dan serius ternak cucak rowo, maka perlu untuk meyiapkan tempat-tempat penangkaran atau kandang yang ideal untuk memelihara cucak rowo. Untuk indukan-indukan cucak rowo untuk luas kandang yang ideal yakni :

  • Panjang 2 meter.
  • Lebar 1 meter.
  • Dan tinggi 2,5 meter.

Setelah mendapatkan indukan jantan dan betina yang pas kemudian masukan keduanya ke dalam kandang tersebut agar selanjutnya induk-induk betina bertelur dan menghasilkan bibit-bibit cucak rowo yang bermutu.

Baca juga :

Kemudian kita juga perlu menyiapkan kandang-kandang untuk cucak rowo muda yang telah siap untuk dikarantina untuk luas kandang bisa buat standar saja, dan sama dengan kandang induk, kita tambahkan batang pohon dengan ranting-ranting untuk hinggap. Kandang biasanya dibuat tertutup dengan lapisi kain atau bahan-bahan lain agar burung tidak mudah stress, namun ada juga beberapa peternak yang memilih untuk membuat kandang-kandang tetap terbuka dengan dinding-dinding yang terbuat dari kawat strimin.

Pemberian Makanan Cucak Rowo

Untuk pemeliharaan burung cucak rowo ini cukup sederhana apabila kita telaten, salah satu hal sangat penting didalam cara berternak cucak rowo ialah pemberian pakan dengan tepat. Jenis buah-buahan seperti pisang dan pepaya ialah makanan yang sangat disukai oleh cucak rowo. Selain itu jangkrik dan cacing juga bisa diberikan sebagai penambah nutrisi bagi burung, kita juga bisa mencampurkan vitamin pada makanannya agar burung lebih bugar sehingga bisa berkicau dengan lebih baik.

Memelihara Kebersihan Kandang

Hal sangat penting didalam ternak cucak rowo ialah memelihara kebersihan kandang, aktivitas ini perlu dilakukan oleh para peternak kira-kira setiap empat hari sekali. Kita harus membersihkan kotoran-kotoran burung supaya penyakit tidak mudah berkembang didalam kandang selanjutnya kita juga perlu menyemprot burung ( memnadikan burung ) setiap pagi agar badan burung lebih segar.

Dibagian dalam kandang juga perlu kita sipakan sarang bagi mereka berupa serabut kelapa. Lokasi yang paling tepat untuk berternak cucak rowo ialah ditempat yang tenang dan mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup. Burung-burung sebaiknya kita jemur dibawah sinar matahari pada pagi hari supaya mendapatkan asupan vitamin D agar badanya lebih sehat.

Cukup Mudah Bukan …. ??? 🙂
Semoga dengan adanya postingan tentang Ternyata Dengan Ternak Cucak Rowo, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda, selamat mencoba. 🙂