Jadi Ini, Cara Menanam Semangka Non Biji Yang Bernilai Ekonomi

Posted on

Ruangtani.com – Jenis tanaman semangka ( citrullus vulgaris scard ) ialah tanaman yang berasal dari benua afrika tepatnya di gurun kala hari yang penyebarannya ke Negara india, china dan amerika yang dilakukan oleh para pelayar dari pedagang.

Pada buah ini memiliki daya tarik tersendiri dari buahnya yang sangat segar dan manis. Buah ini juga mempunyai kandungan airnya yang mencapi 92 %, karbohidrat 7 % dan sisanya ialah vitamin. Pada semangka ini termasuk tanaman musim kering tetapi akhir-akhir ini dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang semangka dapat ditanam kapan saja. Untuk dapat tumbuh dengan sangat baik dan cepat tanaman semangka membutuhkan iklim yang kering panas dan tersedia cukup air.

Lahan bisnis ini cukup menguntungkan jika di aplikasikan secara tepat, mengingat sekarang kebutuhan meningkat pada pasar. Jika bisnis ini di jalankan dalam skala besar maka akan besar juga keuntungan yang akan di dapatkan tentunya.

semangka non biji

Jadi Ini, Cara Menanam Semangka Non Biji Yang Bernilai Ekonomi

Pada iklim yang basah akan menyebabkan pertumbuhannya terhambat mudah terserang penyakit serta produksi dan kualitas buahnya akan menurun. Untuk perkembangan teknologi budidaya semangka didaerah subtropika lebih maju dibandingkan daerah asalnya ( tropika ).

Jenis-jenis baru baik hibrida yang diploid ( semangka berbiji ) maupun triploid ( semangka tidak berbiji ) telah banyak dikembangkan dengan kualitas buah dan hasil jauh lebih baik bila dibandingkan dengan semangka tropis ( varietas asalnya ).

Buah semangka tanpa biji atau yang biasa disebut dengan semangka seedless ialah merupakan semangka hibrida F-1 juga namun induknya masing-masing berasal dari induk betina semangka tetraploid dengan induk jantan semnagka diploid.

Oleh karena itulah semangka ini disebut dengan semangka hibrida tetraploid. Untuk teknik pembenihan semangka tanpa biji ini ditemukan oleh Prof. Dr. Hitoshi Kihara. Untuk memperoleh induk yang tetraploid harus melalui pelipat gandaan jumlah kromosom yang dalam istilah ilmiahnya sering disebut dengan mutasi duplikasi. Dari persilangan semangka tetraploid dengan diploid ini akan didapat semangka triploid ( semangka seedless ) yang memiliki daya vitalitas rendah.

Baca juga :

Apabila suhu udara rendah yakni kurang dari 29 derjat celcius. Maka daya kecambahnya pun akan lambat oleh karena itu, perkecambahan benih semangka triploid sangat memerlukan suhu udara yang cukup tinggi agar perkecambahnya dapt terjamin.

Untuk pertumbuhan tanaman muda pada awalnya lemah bahakan terkadang tidak normal tetapi selanjutnya tanaman akan tumbuh kuat. Daya kecambah rata-rata biji semangka triploid ialah antara 27,5 – 85 % dengan bentuk kotiledon yang lebih kecil daripada semangka diploid.

Tanaman semangka triploid sebenarnya memiliki bunga jantan dan betina yang lengkap tetapi bakal biji dan benang sarinya mandul maka biji tidak akan terbentuk. Meskipun demikian biji kosong yang berwarna putih atau coklat terkadang masih dijumpai terbentuknya biji kosong yang berwarna coklat biasanya disebabkan karena kelebihan dosis pemupukan unsur hara phosphor.

Berikut ini langkah-langkah bertanam semangka tanpa biji :

Persiapan Lahan

Tanah diolah duakali hingga gembur betul dengan membuat bedengan berukuran 15 m x 2 m atau dapat juga 3 m x 4 m jarak bedengan kisaran 30 cm untuk pengolahan pupuk kandang dicampur sebagai pupuk dasar dengan memiliki komposisi 12 hingga 20 ton/hektar kemudian dibuat lubang sesuai jarak tanam 100 cm dapat juga ditambah pukpuk kimia berupa uera 20 kg, TSP 140 kg dan KCL 230 kg dalam 1 hektar yang ditebar antara jarak 5 hingga 8 cm pada posisi bibit yang ditanam.

Cara penanaman

Agar dapat menghasilkan buah yang lebih baik bunga semangka 3n diserbuk silang dengan tepung sari dari semangka lain yang subur ada baiknya semangka 3n harus ditanam bersama dengan semangka 2n yang dapt memberikan tepung sari untuk pembuahan.

Cara Perawatan

Jika diamati dengan secara seksama tidak banyak perbedaan dengan menanam semangka pada umumnya akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang sangat memuaskan perlu dilakukan yaitu :

  • Pemberian mulsa
  • Dalam pemberian mulsa sangat sekali dianjurkan dalam menanam semangka didaerah tropis
  • Fungsi mulsa pada tanaman semangka yaitu :
    – Mencegah atau mengurangi pertumbuhan gulma dan
    – Memeprtahankan air tanah serta
    – Mencegah hilangnya nutrisi yang terkandung dalam tanah
    – Memperbaiki erosi tanah
    – Menopang batang semangka yang menjalar tanaman dan buah
    – Untuk menjaga buah semangka tidak langsung kontak dengan tanah karena buah yang terkena tanah mengakibatkan mudah busuk dan terinfeksi penyakit.
  • Penyerbukan silang
    Semangak 3n menghasilkan tepung sari yang bersih dan steril untuk pembuahan harus disilangkan dengan semangka 2n ada baiknya disampaing tanaman semangka ada lebah madu yang dapat membantu penyebukan silang ini.
  • Pemupukan
    Pada tanaman semangka tidak cukup dengan pupuk dasar saja sesuai dengan yang ada sebaiknya dilakukan pemupukan 3 kali selama masa tanam.
  • Pengairan
    Selama masa pertumbuhan semangka sangat membutuhkan air bahkan pada saat tanam muda air harus selalu mncukupi dan juga jika bunga sudah bermuculan pemberian air sedikit dikurangi untuk menunjang dan meperbaiki pembentukan buah.
  • Perawatan buah
    Pada masa satu bulan tanam bunga pada semangka sudah bermuculan untuk bunga pertama sampai ketiga pada umumnya jantan selanjutnya baru muncul bunga betina untuk pembentukan buah dapt dirangsang dengan cara pemontesan, jangan biarkan bunga-bunga menjadi banyak pada saat mulai terbentuk ada baiknya untuk mendapatkan kualitas buah yang besar batasi jumlah buah dalam 1 batang semangka. Untuk buah yang masih muda seringlah dibolak balik sampai mayang hal tersebut untuk mencegah belang pada buah yang setidaknya mengurangi daya minat konsumen.

Cara Pemanenan

Untuk pemanenan sendiri setiap petani memiliki kiteria yang sangat berbeda-beda untuk setiap wilayah. Hal ini disebabkan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Namun biasanya buah semangka yang sudah siap dipanen memiliki cirri-ciri berat buah yang cukup, daun buah sudah mulai agak layu, serta buah semangka berbunyi berat jika ditepuk dengan menggunakan telapak tangan.

Panen ialah tahapan akhir cara menanam semngaka maka lakukan pemanenan setiap pagi hari caranya potong tangkai buah dengan menggunakan pisau ataupun gunting potong sisakan tangkai kurang lebih 3 – 5 cm dari pangkal buah lalu tempatkan buah semangka ditempat yang sejuk dan ditumpuk.

Demikian tadi ulasan tentang Jadi Ini, Cara Menanam Semangka Non Biji Yang Bernilai Ekonomi ini yang dapat anda lakukan sendiri dari pada lahan anda tidak digunakan untuk usaha produktif maka lebih baik membudidayakan buah semangka untuk menambah penghasilan anda, Terima kasih. 🙂