Panduan Lengkap Pengendalian Hama Tanaman Jagung

Posted on

RuangTani.Com – Bagi petani hama pada tanaman jagung salah satu yang merupakan faktor terjadinya kegagalan dalam membudidayakan tanaman jagung. Agar mendapatkan hasil panen yang sangat optimal dalam membudidayakan pada tanaman jagung perlu dilakukan dalam pengendalian hama tanaman jagung dengan secara tepat. Jika tidak dikendalikan maka dipastikan dalam budidaya tanaman jagung otomatis mengalami kerugian yang sangat besar sekali.

hama tanaman jagung

Panduan Lengkap Pengendalian Hama Tanaman Jagung

Untuk jenis hama yang sangat sering sekali menyerang tanaman jagung diantaranya yakni belalang, ulat tanah, lalat bibit, ulat grayak, kumbang bubuk, kutu daun, penggerak tongkol dan penggerak batang. Untuk cara mengatasi jenis-jenis hama tesebut dapat dilakukan dengan secara kimiawi maupun dengan secara teknis sebagai berikut.

Hama Belalang

Hama jenis ini ( Oxyca chinensis dan Lacusta sp ) merupakan jenis belalang yang menyerang tanaman jagung. Jenis hama ini menyerang tanaman jagung dengan cara memakan tanaman yang masih muda. Ham ini menyerang tanaman jagung hingga menghabiskan seluruh bagian daun, bahkan hingga tulang daunnya. Untuk hama ini banyak ditemukan pada daerah dataran rendah, persawahan, serta lahan budidaya tanaman jagung yang berdekatan dengan padang rumput.

Pengendalian

Untuk pengendalian bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan musuh alami dari jenis hama ini seperti burung dan laba-laba. Dan selain itu juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan biopestisida yang memiliki bahan yang aktif metarhizium anisopliae, dengan biopestisida hama belalang yang bisa dikendalikan hinga 70-90%.

Hama Lalat Bibit

Atherigona sp. Atau yang biasanya dikenal dengan lalat bibit, hama ini menyerang tanaman jagung dengan cara melubangi batang dan memakannya sampai mencapai ke dasar batang tanaman jagung tersebut. Jenis hama ini menyerang bagian tunas muda pada tanaman jagung yang masih baru tumbuh. Pada tanaman jagung tersebut yang apabila diserang oleh ham jenis ini dapat ditandai dengan pada tanaman yang berubah menjadi kuning, kerdil dan akhirnya mengalami kematian. Untuk jenis lalat ini hanya dapat ditemukan di daerah sumatera dan pulau jawa saja.
Untuk mengatasi hama lalat bibit ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pergiliran tanaman, untuk pemilihan waktu tanaman yang tepat dan menjaga kebersihan lahan disekitar tanaman jagung tersebut.

Baca juga :

Pengendalian

Sedangkan untuk pengendalian yang perlu dilakukan dengan secara kimiawi bisa dilakukan dengan cara mencampur benih tanaman jagung dengan nematisida seperti furadan, petrofur atau curater. Pada tanaman jagung yang sudah mencapai umur 5 sampai 7 hari dapat dilakukan penyemprotan dengan prevathon, curacron maupun regent.

Hama Ulat Tanah

Ulat tanah ini memiliki nama ilmiahnya Agrotis sp. Jenis hama ini menyerang tanaman jagung pada bagian batang maupun daun pada tanaman jagung yang masih muda. Pada saat malam hari merupakan waktu bagi hama ini untuk menyerang pada tanaman jagung sedangkan pada waktu siang harinya jenis hama ini bersembunyi didalam tanah.

Pengendalian

Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan cara melakukan pengolahan lahan dengan tepat, melakukan pergiliran tanaman, serta dengan menjaga kebersihan disekitar lahan pada tanaman jagung.

Hama Kumbang Bubuk

Pada jenis hama ini menyerang tanaman jagung pada bagian tongkol jagung menjelang masa panen hingga ke tempat penyimpanan jagung.

Pengendalian

Untuk pengendalian pada tanaman jagung dapat dilakukan dengan cara melakukan pergiliran tanaman, melakukan panen tepat waktu dan menanam varietas tanaman yang memiliki ketahanan terhadap penyakit dan hama.

Hama Ulat Grayak

Jenis hama yang satu ini biasanya menyerang tanaman dengan secara berkelompok serta bersembunyi di bagian bawah daun. Hama ulat gryak ini menyerang tanaman jagung pada bagian daun, dan dapat menyebabkan daun menjadi berubah transparan dan berlubang bahkan hanya menyisakan tulang daunnya saja.

Mengatasinya

Untuk mengatasi serangan dari jenis hama yang satu ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan menggunakan insektisida.

Hama Penggerek Tongkol

Hama jenis ini dapat menyerang bagian tongkol jagung dan memakan bijinya yang masih dalam masa perkembangan. Pada lubang bekas hama ini terdapat kotoran yang begitu menumpuk, kotoran ini dikeluarkan oleh hama penggerek teongkol.

Pengendalian

Untuk pengendalian pada hama jenis ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan agen hayati seperti eriborus argentiopilosa dan trichoderma sp.

Demikianlah pembahasan mengenai Panduan Lengkap Pengendalian Hama Tanaman Jagung ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat membantu dan berguna bagi anda yang sedang membudidayakan tanaman tersebut, sekian dan terima kasih. 🙂