Inilah Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Pot Yang Perlu Diketahui

Posted on

Ruangtani.com – Bagi yang ingin menanam lidah buaya tapi tidak tersedianya lahan inilah salah satu solusi yaitu menggunakan media pot. Tanaman yang nama latinnya aloe vera ini banyak sekali manfaat yang diantara bisa dijadikan pengobatan berbagai penyakit misalnya penyakit maag, untuk penyembuh luka, dapat mengatasi luka bakar, penyakit herpes ( dompo ), ketombe dan lain-lain. Dan selain itu juga tanaman yang asli afrika ini dapat digunakan sebagai bahan minuman segar dengan diolah menjadi nata de coco. Karena itu tidak jarang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan peluang usaha karena prospeknya cerah.

lidah buaya

Inilah Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Pot Yang Perlu Diketahui

Untuk teknik menanam lidah buaya ini dengan menggunakan pot yang memiliki media tanam dan media pengairan yang baik, jangan lupa untuk memasukan campuran berupa tanah kebun dan juga satu pupuk kandang atau pupuk kompos. Untuk pemilihan jenis pupuk juga harus memiliki kualitas agar dapat menghasilkan tanaman lidah buaya yang bagus juga nantiny.

Cara tanam yang perlu dilakukan ialah dengan menyediakan media yang tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah hal ini jelas karena tanaman ini ialah berjenis succulent maka sebaiknya jangan terlalu sering disiram dengan air agar tidak mengganggu proses pertumbuhan tersebut. Nah berikut ini tahapan yang perlu untuk diperhatikan dalam cara menanam lidah buaya.

Cara Menanam Lidah Buaya

Untuk cara penanaman tanaman lidah buaya juga perlu diperhatikan yakni tanah dan pasir yang ada pada pot harus dipastikan tetap kondisi kering sebelum disiram, jangan lupa untuk menyediakan pot yang memiliki lubang pada bagian bawahnya untuk supaya air dapat mengalir dengan mudah.

Dalam proses penanaman yang perlu dilakukan juga tidak dengan sembarangan, jangan langsung memberikan pupuk pada tanaman yang baru dimasukan dalam pot sampai akhir dari tahun pertama, kemudian harus menunggu hingga tahun berikutnya untuk bisa memberikan pupuk kepada tanaman yang satu ini.

Suhu juga perlu untuk diperhatikan untuk kebutuhan tanaman satu ini pada saat siang hari lidah buaya membutuhkan suhu 68-72 derajat farenheit dan pada malam harinya tanaman ini membutuhkan suhu 50 derajat farenheit hingga 55 derajat farenheit.

Cara Melakukan Pembibitan dan Pemupukan

Untuk pemilihan pupuk untuk tanaman ini ada dua pilihan yakni pupuk kandang atau pupuk kompos dengan memberikan salah satu dari kedua pupuk tersebut sangat dianjurkan untuk bisa membuat tanaman lidah buaya berkembang biak dengan baik, namun di ingat untuk tidak langsung untuk memberikan pupuk ini ditahun pertama. Kemudian pypyk yang diberikan juga harus pupuk yang alami, bukan pupuk yang berasal dari pabrik.

Karena itulah pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos dianjurkan disini. Untuk diperhatikan jangan terlalu lama memberikan sinar matahari ke tanaman yang satu ini karena nantinya lidah buaya tersebut akan mengalami perubahan warnanya menjadi cokelat dan tentu saja ini dapat merusak penampilan dari tanaman ini.

Untuk proses pembibitan yang harus dilakukan ialah sebuah tempat yang memiliki cahaya yang baik dan juga suhu yang cukup pula. Dengan cara memperhatikan dua faktor ini, pada tanaman lidah buaya cara memelihara yang dilakukan dapat menghasilkan tanaman yang bagus jika ditelaten dan sabar.

Tanaman lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang memiliki warna hijau atau hijau pucat yang bagus. Biasanya tanaman yang satu ini juga memiliki daun yang berbintik putih pada bagian belakangnya. Nah itulah cara menanam lidah buaya dalam pot yang bisa dilakukan.

Ok … mudah bukan ??? 😀

Hijaukan Negeri ini dengan cara menanam 1000 tanaman :v