Tanaman Gelombang Cinta Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Panduan Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman Gelombang Cinta ( Anthurium ) merupakan jenis tanaman yang terbilang sangat unik, karena memiliki bentuk daunya yang seolah tumbuh dari tanah. Selain itu tanaman ini klaim dapat memasok kadar oksigen yang tinggi sehingga sangat cocok untuk membuat udara disekitar pekarangan menjadi sejuk dan segar.

Gelombang cinta

Tanaman Gelombang Cinta Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Panduan Pengendaliannya

Maka dari itu peminat dari tanaman ini terbilang masing tinggi, hal ini dibuktikan dari harga jual tanaman ini yang masih tergolong tinggi. Namun tanaman ini juga rentan sekali terserang hama dan penyakit. Dengan mengetahui bahaya hama dan penyakit apa saja yang mengancam tanaman gelombang cinta, diharapkan langkah untuk mengantisipasi dan perawatan gelombang cinta dapat efektif dan efisien. Nah berikut ini jenis hama dan penyakit dan cara pengendaliannya simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Gelombang Cinta

Kutu Daun

Hama ini berupa kutu yang hidup bergerombol, yang sasaran utamanya ialah daun yang masih terbilang muda, pucuk daun dan helai mahkota bunga.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida pada sore hari agar tidak menguap dan potong bagian yang sudah terserang.

Thrips ( Thrip sp. )

Hama ini apabila menyerang dengan cara menghisap cairan sel daun sehingga daun akan berubah warna keperakan atau perunggu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida pada sore hari dan potong bagian yang sudah terserang.

Siput

Siput dan Bekicot merupakan yang sering menjadi hama bagi tanaman karena siput akan memakan dau gelombang cinta yang masih terbilang muda. Siput ini secara kasat mata dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu siput bercangkang dan siput tidak bercangkang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan terbilang cukup mudah untuk dilakukan dan dilakukan secara alami tanpa harus menggunakan bahan kimia. Yang salah satunya ialah dengan menaburkan remasan cangkang telur di pot-pot gelombang cinta.

Siput ini tidak menyukai cangkang telur yang diremas-remas sehingga menjadi duri-duri kecil, itu dapat melukai tubuhnya. Juga dapat dengan menggunakan garam yakni cukup taburkan garam disekitar tanaman gelombang cinta maka siput tidak berani mendekat.

Ulat Daun

Hama ini bila menyerang dengan memakan daun secara acak dan menyebabkan proses fotosintesis terganggu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida setelah penyiraman sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan.

Bersihkan ulat dan telur-telur ulat yang menempel pada tanaman gelombang cinta. Untuk mempermudahnya bisa dilakukan dengan menggenangi pot dengan air agar ulat bergerak ke atas, namun jangan lupa untu membuang air genangan jika sudah selesai.

Kumbang

Hama ini hampir sama dengan ulat daun dalam proses penyerangannya, hanya saja kumbang dapat menyerang lebih acak lagi, sehingga kerusakan yang ditimbulkan lebih luas.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan.

Penyakit Pada Tanaman Gelombang Cinta

Bercak Daun

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Cerrospora anthurii ( Mycosphaerella anthurii Miles ). Yang ditandai dengan adanya bercak-bercak berwarna cokelat pada daun gelombang cinta. Jika diamati lebih dekat dipusat bercak-bercak tersebut terdapat Konidium cendawan berbentuk gada memanjang. Namun bisa juga berbentuk benang yang lentur.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan fungisida Dithane M-45 atau Agrept.

Bercak Antraksona

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Collectotrichum Anthurii. Tanda-tanda serangannya ialah terdapat bercak-bercak pada bunga, daun dan tangkai daun. Akibatnya bagian-bagian yang diserang tersebut terdapat bercak berwarna cokelat. Dalam kondisi lain juga menyebabkan daun gelombang cinta berlekuk dan tidak teratur.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida Dithane M-45 atau Agrept.

Busuk Daun Dan Busuk Batang

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dipicu oleh system drainase pada media tanam yang kurang baik.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan perbaiki sanitasi tanaman dan gunakan media tanam yang porous sehingga drainase berjalan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Gelombang Cinta Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Panduan Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂