Peluang Bisnis Dengan Budidaya Burung Ciblek Yang Menguntungkan

Posted on

Ruangtani.com – Burung ciblek ( prinia familiaris ) yang merupakan jenis burung yang memiliki kicauannya terbatas diareakicau yang benar-benar masih ada yaitu didaerah Jawa, sumatera dan Bali. Itupun hanya sebatas didaerah tertentu saja. Karena langkanya pada burung ini menjadikan burung ini yang memiliki cir berbulu sayap berwarna putih bertipe prinia ini menjadikan susah bagi penghobi burung yang hendak untuk memeliharanya.

CIBLEK 1

Peluang Bisnis Dengan Budidaya Burung Ciblek Yang Menguntungkan

Burung yang memiliki ukuran kecil ini, hanya memiliki ukuran panjang tubuh dari ujung ekor sampai paruh yang pada umumnya yaitu hanya 12 cm saja. Dengan memiliki warna bulu dipunggung hijau keabu-abuan dengan bagian ujung ekor yang bermotif totol kehitaman tipis. Pada bagian punggung ada dua macam warna yaitu :

  • Untuk tipe ciblek tegalan atau kebun dicirikan dengan memiliki warna dada putih
  • Dan untuk ciblek sawah memiliki warna abu-abu agak kegelapan

Untuk ciblek dada putih memiliki intonasi yang agak panjang, keras dan lebih melengking dengan bersuara cap..cap..cap. sedangkan untuk ciblek sawah berbunyi cip..cip..cip pada paruh burung ciblek berbentuk runcing dan kecil dengan bagian atas kehitaman dan bawah kekuningan, kakinya sangat rapuh berwarna coklat kemerahan.

Baca juga :

Karena langkanya pada burung ciblek ini sangat memmungkinkan untuk dibudidaya oleh para penghobi selain kita dapat menjaga kelestarian si burung ini juga dengan membudidayakan pada burung ciblek ini bisa pula meraup keuntungan dalam segi materi. Agar berhasil membudidayakan pada burung ciblek tentu syarat utama bagaimana memilih calon indukan dan pemeliharaan sepasang burung ciblek. Agar kawin, bertelur, menetes dan piyiknya tumbuh dewasa. Apabila diseriusin atau ditekunin dan sabar dalam membudidayakan ciblek menjadi poin penting keberhasilan beternak burung ciblek. Nah berikut inilah panduan untuk beternak burung ciblek.

Proses Pemilihan Bibit

Untuk pemilihan bibit sangatlah penting sekali karena untuk menentukan sebuah hasil yang sangat berkualitas dalam produktivitas dan juga bakal menghasilkan anakan yang bagus maka perlu untuk diperhatikan beriku ini :

Indukan Jantan

  • Hal yang pertama tentunya yang sehat
  • Jinak
  • Sifat fighter tinggi
  • Memiliki suara keras mengkristal
  • Ada suara tembakan
  • Memiliki tubuh besar tidak cacat
  • Berumur diatas 1 tahun

Indukan Betina

  • Memilih calon indukan pastinya yang sehat
  • Agresif/mau ngeper bila didekatkan burung jantan
  • Sudah mencapai umur minimal 6 bulan/boleh muda hutan

Persiapan Pembuatan Kandang

Siapkan kandang dengan memiliki ukuran minimal 60 x 90 x 90 dengan dilengkapi tanaman semak untuk dimaksudkan memberi kesan alami, jika lebih dari satu pasang, diusahakan untuk konstruksi kandang satu sama yang lainnya tertutup sehingga burung satu pasangan dengan pasangan lainnya tidak bisa saling melihat.

Proses Penjodohan Ciblek

Untuk proses penjodohan ciblek tidak jauh berbeda dari jenis burung yang lainnya, misalnya dengan cara menggantungkan sarang mereka saling berdekatan atau dengan memasukan mereka ke dalam kandang perjodohan yang bersekat.

Pada tahap awal perkenalan biasanya ciblek jantan dan betina akan saling menunjukan emosi masing-masing, kemudian biarkan kondisi tersebut berjalan selama beberapa hari agar mereka bisa saling beradaptasi satu sama yang lainnya.

Dalam selama perjodohan burung diberikan pakan yang bisa untuk menaikan birahi misalnya seperti kroto dan jangkrik selam itu pula, perkembangan burung harus tetap dipantau. Jika burung jantan terlihat selalu menyerang betina porsi kroto dan jangkrik bisa dikurangi sedangkan porsi untuk betina ditambah begitu pula jika sebaliknya.

Agar memudahkan proses perjodohan ciblek anda bisa menggunakan birdmature yang sangat efektif untuk mendongkrak birahi pada level yang optimal, sehingga burung tersebut tidak loyo dan tidak juga over birahi. Selain itu birdmature nantinya akan berperan dalam meningkatkan kesuburan / fertilitas telur,meningkatkan daya tetas telur yang dierami induk serta meningkatkan kualitas kesehatan anakan.

Tanda-tanda burung ciblek yang berjodoh ialah :

  • Burung betina ataupun jantan akan selalu mengambil posisi berdekatan sewaktu tidur atau istirahat
  • Burung betina lebih sering membalas suara kicauan jantan dengan tembakan khasnya.

Setelah tanda-tanda tersebut mulai tampak maka saatnya memasukkan burung jantan dan burung betina dalam kandang penangkaran, dalam tahap penyatuan perawatn harus tetap dipantau kondisi kedua indukan siap tahu terjadi saling serang kalau masih saling serang proses penjodohan harus diulangi sampai keduanya benar-benar akur.

Proses Pemeliharaan

Kotak Sarang

Untuk kotak sarang bisa menggunakan gelas plastic bekas atau kotak kayu seukuran gelas yang diisi serat nanas atau daun cemara kering / rumput kecil-kecil kering

Masa Pengereman

Pada telur biasanya akan menetas setelah dierami kurang lebih dari 11 hari, disini yang perlu diperhatikan ketenangan burung tidak terganggu.

Penyapihan

Piyik disapih pada umur 4 hinga 5 hari ( panen dini ) karena bila disapih umur lebih dari 5 hari resiko di buang oleh induknya sangat tinggi karena tingkat birahi burung ciblek sangat labil.

Ransum Untuk Piyik / anakan

Setelah disapih hingga saat umur 8 hari menu yang diberikan cukup kroto segar yang bersih dicampur serutan kalk ( beli di apotik ) 2 butir kalk cukup untuk 7 hingga 10 hari. Setelah umur diatas 8 hari baru piyik dikenalkan makanan tambahan yang berupa adonan encer voer ( kroto Kristal mactel halus ) di campur kroto segar dan serutan kalk untuk memperkuat tulang diberikan 5 hingga 7 dengan porsi sedikit-sedikit.

Setelah umur 22 hari biasanya sudah mulai belajar makan sendiri siapkan kroto segar pada tempatnya kalau sudah bisa makan maksimal campur kroto dengan sedikit pur kering setelah umur 1 bulan burung sudah mau makan pur.

Demikianlah pembahasan tentang Peluang Bisnis Dengan Budidaya Burung Ciblek Yang Menguntungkan ini semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, terima kasih. 🙂