Ini Loh, Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Puring Yang Banyak Manfaatnya

Posted on

Ruangtani.com – Tanaman puring ( codiaeum variegatum ) atau ( kroton ) ialah merupakan salah satu tanaman hias perkarangan juga sebagai tanaman obat untuk kesehatan yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini dikategorikan sebagai perdu atau sekelompok pohon yang mempunyai ketinggian di bawah 6 m / 20 kaki. Tanaman puring ini memiliki keindahan yang terbilang eksotik baik dari segi daun maupun warnanya. Dari bentuk puring ini memiliki bentuk yang bervariasi antara lain berbentuk pita, keriting, bulat telur, oval maupun bercangap. Sedangkan warna daunnya ada yang berwarna campuran merah, hijau, kuning, merah muda, merah bata, merah gelap dan putih.

tanaman puring

Ini Loh, Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Puring Yang Banyak Manfaatnya

Secara botani, tanaman puring ialah kerabat jauh dari singkong serta kastuba, memiliki ciri yang sama ialah pada batang tanaman ini dapat menghasilkan lateks yang berwarna putih pekat dan juga lengket yang merupakan ciri khas suku euphorbiaceae. Jenis tanaman ini palaing banyak terdapat dibagian timur Indonesia, yang penyebarannya pun sangat luas mulai dari india, asia tenggara, Australia dan Negara tropis di amerika latin. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin melakukan penanaman dan merawat tanaman puring tersebut.

Baca juga :

Cara Pembibitan

Untuk cara membibitnya sangatlah mudah, cukup dengan stek batang atau cangkok. Pilihlah batang yang akan distek atau dicangkok. Kerok kulit batang menggunakan pisau tajam kemudian buang lendirnya hingga habis. Lalu berikan tanah pada keratin batang kemudian bungkus dengan tanah. Selanjutnya ikat bungkusan pada kedua ujungnya lalu siram setiap hari sampai keluar akarnya sekitar 3 minggu. Potong lalu tempatkan ditempat lembab.

Cara Penanaman

Untuk penanaman siapkan terlebih dahulu tanah yang dicampur dengan pupuk kandang / kompos dengan perbandingan 1:1 sebagai media tanamnya pengolahan saat dilakukan sambil diberikan air sedikit agar tanah basah. Kemudian tanam bibit yang sudah disiapkan dalam posisi tegak lurus keatas. Tanaman ini memiliki akar serabut jadi sebaiknya ditanam dalam lubang yang agak dalam sekitar 15 sampai 20 cm. padatkan tanah disekitar tanaman untuk mencegah tanaman roboh.

Cara Perawatan

Untuk tanaman ini agar tumbuh dengan baik untuk itu perlu untuk memperhatikan seperti :

  • Cahaya matahari
    Untuk membuat puring ini tumbuh dengan subur anda selalu menjaga agar tanaman ini terjangkau dengan cahaya matahari apabila ditanam menggunakan pot, karena apabila kekurangan cahaya matahari daun puring tersebut sebagai daya tarik utama akan berwarna hijau saja tanpa ada kombinasi warna-warna seperti biasanya.
  • Penyiraman
    Tanaman puring ini sangat menyukai air, disaat musim kering atau musim kemarau anda harus menyiram bunga puring ini dipagi dan sore hari. Namun saat musim penghujan anda hanya perlu menyiramnya satu kali saja dalam sehari yakni cukup waktu pagi hari saja.
  • Pemangkasan
    Perlu sekali dengan pemangkasan dengan secara teratur agar puring dapat tumbuh dengan sangat baik dan batang-batangnya terlihat rapi. Untuk pemangkasan juga dapat membuat batang puring memiliki cabang yang lebih banyak sehingga tanaman ini akan cepat tumbuh di halaman rumah anda.

Untuk perlu diketahui bahwa tanaman ini selain indah jadi hiasan rumah tanaman ini juga banyak memiliki manfaat / fungsi / kegunaannya seperti dibawah ini :

  • Dalam Sifat Kimiawi
    Tanaman ini memiliki kandungan kimia yang belum terlalu banyak diketahui kecuali getahnya megandung tanin.
  • Sedangkan Dalam Efek Farmakologis
    Di Dalam farmakologis cina disebutkan tanaman ini mempunyai rasa pahit, dingin, melancarkan peredaran darah. Akar dan kulit batang mempunyai rasa pedas yang berkurang bila digodok bersama dengan scutellaria.
  • Bagian Tanaman Yang Digunakan
    Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, ranting muda, akar dan kulit batang.

Jenis penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman puring ini, berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai Negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

  • Perut Mulas
    Pada akar puring sepanjang satu jari ditambah 3 lembar daun sesuru ( euphorbia nerifolia L. ) ditumbuk hingga halus lalu tambahkan air secukupnya kemudian disaring dan diminum. Setelah minum ramuan ini akan sedikit diare karena berkhasiat pencahar, tapi sakit perutnya menghilang.
  • Sakit Perut Pada Anak-Anak
    Yakni caranya pada Daun puring yang berwarna kuning yang masih muda dan segar, secukupnya lalu dilumatkan sampai halus tambahkan sedikit air bersih hingga menjadi bahan seperti bubur, lalu balurkan pada perut anak.
  • Sipilis
    Satu batang puring seutuhnya dicuci bersih lalu digodok dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring lalu dibagi untuk 3 kali minum, diminum dengan menggunakan air gula seperlunya.
  • Sukar Berkeringat, Eksema
    Rebus daun secukupnya minum.
  • Cacingan, Nafsu Makan Berkurang
    Rebus rating muda secukupnya, minum.
  • Sembelit, Kejang Lambung, Kehilangan Selera, Penyakit Saluran Kencing Pada Anak-Anak
    Rebus akar dan kulit batang secukupnya, minum.

Demikianlah pembahasan tentang Ini Loh, Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Puring Yang Banyak Manfaatnya sangat bagus bukan hanya untuk menjadi tanaman hias semata, ok selamat mencoba. 🙂