Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Jambu Biji !! Inilah Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Jambu biji ( jambu batu ) atau biasa disebut juga dengan jambu klutuk merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil yang telah disebarkan ke Indonesia yang melalui Thailand. Jambu biji ( jambu batu ) ini memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu biji ini dikenal mengandung banyak sekali vitamin C.

jambu biji

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Jambu Biji !! Inilah Cara Pengendaliannya

Dalam membudidayakan tanaman jambu biji ini tidak terlepas hambatan atau permasalah yang mengganggu pertumbuhan tanaman jambu biji. Hama dan penyakit merupakan halangan yang cukup besar dalam membudidayakan tanaman ini karena dapat menurunkan kualitas dan merugikan hasil panen. Nah berikut ini hama dan penyakit dan cara pengendalian pada tanaman jambu biji simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Jambu Biji

hama

Kalong Dan Bajing

Keberadaan dari kedua jenis hewan ini sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan baik itu lingkungan biotic maupun abiotik, seperti ketersediaan makanan dialam.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian terhadap serangan kedua hewan ini dapat dilakukan dengan menggunakan musuh alami mereka.

Lalat Buah

Hama ini bila menyerang gejala yang terlihat akibat serangan biasanya ditemukannya daging buah yang busuk.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian terhadap serangan ham ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkap petrogenol dan melakukan pembungkusan buah.

Semut Dan Kutu Daun ( Ceroputo )

Ham ini bila menyerang gejala yang terlihat akibat serangan timbulnya jamur hitam diatas embun pada daun atau biasa disebut embun jelaga pada permukaan daun.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian terhadap hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida, seperti sevin dan furadan.

Ulat Daun ( Trabala pallida )

Hama ini merupakan salah satu yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan tanaman pada biji jambu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan nogos. Setelah penyemprotan dilakukan buah baru boleh dipetik minimal 2 minggu setelah penyemprotan, untuk mengurangi efek samping insektisida tersebut.

Ulat Jengkal ( Berta chrysolineate )

Hama ini bila menyerang tanaman akibat serangan membuat pinggiran daun menjadi kering, keriting dan berwarna cokelat kuning.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilaakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan insektisida yang sesuai sebanyak 2 kali seminggu.

Ulat Keket ( Ploneta diducta )

Ham ini juga merupakan salah satu yang menyerang pada tanaman jambu biji dan dapat merugikan dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan nogos. Setelah penyemprotan dilakukan buah jambu biji baru boleh dipetik minimal 2 minggu setelah penyemprotan, hal ini untuk mengurangi efek samping insektisida nogos tersebut.

Ulat Penggerek Batang

Hama ini bila menyerang tanaman akibat serangan hama ini maka ditemukannya lubang pada batang kayu sepanjang 30 cm.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan insektisida yang sesuai sebanyak 2 kali seminggu.

Ulat Putih

Hama ini bila menyerang tanaman gejala yang terlihat akibat serangan pada buah jambu yang menjadi berwarna putih hitam.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida yang sesuai sebanyak 2 kali seminggu. Untuk penyemprotan insektisida dihentikan saat satu bulan sebelum panen jambu.

Penyakit Pada Tanaman Jambu Biji

penyakit

Antraknosa

Penyakit ini menyerang tunas muda, daun dan buah, sehingga buah menjadi keras dan bergabus, tepi daun dan ujung daun menjadi hitam. Pada tingkat serangan berat dapat menyebabkan gugurnya daun. Pada umumnya menyerang buah yang mulai matang dengan gejala timbul bercak-bercak.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga sanitasi lingkungan tempat tumbuh dan sanitasi tanaman, mengurangi kelembaban dengan cara pemangkasan dan melakukan penyemprotan fungisida.

Bercak Daun

Penyakit ini bila menyerang tanaman gejala terlihat akibat serangan pada buah jambu tanaman yang terserang tampak bercak-bercak bulat atau kurang teratur bentuknya, berwarna merah dan bagian tengah bercak terkadang putih.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan memotong dan memusnahkan bagian yang sakit, dapat disemprot dengan fungisida sesuai dosis anjuran.

Cendawan Rigidoporus lignosus

Penyakit ini bila menyerang pada tanaman gejala akibat serangan penyakit ini ialah rizom berwarna putih yang menempel pada akar, apabila akar terserang dikupas akan nampak warna kecoklatan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida seperti Dlsene 200 MX.

Ganggang ( Cihephaleusos vieccons )

Penyakit ini bila menyerang tanaman akibat serangan penyakit ini akan terlihat bercak-bercak kecil dibagian atas daun disertai serat-serat halus berwarna jingga yang merupakan kumpulan sporanya.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida seperti Dlsene 200 MX.

Jamur Ceroospora psidil, Jamur Karat Poccinia psidil, Jamur Allola psidil

Penyakit ini bila menyerang tanaman gejala yang terlihat akibat serangan penyakit ini pada tanaman timbul bercak berwarna hitam pada daun.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida seperti Dlsene 200 MX.

Kanker ( Kudis )

Penyakit ini bila menyerang tanaman gejal yang terlihat akibat serangan penyakit ini timbulnya bercak kecil, kemudian berkembang dan membesar hingga berwarna cokelat tua dan tampak seperti kanker.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan membrongsong buah dan membuang bagian tanaman yang sakit lalu dibakar.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Jambu Biji !! Inilah Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂