Tanaman Terserang Hama !! Ini Macam-Macam Hama Ulat Yang Menyerang Tanaman Anda

Posted on

RuangTani.Com – Hama ialah salah satu pengganggu atau masalah yang besar yang biasa atau sering sekali dihadapi bagi para petani, karena hama tersebut akan mengakibatkan penurunan produktivitas, kegagalan panen maupun yang lebih fatal lagi membuat tanaman tersebut mati.

Macam-Macam Hama Tanaman

Tanaman Terserang Hama !! Ini Macam-Macam Hama Ulat Yang Menyerang Tanaman Anda

Untuk hama pada tanaman atau tumbuhan memang terbilang sangat banyak dan beraneka ragam jenisnya, mulai dari jenis serangga yang menyerang pada bagian daun dan bahkan pada bagian akar yang mengakibatkan pada tanaman akan cepat mengalami kematian. Namun banyak para petani yang mengalami gangguan atau masalah pada tanamannya dengan diserangnya hama ulat. Hama ulat memang terdengar sangat biasanya, namun sebenarnya akan mengakibatkan tanaman menjadi abnormal dan bahkan mengalami kelayuan yang terbialng sangat parah.

Baca juga :

Untuk mengantisipasi serangan dari hama ulat tersebut, terlebih dahulu mengenal beberapa jenis dan macam hama ulat yang sering menyerang tanaman atau tumbuhan terlebih dahulu hal ini supaya dapat mudah untuk menanggulangi atau mengatasi hama ulat tersebut.

Agrostisypsilon ( Hama Ulat Tanah )

Hama ini dapat menyerang pada bagian perakaran didalam tanah yang akan mengakibatkan tanaman tersebut menjadi layu, mati medadak dab bahkan pada bagian perakaran tersebut akan mengalami kerusakan yang diakibatkan ulat tanah tersebut. Untuk pengendalian pada hama ulat tanah ini biasanya dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Dengan membasmi atau memungut ulat tanah secara manual dan kemudian membunuhnya.
  • Dengan melakukan penyemprotan insektisida dengan DDT 5 % atay Chloordane.
  • Apabila kondisi serangan sudah parah, maka dengan melakukan tindakan dengan pembasmian dengan mencabut tanaman tersebut yang sudah diserang.

Prodenialitura ( Hama Ulat Pendam )

Hama ulat ini hampir sama menyerang pada bagian perakaran yang berada didalam tanah, dengan cara menggigit pada perakaran yang masih muda biasanya hama ulat pendam ini hanya menyerang tanaman yang masih muda atau masih dalam persemaian. Untuk pengendalian hama ulat pendam ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Dengan membunuh atau membasmi secara manual dengan membongkar pada media tanah atau tanam.
  • Dengan melakukan penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif, sesuai dengan dosis yang ditentukan.
  • Dengan melakukan pembuangan atau pencabutan tanaman yang sudah terserang.

Heliothis Assulta ( Hama Ulat Pupus )

Hama ulat ini menyerang pada bagian daun yang berada di pucuk atau yang masih muda, biasanya akan menyerang tanaman yang masih dalam persemaian yang akan mengakibatkan pada daun menjadi rusak atau abnormal, mengalami perubahan warna menjadi kekuningan dan tanaman pun menjadi layu. Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Melakukan penyemprotan dengan insektisida yang berbahan aktif sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan.
  • Dengan melakukan pembasmian secara manual dengan membongkar pada media tanam.
  • Dengan melakukan pemusnaham tanaman yang sudah terserang hama tersebut.

Plutela Maculipennis ( Hama Ulat Daun )

Hama ini menyerang pada bagian daun yang masih muda maupun yang tuas sehingga akan menyebabkan daun tersebut menjadi abnormal atau mengalami kecacatan, rusak dan bahkan akan terdapat lubang-lubang yang besar, yang lama kelamaan akan mengakibatkan daun akan habis dan akan terlihat tinggal kerangkanya saja. Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara diatas seperti pada hama ulat pupus.

Hama ulat Yang Lain

Dari kebanyakan ulat lain yang biasa menyerang bagian daun muda atau tua, batang tanaman yang masih muda sehingga akan mengakibatkan tanaman tersebut akan menjadi layu, kering dan bahkan akan mengakibatkan yang fatal yakni kematian pada tanaman yang terserang. Untuk pengendalian pada hama ulat lainnya ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Dengan melakukan penyemprotan insektisida yang berbahan aktif sesuai dengan petunjuk dan dosis.
  • Dengan melakukan pembunuhan atau pembasmian secara manual.
  • Dengan pemusnahan tanaman yang sudah terserang hama tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Terserang Hama !! Ini Macam-Macam Hama Ulat Yang Menyerang Tanaman Anda semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚