Kambing Etawa Terserang Penyakit !! Ini Cara Mengobatinya Dengan Cara Yang Alami

Posted on

RuangTani.Com – Berbagai macam penyakit memang sering sekali dijumpai pada kambing jenis Etawa ini berdasarkan pengalaman para peternak hal ini biasanya juga mendapati penanganan yang cukup dibilang sederhana dan sangat mudah diatasi oleh para peternak itu sendiri. Meskipun ada beberapa panyakit yang terbilang cukup berat atau kelainan pada kambing Etawa memang kadang sangat membutuhkan obat-obatan yang harus dibeli serta merujuk bantuan dokter hewan.

etawa

Kambing Etawa Terserang Penyakit !! Ini Cara Mengobatinya Dengan Cara Yang Alami

Ada beberapa macam obat yang alami dan dengan pengobatan yang terbilang sederhana yang sering dilakukan oleh para peternak bila pada kambing Etawa sedang mengalami beberapa penyakit ringan. Tidak jarang pada kambing Etawa itu sering terserang berbagai penyakit pada bagian tubuh kambing Etawa baik di bagian luar ( kulit ) maupun pada bagian dalam tubuh kambing itu sendiri.

Berikut ini beberapa macam penyakit pada kambing Etawa sebagai berikut.

Penyakit Mata

Jenis penyakit ini dapat menyerang kambing Etawa pada saat cuaca kurang baik serta adanya kondisi penurunan pada daya tahan tubuh kambing Etawa, hal tersebut biasanya mudah sekali terserang penyakit mata.

  • Pengobatan

    Untuk pengobatan sementara dan pertama yang perlu dilakukan dengan menggunakan daun sirih, garam dan air panas. Untuk cara pembuatan obatnya cukup dengan mengambil 3 lbr daun sirih, lalu dituangkan air panas kedalam sebuah gelas yang telah dicampur dengan garam, kemudian pada air garam bercampur daun sirih tersebut agak dingin lalu dikompreskan ke bagian mata kambing Etawa yang terjangkit penyakit tersebut lakukan 1 kali sehari selama 2 hari.

Penyakit Batuk

Jenis penyakit ini terkadang juga dapat menyerang kambing Etawa dan biasanya juga disertai pilek atau semcam flu, pada penyakit ini kambing biasanya susah bernafas dan sering mangalami batuk-batuk layaknya seperti manusia, pada penyakit batuk ini kadang dapat terjadi karena makanan hijauan yang agak basah terkena air hujan yang berlebihan.

  • Pengobatan

    Untuk pengobatan penyakit ini para peternak biasanya menggunakan beras kencur, sedangkan caranya cukup mengambil beberapa potong kencur ditumbuk cicampur dengan beras kemudian dikasih air panas, kemudian itu minumkan ke kambing Etawa yang sakit setelah seduhan beras kencur tersebut sudah dingin.

Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan ini hampir selalu dijumpai oleh setiap kambing Etawa karena faktor dari makanan yang biasanya membawa benih cacing kedalam perut kambing Etawa.

  • Pengobatan

    Untuk pengobatan penyakit ini biasanya para peternak melakukan tindakan preventif setiap 3 bulan dengan cara memberikan minuman campuran temu hitam dengan gula merah, apabila kurang nafsu makan kita juga bisa dapat menggunakan temu ireng dicampur dengan garam sebagai perangsang nafsu makan, dan untuk kambing Etawa yang terserang cacingan cukup parah hingga kurus sebaiknya diberikan makanan daun jimitri untuk beberapa hari.

Penyakit Gatal

Penyakit ini biasanya dapat menyerang pada sebagian kulit kaki, kepala dan sebagian tubuh kambing Etawa dan jenis penyakit ini mudah sekali menular pada kambing yang lain.

  • Pengobatan

    Untuk pengobatan dan penanganannya pertama sebaiknya pisahkan kambing Etawa yang sakit gatal ini dengan kambing yang lain kemudian pengobatannya kita bisa ambil beberapa butir lirang, oli bekas dicampur dengan minyak goreng dan garam, lalu ditumbuk hingga halus dan dioleskan ke bagian yang gatal dan sakit, lakukan beberapa kali hingga luka kurap mengering.

Penyakit Susu

Pada kambing Etawa gejala susu bengkak atau tidak keluar air susu disaat menyusui anak kambing kadang sering juga di temuin.

  • Mengatasi

    Untuk mengatasi pada penyakit ini biasanya dengan menggunakan beberapa siung bawang putih dicampur dengan garam lalu ditumbuk halus di kasih air hangat kemudian dikompreskan pada bagian yang sakit tersebut.

Penyakit Tetanus

Penyakit kambing Etawa jenis ini paling sulit untuk dapat diobati numun ada beberapa.

  • Pencegahan

    Cara untuk pencegahan yakni dengan cara melakukan prefentif dengan cara memotong plasenta yang basah dan agak panjang dan lalu mengolesinya dengan kunyit dengan tujuan agar tidak terkena baksil tetanus yang biasanya melalui ujung plasenta ini.

Penyakit Diare ( Mencret )

Penyakit jenis ini juga kadang menyerang kambing Etawa yang biasanya disebabkan dari makanan sejenis yang berlebihan atau karena kambing memakan hijauan makanan ternak yang berupa daun yang masih terlalu muda yang berlebihan.

  • Pengobatan

    Untuk pengobatan penyakit mencret pada kambing Etawa cukup dengan menggunakan mahkota dewa, apabila didaerah anda terdapat buah mahkota dewa itu bisa digunakan untuk mengobati mencret. Untuk caranya ialah dengan mengiris iris beberapa buah mahkota dewa lalu campurkan dengan garam serta air panas, sesaat setelah dingin lalu dimunimkan pada kambing yang terserang penyakit tersebut, dan apabila didaerah anda susah menemukan buah mahkota dewa anda dapat melakukan terapi makanan kambing dengan cara mencampur daun jambu biji yang dicampur dengan garam seperlunya.

Bagaimana cukup mudah bukan ??? jika kambing Etawa tersebut terserang penyakit. 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Kambing Etawa Terserang Penyakit !! Ini Cara Mengobatinya Dengan Cara Yang Alami semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, terima kasih banyak telah mengujungi. 🙂