Ternyata, Dengan Menanam Rumput Gajah Mini Prospek Yang Menjanjikan

Posted on

Ruangtani.com – Rumput gajah mini atau bahasa latinnya yaitu pennisetum purperium schamach ini adalah rumput jenis ini sering dipilih sebagai penghias taman, karena penampilannya yang begitu cantik dan dapat mampu menyajikan suasana yang hijau dengan alami. Selai itu untuk teknik pemeliharaan rumput gajah mini ini bisa dibilang tidaklah begitu rumit sama sekali. Untuk karakteristik daun rumput jenis ini bagi banyak orang terlihat unik dan sangat menarik. Meski begitu bukan berarti untuk mendapatkan suasana natural yang indah dan dapat menyegarkan lantas begitu saja ditinggalkan tanpa ada proses perawatan dan pengaturan yang benar.

rumput gajah mini

Ternyata, Dengan Menanam Rumput Gajah Mini Prospek Yang Menjanjikan

Karena banyak permintaan pasar yang selalu tinggi, dengan menanam rumput jenis ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan sekali. Bagi yang berminat tentu ia memerlukan pengetahuan yang khusus tentang cara budidaya rumput gajah mini tersebut. Sebenarnya untuk cara menanam rumput tersebut tidaklah terlalu begitu sulit dan banyak sumber informasi yang membeberkan cara menanam rumput ini untuk penghias taman tersebut. Nah untu mengetahui lebih jauh lagi informasi dibawah ini bisa memberikan gambaran atau info tentang cara menanam dan merawat yang baik dan benar untuk rumput gajah mini ini.

Baca juga :

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan gemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan alat seperti cangkul, lalu cangkul dan balikkan tanah sampai kedalaman sekitar 15 cm. kemudian itu, ratakan permukaan tanahnya.
  • Langkah kedua yakni siapkan rumput dalam bentuk dan ukuran yang kecil. Lalu pecah rumput yang besar menjadi ukuran lebih kecil yakni antara 3-5 cm. kemudian tanam rumput kadalam tanah hingga seluruh akarnya tertimbun. Lalu benamkan rumput secara motif zigzag sehingga pertumbuhan rumput subur, rapat dan rapih.
  • Langkah yang ketiga ialah perkuat ( ikatan ) rumput dengan tanah. Kemudian pukul secara perlahan permukaan rumput hingga akarnya melekat kedalam tanah. Serta ratakan juga posisi rumput dan permukaan lebar batu bata atau balok kayu. Selanjutnya diamkan rumput tersebut selama satu minggu sampai akarnya tumbuh.
  • Kemudian langkah yang keempat yaitu mulailah taburkan pupuk urea dan NPK dengan secara merata. Lakukan proses ini dua minggu kemudian. Lalu siram denga air menggunakan gembor atau ceret yang berlubang kecil-kecil. Tekanan rendah akan menghindari penggenangan air pada tanah dan rumput yang dapat mengakibatkan pembusukkan rumput.

Setelah mengikuti cara menanam rumput gajah mini diatas dengan baik dan benar, rumput gajah mini ini akan tumbuh dengan subur dan lebat seprti yang diharapkan. Namun hal ini apabila rumput gajah mini tersebut tidaklah dirawat dengan sangat baik akan terlihat tidak rapi bahakan bisa mati. Nah dibawah ini bagaimana cara merawat rumput gajah mini tersebut yang baik dan benar.

Cara Merawat Rumput Gajah Mini

  • Perawatan yang pertama yaitu dengan cara penyiraman dengan secara rutin dengan menggunakan air tawar, dan dengan takaran yang disesuaikan dengan keadaan cuaca atau kelembapan tanah.
  • Kemudian pemberantasan rumput liar disekitar ladang rumput gajah mini tersebut.
  • Lalu edging atau pembatasan pertumbuhan rumput gajah mini, hal ini untuk bertujuan mendapatkan keindahan tata ruang.
  • Dengan pemupukan dan pengobatan hal ini guna menciptakan suasana hijau dan asri dan menjaga pertumbuhan terhindar dari penyakit atau hama.
  • Selanjutnya dengan menyulam atau menambahi bagian yang tertanam tidak merata.

Nah itulah cara menanam dan merawat rumput gajah mini tersebut. Untuk harga jual dari rumput ini sangatlah menjanjikan untuk dibudidayakan. Dan harga rumput gajah ini berkisar antara 25 rinu hingga 30 ribu per kotak/blok. Ini menjadikan bisnis tanaman rumput gajah mini sangat maju sangat pesat karena cara menanam dan merawat rumput gajah mini ini sangatlah mudah. Rumput gajah mini ini menjadi salah satu tanaman berguna dan bermanfaat untuk dibudidayakan dan ditanam sebagai pelangkap keindahan pula.

Cukup Mudah Bukan …. ??? 🙂
Semoga dengan adanya postingan tentang Ternyata, Dengan Menanam Rumput Gajah Mini Prospek Yang Menjanjikan bisa menjadi inspirasi dan motivasi anda untuk menambah penghasilan,, sekian dan terima kasih. 🙂