Buah Kakao Anda Terserang Penyakit Busuk !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Bila seseorang ingin memutuskan dalam membudidayakan tanaman kakao maka hal ini mau tidak mau perlu untuk mengetahui penyakit yang menyerang tanamannya serta penanggulangannya. Bila salah satu penyakit kakao bisa menimbulkan kerugian hingga mencapai 85% maka penyakit tersebut ialah penyakit busuk pada buah kakao.

Busuk Buah Pada Kakao

Buah Kakao Anda Terserang Penyakit Busuk !! Ini Cara Pengendaliannya

Penyakit ini ialah salah satu penyakit yang menyerang tanaman kakao dengan efek kerugian sangat parah jika dibanding dengan penyakit jamur akar, VSD ataupun kanker batang. Karena efeknya yang begitu mempengaruhi hasil secara drastic, maka perlu seorang petani kakao untuk melakukan pemahaman dalam pengendalian akibat serangan penyakit busuk pada kakao supaya kerugian akibatnya dapat ditekan.

Baca Juga :

Untuk perlu diketahui apalagi penyakit busuk ini sangat mudah menular ke buah-buah kakao yang masih sehat.

Gejala Serangan

Penyakit ini menyerang buah kakao saat masih pentil hingga siap di petik yang disebabkan oleh infeksi Phytoptora palmivora. Awalnya infeksi menyerang pada permukaan buah pada bigian ujung atau pangkal buah yang basah dan lembab yang ditandai dengan bercak-bercak cokelat.

Lama-kelamaan bercak tersebut akan menyebar ke seluruh bagian kulit buah kakao, ketika musim hujan tiba akan muncul miselium dan spora jamur yang berwarna putih yang akan melakukan penyebaran kepada buah-buah kakao yang masih sehat.

Penyebaran Dan Penularan

Untuk penyakit kakao termasuk sering menjangkit perkebunan-perkebunan di negara kita, Indonesia. Dengan bantuan angin, Cendawan P. Palmivora sangat cepat menyebarnya, sampai-sampai menyebar ke negara penghasil kakao lainnya seperti Srilangka, P. Gading maupun Malaysia.

Selain karena terbawa angin, penyakit ini pula dapat disebabkan oleh terbawa oleh hewan lain misalnya semut dan bekicot yang hidup sekitar tumbuhan kakao yang sedang terinfeksi. Bisa juga karena adanya kontak langsung antara buah sehat dan buah yang sedang sakit. Penyebaran akan cepat terjadi jika pada lahan perkebunan mempunyai kelembaban tinggi dan jarang dibersihkan serta dipangkas saat musim hujan tiba. Jadi dengan bersihkan secara rutin apalagi kebun yang mendukung pertumbuhan cendawan P.Palmivora.

Pengendalian

Dalam pengendalian memang sangat diperlukan untuk dilakukan, baik ketika penanaman masih akan di lakukan ataupun ketika penanaman sudah terlaksana. Nah berikut ini cara pengendalian terhadap penyakit busuk pada kakao :

  • Dengan menggunakan klon unggul yang dapat tahan terhadap serangan penyakit busuk, contohnya : ICS 6, DRC 16 dan DRC 16 x Sca 6.
  • Dengan tanam tanaman kakao dengan jarak yang tidak terlalu dekat supaya sinar matahari bisa menyinari kebun dan juga area sekitar pohon kakao tidak memiliki kelembaban yang tinggi.
  • Dengan memangkas cabang-cabang pada tanaman kakao dan juga pohin yang menaunginya secara rutin untuk menjaga kelembaban pada area tanaman kakao anda.
  • Dengan lakukan sanitasi pada buah kakao yang mengalami penyakit busuk supaya tidak menyebar ke buah kakao yang sehat dengan cara dikubur sedalam 1 meter.
  • Dilakukan penyemprotan pada buah yang sehat mengiakan agen hayati seperti Trichoderma dengan dosis 200 gram perifer untuk upaya preventif.
  • Ketika serangan sudah sangat tinggi, maka lakukan penyemprotan dengan fungisida kontak dengan bahan aktif tembaga sebesar 0,3 %.

Demikianlah pembahasan mengenai Buah Kakao Anda Terserang Penyakit Busuk !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂