Sederhana Namun Tinggi Nilai Ekonominya !! Teknik Budidaya Jeruk Keprok Unggulan

Posted on

RuangTani.Com – Jeruk keprok adalah salah satu jeruk yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Pohon jeruk ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan jeruk lainnya. Budidaya jeruk keprok merupakan salah satu pelungbisnis tahunan yang mempunyai hasil ekonomi cukup tinggi. Karena jeruk keprok ini belum tentu cocok di tanam di daerah lain. Bagi anda yang mempunyai iklim seperti syarat tumbuh jeruk ini dapat memmulai budidaya untuk meningkatkan nilai ekonomi anda.

Sederhana Namun Tinggi Nilai Ekonominya !! Teknik Budidaya Jeruk Keprok Unggulan

Sederhana Namun Tinggi Nilai Ekonominya !! Teknik Budidaya Jeruk Keprok Unggulan

Syarat Tumbuh 

Untuk dapat menghasilkan panen yang maksimal baik yang segi kualitas maupun kuantitas, tentunya Anda harus mengenali tempat tumbuh kesukaan dans le cas où hijau ini. Berikut sekarang beberapa hal penting mengenai syarat tumbuh buah jeruk keprok yang harus Kita penuhi:

  • Pilihlah jenis tanah latosol maupun andosol sebagai media tanam buah jeruk keprok.
  • Pastikan lahan Kita terkena sinar matahari spontan sepanjang hari.
  • Pastikan derajat keasaman tanah (pH) gak lebih dari 6.
  • Andai lahan Anda berada di dalam lahan miring, pastikan kemiringannya tidak melebihi 30 derajat.
  • Siapkan system drainase yang bagus karena pohon jeruk keprok tidak menyukai genangan air.
  • Bisa ditanam pada dataran tinggi maupun rendah asalkan memenuhi syarat berkembang pohon jeruk keprok.

Pemilihan Lokasi

  • Dalam situasi ini yang perlu dipahami adalah tinggi tempat, iklim dan tanah. Jeruk sendiri dapat ditanam mulai untuk dataran rendah sampai dataran tinggi, tergantung dari varietasnya.
  • Iklim yang baik utk menanam Jeruk adalah yang mempunyai suhu 13-35 derajat C dengan curah hujan masa 1. 000-3. 000 mm/tahun.
  • Tanaman Jeruk membutuhkan ph level tanah 5-8 dan solum cukup dalam (optimum dalam bawah 100 cm), kecuali bibit/cangkokan.

Pemilihan Bibit

Bibit yang ditanam dianjurkan memanfaatkan bibit berlabel yang bebas penyakit. Untuk daerah bet surut, bibit Jeruk yang ditanam menggunakan bibit untuk cangkokan/stek.

Tidak dianjurkan memakai bibit yang berasal untuk biji karena waktu produksinya lebih lama dan kemungkinan dapat menyimpang dari induknya.

Penanaman

Untuk memulai menanam Jeruk Keprok, perdana kali Anda haru meracik lubang tanam yang ukuran panjang dan lebarnya tiap-tiapo 60 cm dengan kedalaman minimal 60 cm, lalu jarak antar lubang tanam 5×4 meter (Jeruk Keprok), 5×6 meter (Jeruk Manis), dan 6×7 meter (Jeruk Pamelo).

Bibit Jeruk seharusnya ditanam pada awal musim hujan, karena kondisi air flow dan kelembaban udara amat mendukung untuk pertumbuhan Jeruk di awal tahun.

Pemeliharaan

Beberapa hal harus di prioritaskan adalah pengairan dan pemupukan. Untuk tanaman Jeruk, dibutuhkan drainase yang baik karena akan mendukung perkembangan akar sehingga bukan terjadi pembusukan akar.

Kekurangan air akan mempengaruhi pertumbuhan vegetatif, sehingga pada masa pembungaan dan pemebsaran buah kondisi air harus tercukupi.

Pemupukan

Saat pemupukan yang eprlu diperhatikan ialah unsur makro primer misalnya N, P, K serta unsur makro sekunder seperti Ca, Mg, dan belerang. Unsur makro dibutuhkan di dalam jumlah sangat sedikit, akan tetapi bila kekurangan akan berimbas produksi dan kelangsungan hidup tanaman, antara lain W, Fe, Zn, Mn, kemudian Cu.

Pada fase menjelang pertunasan sebelum pembungaan, dibutuhkan nitrogen berupa urea. Selanjutnya fosfor berupa SP-36 dibutuhkan pada saat menjelang pembungaan dan pemasakan buah dan kalium berupa KCl diinginkan setelah fase pertunasan menjelang pembungaan.

Takarannya pada tanaman dewasa ditentukan berdasarkan produksi buah, jadi perbandingannya And: P2: 05: K2O sama dengan 2: 1: 2.

Baca Juga :

Pemangkasan Cabang

Pemangkasan dilakukan untuk pohon jeruk yang belum mulai produksi 0-3 tahun. Tujuannya untuk membentuk kerangka atau struktur percabangan tanaman yang diinginkan. Gaya yang ideal adalah menjejaki format 1-3-9.

Yang perlu di lakukan pemangkasan adalah tanaman yang sudah memasuki usia produktif > 3 tahun yang dilakukan sesudah panen. Tujuannya untuk mengurangi terjadinya fluktuasi proses mulainya pembuahan tahunan, dan harus mempertahankan iklim mikro di sekitar tanaman dan meningkatkan umur produktif tanaman.

Penjarangan Buah

  • Dilakukan pada pohon yang mempunyai buah lebat agar menghasilkan buah yang penampilannya baik, seragam.
  • Dilakukan pada masa ukuran buah seperti kelereng dan berikutnya sekitar umur 4 bulan dari pembungaan.
  • Buah yang dipetik utk penjarangan, biasanya yang letaknya bergerombol, ukuran kecil, cacat dan berpenampilan jelek (burik).

Pemanenan

Pemanenan dapat di lakukan ketika memasuki tahun ketiga serelah penanaman jeruk keprok. Itupun belum sepenuhnya buah dapat di panen, Setelah memasuki tahun ke 4 baru akan merasakan panen raya buah jeruk keproknya.

Bagaimana cukup mudah bukan … ???? 😀 Mari kita tingkatkan hasil pertanian Indonesia …. 😀 Dengan cara budidaya tanaman yang bermanfaat baik untuk kesehatan maupun untuk ekonomi 🙂

Sederhana Namun Tinggi Nilai Ekonominya !! Teknik Budidaya Jeruk Keprok Unggulan