Ini Dia, Peluang Usaha Dengan Budidaya Tanaman Aglaonema

Posted on

Ruangtani.com – Tanaman Aglaonema atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sri Rejeki pada tanaman hias ini juga sering disebut dengan nama sebagai Ratu Tanaman. Karena tanaman ini merupakan tanaman hias yang mudah untuk dipelihara dan memiliki banyak manfaat. Dengan keindahan tanaman aglaonema ini membuat hampir setiap orang akan terpukau dan terpikat oleh corak dan warnanya.

aglaonema1Ini Dia, Peluang Usaha Dengan Budidaya Tanaman Aglaonema

Sehingga tingginya peminat para pecinta tanaman hias dalam mencari dan mengoleksi tanaman aglaonema ini, serta pengembangbiakan dan pemeliharaan tanaman yang cenderung mudah dan dapat dijadikan oleh peluang bisnis. Orang-orang yang melihat sebagai peluang dapat melakukan usaha bisnis jual beli dan membudidayakan tanaman aglaonema ini.

Tanaman Aglaonema ini merupakan tanaman khas Asia Tenggara, Aglaonema yang berasal dari bahasa Yunani ( Aglos ) yang artinya sinar dan ( Nema ) yang artinya benang, secara harfiah Aglaonema yang berarti benang yang bersinar.

Baca juga :

Klasifikasi Tanaman Aglaonema

  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Subkelas : Base monocots
  • Ordo : Alismatales
  • Family : Araceae
  • Subfamily : Aroideae
  • Suku / Genus : Aglaonemateae

Syarat Tumbuh Tanaman Aglaonema

  • Agar pertumbuhan optimal ialah lokasi ( yang teduh dengan pencahayaan terbatas )
  • Daerah yang memiliki ketinggian 300 – 400 m diatas permukaan laut ( tidak memutup kemungkinan juga dapat tumbuh didataran rendah )
  • Memiliki intensitas sinar matahari berkisar antara 10-30%
  • Memiliki kelembapan 50 – 70%
  • Memiliki suhu 28 – 30 derajat Celsius pada siang hari dan pada malam hari 20 – 22 derajat celcius dan dibantu juga dengan sirkulasi udara yang baik.

Cara Menanam Aglaonema

Cara tanam aglaonema ini pertama langkah untuk budidaya bisa dilakukan dengan cara menanam bonggolnya, caranya ambil saja satu bonggol yang bisa anda peroleh dari anakan yang baru tanaman aglaonema ini sebanyak dua hingga tiga anakan saja, setelah mencapai 6 bulan berlalu anda bisa langsung memisahkan anakan baru tersebut dari induknya.

Dan cara menanam yang lainnya bisa dilakukan dengan teknik merangsang tanaman induk, teknik ini dilakukan dengan mengeluarkan tunas yang baru, antara satu pucuknya nanti, anda akan bisa mendapatkan dua hingga tiga anakan yang baru, anakan yang berasal dari potongan pucuk ini tentunya akan bisa menjadi bibit yang baik setelah memiliki lima hingga dengan tujuh daun.

Untuk tahap bercocok tanam dengan menggunakan pucuk yang maskimal bisa juga anda lakukan, caranya yakni pilih tanaman Aglaonema dewasa yang sudah memiliki 8 hingga dengan 10 helai daun. Kondisi tanaman yang anda tanam harus dalam keadaan dewasa dan kokoh. Kemudian jangan lupa untuk memberikan pupuk kepada tanaman ini saat proses penanaman berlangsung.

Pemberian Pupuk Pada Bunga Aglaonema

Untuk memberikan pupuk juga bisa ditingkatkan pada saat penanamana berlangsung selama 2 sampai 3 minggu, untuk lebih jelasnya cara melakukan pemotongan pucuk silakan anda mengikuti langkah berikut ini :

  • Pertama siapkan media untuk memotong pucuk tersebut misalnya pisau, atau alat pengorek, kemudian koreklah media yang digunakan untuk meilihat kondisi akar apakah kondisinya kuat atau tidak untuk criteria akar yang dipilih pada dasarnya memang harus kuat.
  • Kedua batang dari tumbuhan aglaonema ini harus dipotong dan disisikan satu daun pada bonggol tanaman induknya. Hal ini penting supaya induk masih bisa tetap berfotosintesis dan menghasilkan tanaman. Ini akan sangat berguna untuk menghasilkan tunas yangb baru yang muncul nantinya.

Tips Menanam Aglaonema Secara Baik

Untuk tanaman Aglaonema ini harus ditanam dicampuran seperti :

  • Tanah sekam
  • Pasir malang
  • Humus
  • Dan pakis
  • Dengan perbandingan rasio 1:5:2:2

Pada bagian bonggol yang anda potong pastikan untuk mengoles antiseptic pada potongan tersebut agar bisa menutupi luka pada tanaman yang satu ini.

Kemudian siramlah aglaonema ini dengan secara teratur dan pastikan anda meletakkannya di tempat yang teduh tanaman ini memang lebih menyukai tempat yang teduh dibandingkan dengan tempat yang kering tunas baru yang anda inginkan nantinya akan muncul dalam kurun waktu kira-kira satu bulan.

Tahap Pemeliharaan Aglaonema

Untuk memelihara tanaman aglaonema ini tidaklah sulit, pastikan memelihara tanaman ini di kelembapan suhu yang stabil, dengan memberikaan tempat yang baik untuk dapat tumbuh, aglaonema akan bisa menjadi tanaman hias yang bagus untuk dimanfaatkan nantinya. Anda juga harus melakukan langkah pemeliharaan dengan cara membungkus tanaman yang kuat dengan menggunakan bungkus plastic. Ini akan berguna untuk menyeleksi mana tanaman aglaonema yang memiliki bibit unggul atau akar yang kuat.

Cara Mendapatkan Hasil Aglaonema Yang Maksimal

Sebagai salah satu komoditas bisnis, tanaman aglaonema ini merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk dibudidayakan, menggandakan pemberian pupuk untuk tanaman ini juga menjadi tahap pemeliharaan yang harus anda lakukan. Terutama sebelum pemotongan pucuk berlangsung, cara memilih akar yang kokoh juga bisa dilihat dari penampakan akarnya yang berwarna putih, gemuk dan tidak busuk.

Demikianlah pembahasan tentang Ini Dia, Peluang Usaha Dengan Budidaya Tanaman Aglaonema ini semoga bisa menjadi inspirasi anda yang ingin usaha di tanaman Aglaonema, selamat mecoba terima kasih. 🙂