Cara Pengendalian !! Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Pepaya

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman pepaya pastinya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat indonesia, tanaman ini juga tidak kalah populer seperti pada buah-buah yang lainnya. Pepaya sering dikonsumsi oleh penduduk indonesia karena manfaatnya dapat memperlancarkan pencernaan tubuh. Tidak hanya memiliki banyak manfaatnya, pepaya juga sangat memiliki rasa yang dibilang sangat manis dan dapat menyegarkan sehingga sangat nikmat bila dimakan pada saat kondisi lingkungan yang lagi panas.

pepaya

Cara Pengendalian !! Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Pepaya

Pada saat pertumbuhannya, pada tanaman ini bisa terserang hama dan penyakit sehingga sangat membutuhkan perlindungan serta cukup perawatan untuk dapat tumbuh dengan sehat. Nah berikut inilah jenis hama dan penyakit pada tanaman pepaya yang perlu untuk diketahui dibawah ini.

Hama

Kutu perisai ( aspidiotus destructor )

Jenis hama ini dapat menyerang bagian daun dengan cara mengisap cairanya bila serangan berkelanjutan dan dibiarkan maka akan timbul nekrosis pada bagian yang dihisap tersebut dan daun juga akan menjadi kering dan mengalami kerontokan. Pada permukaan bawah daun akan tertutup lapisan seperti sisik sedangkan permukaan atas daun terlihat bercak-bercak kuning.

Pengendalian

Untuk pengendalian dapat menggunakan predator seperti chilocorus sp. Crythognatha nodiceps atau lindorus lophantas, dengan penggunaan insektisida juga dapat merupakan salah satu solusi namun tidak begitu disarankan, dapat digunakan jika kondisi memang benar-benar sangat parah.

Baca juga :

Kutu dompolan ( planococcus citri )

Apabila tanaman tersebut terserang pada hama ini akan mengalami gangguan pertumbuhan karena hama ini menyerang bagian buah, yang lebih tepatnya menyerang cairan buah atau bisa juga daun. Gejalnay bisa terlihat dengan munculnya masa putih seperti lilin dibagian daun atau pada buah tanaman hama ini juga dapat memproduksi madu yang bisa menjadi media tumbuhnya embun jelaga sehingga lapisan pepaya berwarna hitam seperti jelaga.

Pengendalian

Untuk pengendalian dapat melakukan sanitasi laha dengan secara berkala atau dapat juga memanfaatkan musuh alami seperti coccinellidae dan cecidomydae, atau dapat juga dengan menggunakan insektisida.

Tungau merah ( tetranychus cinnabarrinus )

Hama ini menyerang pada bagian daun, tangkai dan juga buah. Tanaman yang diserang akan terlihat ada perubahan warna menjadi perunggu pada bagian yang terserang, sedangkan permukaan atas daun akan terdapat bercak yang berwarna kuning atau coklat yang meluas ke seluruh daun hingga berwarna merah karat. Pada bagian bawah daun akan terlihat anyaman benang halus yang merupakan tempat tinggal hama tersebut. Dan juga mengakibatkan kesegaran dan kondisi ukuran buah berkurang sangat drastis.

Pengendalian

Untuk pengendalian pada tanaman pepaya ini bila terserang dari hama ini bisa dapat dikendalikan dengan melakukan isektisida.

Kutu putih pepaya ( paracoccus marginatus )

Bila terkena pada hama ini tanaman akan menimbulkan kerusakan. Dapat menurunkan hasil panen sampai 58% jika tidak segera diatasi pada tanaman terlihat gejala perubahan warna daun menjadi kuning dan berkerut lalu mengering dan gugur.

Pengendalian

Untul pengendalian dapat melakukan dengan isektisida atau dengan menggunakan cendawan pathogen serangga.

Penyakit

Busuk akar dan pangkal batang

Pada kondisi yang seperti ini pada tanaman tersebut disebabkan oleh bakteri phytophthora palmivora. Gejala yang dapat dilihat pada tanaman ini pada bagian daun bawahnya akan mengalami menguning, layu dan menggantung sebelum gugur. Dan juga pada bagian akar-akar lateral akan membusuk menjadi berwarna coklat tua dan berbau tidak sedap, hal ini jika dibiarkan pembusukan dapat mencapai akar tunggang dan dapat menyebabkan tanaman tumbang. Pada buahnya pun menjadi membusuk, mengeriput dan berwarna hitam.

Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan, dengan pengaturan drainase lahan yang baik serta membakar atau memusnahkan tanaman yang terjangkit penyakit hal ini bertujuan agar mencegah penyebaran.

Erwinia papaya

Penyakit pada tanaman ini disebabkan oleh bakteri erwinia papaya yang menyebabkan pada tanaman muda mengalami penguningan dan pembusukan pada bigian daun, hal ini bila dibiarkan dapat mematikan tanaman. Gejalanya dapat dilihat pada bercak-bercak kebasahan pada tangkai daunnya.

Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara memotong dan dengan membakar bagian tanaman yang terinfeksi oleh penyakit tersebut.

Bercak cincin

Pada kondisi tanaman yang seperti bercak cincin hal ini disebabkan oleh papaya ringspot virus ( PRV ) yang menyebabkan daun yang berubah bentuk dan menjadi sempit, pada buah terlihat cincin-cincin dab bercak-bercak dan garis-garis hijau tua pada tangkai dan batangnya. Yang mengakibatkan tumbuhnya tanaman terganggu dan buah yang dihasilkan pun berkurang.

Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan mengendalikan populasi serangga dengan menggunakan insektisida serta memusnahkan tanaman yang tertular hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Pengendalian !! Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Pepaya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang membudidayakan tanaman tersebut, sekian dan terima kasih. 🙂