Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Rambutan !! Inilah Panduan Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Rambutan ialah tanaman tropis yang termasuk golongan ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae yang berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata “ ramabutan ” ini berasal dari bentuk buahnya yang memiliki kulit yang menyerupai seperti rambut.

Pada buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki ( rambut ) pada bagian luarnya ( eksokarp ). Warnanya hijau saat masih muda, kemudian berangsur kuning sampai merah ketika masak. Endokarp berwarna putih, yang menutupi “ daging ”. bagian buah yang dimakan “ daging buah ” sebenarnya ialah salut biji atau aril, yang dapat melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas ( rambutan ace / ngelotok ).

rambutan

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Rambutan !! Inilah Panduan Pengendaliannya

Salah satu hal yang paling menyita waktu dalam membudidayakan rambutan ialah pemeliharaan. Dalam segi pemeliharaan yang dilakukan bisa berbentuk berbagai macam, mulai dari pembibitan sampai masa pasca panen. Pemeliharaan ini biasanya dimaksudkan untuk mencegah tanaman tersebut terserang hama maupun penyakit. Hal yang paling malas untuk melakukan perawatan atau pemeliharaan akhirnya membuat rambutan rentan terhadap resiko terkena penyakit.

Baca Juga :

Hama Dan Pengendalian Tanaman Rambutan

Hama biasanya berkaitan dengan lingkungan sekitar dan kadangkala sebab pengaruh kondisi cuaca. Yang perlu diperhatikan ialah jangan melakukan pemberantasan pada hama dengan menggunakan insektisida pada saat mulai musim panen.

Gulma

Gulma juga menjadi permasalahan tersendiri terhadap setiap petani, gulma ini juga bisa mengganggu tanaman apapun, terlebih pada tanah yang diberi pemupukan. Memang pemupukan secara teratur membuat tanaman rambutan tersebut menjadi baik, namun disisi lain juga dapat memicu tumbuhnya gulma.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian gulma pada tanaman rambutan bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan menyiangi secara teratur.

Binatang

Hewan kecil seperti semut, bajing, kalong dan lain-lain, merupakan faktor pengganggu lain akibat faktor lingkungan.

  • Cara Pengendalian

    Dengan cara melakukan perawatan secara teratur terhadap tanaman, dapat juga dengan penggunaan insektisida seperti chlordane tau malathion.

Serangga

Serangga seperti kutu, kepik dan lainnya juga bisa menjadi masalah biasa yang selalu dihadapi pada tanaman rambutan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan fungisida yang berbahan organic.

Ulat Penggerek Buah

Hama yang satu menyerang tanaman rambutan pada bagian buah yang ditandai dengan warna buah menjadi hitam dan kering, pada daging buah juga terdapat ulat berwarna cokelat.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida seperti lindane dan diazinon.

Ulat Penggerek Batang

Yang merupakan salah satu sebab pada bagian batang tanaman rambutan terjadi berlubang ialah karena ulat penggerek batang. Gejala yang muncul oleh jenis hama ini ialah batang kayu berlubang kurang lebih dari 30 cm.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida.

Ulat Daun

Hama ini menyerang pada daun rambutan, pada kondisi musin kemarau.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida berbahan alami.

Ulat Jengkel

Hama ini menyerang tanaman rambutan pada bagian daunnya, pada umumnya serangan terjadi pada daun yang masih muda.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida berjenis landane.

Penyakit Dan Pengendalian Tanaman Rambutan

Untuk mengatasi masalah penyakit pada tanaman rambutan juga tidaklah mudah, perlu dengan ketelitian dan kesabaran dalam mengatasinya. Hal yang perlu diperhatikan ialah pengendalian penyakit tidak boleh dilakukan saat menjelang masa panen.

Bercak Daun

Penyakit ini disebabkan oleh jamur ganggang. Penyakit ini biasanya menyerang pada bagian daun yang berumur tua, ditandai dengan bercak-bercak kecil yang terdapat pada daun. Penyakit bercak daun ini biasanya mulai muncul pada saat musim hujan datang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan bubur bordeaux atau bubur california.

Bercak Batang

Penyakit ini berbentuk seperti panu. Penyakit jenis ini biasanya menyerang pada daerah batang, namun ada juga yang menyerang pada bagian ranting. Bila dibiarkan penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida seperti lindane.

Akar Putih

Penyakit ini disebabkan karena jamur rigidoporus lignosus. Yang ditandai dengan jamur putih yang menempel pada akar rambutan. Pada bagian akar yang telah terserang dari penyakit ini akan memutih dan secara perlahan bisa mematikan tanaman rambutan.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan memberikan fungisida jenis bentale 0,3%.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Rambutan !! Inilah Panduan Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂