Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Singkong !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman singkong ialah tanaman yang salah satu termasuk ke dalam famili atau suku Euphorbiaceae. Tanaman yang memiliki banyak sekali manfaatnya ini memiliki nama yang berbeda di masing-masing daearah. Selain umbinya yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam anekan olahan makanan, pada daun dari tanaman singkong juga dapat dikonsumsi yakni bisa dibuat sayur yang biasa masyarkat konsumsi untuk lauh makan tambahan sehari-hari.

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Singkong !! Ini Cara Pengendaliannya

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Singkong !! Ini Cara Pengendaliannya

Tanaman singkong ini sangat cocok dibudidayakan pada berbagai kondisi tanah, dan singkong sebaiknya dibudidayakan pada awal musim kemarau supaya bisa dipanen pada awal musim penghujan. Dalam budidaya tanaman singkong ini tidak begitu sulit namun dalam pembudidayakannya tetap ada berbagai hambatan atau masalah seperti hama dan penyakit yang menyerang tanaman tersebut.

Baca Juga :

Berikut ini beberapa hama dan penyakit tanaman singkong berserta cara pengendaliannya.

Jamur Akar Putih

Jenis jamur ini sering menyerang tanaman singkong, tanaman singkong yang terkena serangan berat pertumbuhannya bisa terganggu hingga membuat tanaman tersebut menjadi gagal panen. Jamur akar putih ini berkembang dari umbi singkong yang tertinggal pada saat tanaman singkong dipanen, sehingga umbi membusuk dan menjadi tempat untuk jamur akar putih berkembang.

Tanaman singkong ang terkena oleh jamur akar putih ini ditandai dengan daun yang menguning dan berguguran disekitar pangkal batang singkong terdapat benang-benang putih dan pertumbuhan vegetatif terhenti.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik yang berupa trichokompos dan harus menggunakan pupuk organik yang sudah matang dengan sempurna.

Penyakit Hawar Bakteri

Jenis penyakit ini paling sering menyerang tanaman singkong yang ada diberbagai negara. Tanaman singkong yang terserang oleh jenis penyakit ini ditandai dengan adanya bercak pada daun yang bentuknya tidak teratur dan dikelilingi oleh daerah berwarna hijau tua.

Penyakit hawar bakteri membuat seluruh daun menjadi layu dan rontok. Bakteri ini bisa menyebar dari suatu tempat ke tempat lainnya, misalnya dari stek yang terinfeksi. Dengan stek tersebut, bakteri terbawa dari suatu musim hingga ke musim selanjutnya.

Selain itu juga bekteri ini dapat terbawa dari tanah, akan tetapi tanah kurang memiliki peranan dalam menyebarkan bakteri ini. Alat-alat pertanian yang terkontaminasi dan percikan air hujan juga bisa menyebabkan bakteri.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman yang tahan terhadap penyakit, stek yang digunakan diambil dari tanaman yang kodisi sehat dan tidak terinfeksi, melakukan pergiliran tanaman, dan pemangkasan bagian tanaman diatas tanah.

Penyakit Bercak Coklat

Tanaman singkong yang terkena penyakit ini ditandai dengan adanya bercak yang terlihat sangat jelas pada kedua sisi daun singkong. Pada bagian sisi atas daun terdapat bercak yang tampak berwarna coklat merata dengan tepi gelap.

Sedangkan untuk bagian bawah daun, tepi bercak kurang jelas dengan warna keabu-abuan pada bagian tengah bercak. Penyakit bercak coklat disebabkan oleh jamur cercosporidium henningsii. Penyakit bercak coklat mudah menyerang tanaman yang memiliki ketahanan yang kurang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menanam varietas tanaman singkong yang memiliki ketahanan terhadap berbagai penyakit.

Bercak Daun Baur

Bercak daun yang menyerang tanaman singkong ini ditandai dengan bercak besar pada daun yang berwarna coklat. Bercak daun biasanya menyerang tanaman singkong dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya curah hujan, kelembaban dan suhu.

Penyakit timbul pada musim hujan namun gejalanya baru akan kelihatan pada musim kemarau. Sedangkan penyebaran penyakit tanaman singkong ini akan semakin tinggi bila suhu dan kelembaban rendah.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menanam varietas yang tahan terhadapt penyakit ini, mengatur jarak tanam agar tidak terlalu rapat untuk mengurangi kelembaban dan dengan menyemprotkan fungisida.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Singkong !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚