Hama Dan Penyakit Tanaman Nanas Dan Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman nanas ini merupakan tanaman yang memiliki toleransi yang terbilang tinggi untuk iklim serta curah hujan yang menimpanya. Tanaman ini juga terbilah cukup fleksibel dalam memilih tempat untuk pertumbuhannya.

Hama Dan Penyakit Tanaman Nanas Dan Cara Pengendaliannya

Hama Dan Penyakit Tanaman Nanas Dan Cara Pengendaliannya

Meskipun begitu, bukan berarti pada tanaman nanas ini memiliki ketahanan yang sangat kuat untuk serangan hama dan penyakit. Nah berikut ini ialah hama dan penyakit yang bisa mengganggu dalam masa pertumbuhan nanas tersebut.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Nanas

Penggerek Buah ( Thecla basilides Geyer )

Hama ini memiliki ciri-ciri ialah berupa kupu-kupu dengan warna coklat, hama ini akan meletakkan telurnya pada permukaan buah yang kemudian akan menetas menjadi larva, setelahnya itu larva tersebut akan menggerogoti pada buah hingga bentuk buah sudah tidak sempurna lagi, jika hal ini dibiarkan maka pada bagian buah tersebut akan mengalami kebusukan. Gejala yang terlihat pada bagian buah yang berlubang didagingnya atau buah yang mengeluarkan getah.

  • Cara Pengendalian

    Ham ini dapat dikendalikan dengan melakukan sanitasi lahan serta membuang bagian tanaman yang terserang hama tersebut. Bisa juga dengan cara menyemprotkan insektisida Basudin 60 EC atau Thiodan 35 EC.

Kumbang ( Carpophilus hemipterus L. )

Jenis hama ini memiliki ciri yakni berupa kumbang berwarna coklat atau hitam dengan ukuran kecil larvanya berwarna putih kekuningan dengan rambut tipis, dengan bentuk langsing berkaki 6. Gejala yang terlihat bila terserang pada tanaman nanas yang luka sehingga bergetah dan kemudian akan membusuk.

  • Cara Pengendalian

    Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan menggunakan mensanitasi lahan atau dengan penyemprotan pestisida.

Lalat Buah ( Atherigona sp. )

Hama ini memiliki ciri yaitu berupa lalat berukuran kecil. Lalat ini akan melatakkan telurnya pada bekas luka buah kemudian telur tersebut menetas dan menjadi larva yang memakan daging buah. Hal ini bila dibiarkan pada buah akan menjadi lunak dan mengalami kebusukan.

  • Cara Pengendalian

    Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan menjaga kebersihan lahan dan membuang buah yang telah terserang oleh larva lalat buah, atau bisa juga dengan cara menyemprotkan insektisida Thiodan 35 EC.

Thrips ( Holopothrips ananasi Da Costa Lima )

Jenis hama ini memiliki ciri yaitu dengan ukuran sangat kecil dengan memiliki panjang sekitar 1,5 mm dengan warna coklat dan bermata besar. Gejala dapat terlihat pada bintik-bintik perak di bagian daun tanaman tersebut. Hal ini karena hama ini menyerap cairan sel daun, akibatnya pertumbuhan tanaman muda menjadi terhambat.

  • Cara Pengendalian

    Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan cara pemberian insektisida Mitac 200 EC atau dengan sekedar membersihkan lahan ( pensterilan ).

Sisik ( Diaspis bromeliae Kerne )

Hama jenis ini memiliki ciri dengan ukuran sangat kecil dan berdiameer kurang lebih 2,5 mm, memiliki bentuk bulat dan datar dengan warna kekuningan. Hama ini akan menyerang bagian buah dan daun. Bila hal ini dibiarkan maka tanaman akan mengalami kesulitan dalam pertumbuhannya dan ukuran buah lebih kecil dari pada umumnya.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan disemprot dengan insektisida Decis 2,5 EC atau Curacron 500 EC pada konsentrasi yang dianjurkan.

Penyakit Pada Tanaman Nanas

Busuk Hati Dan Busuk Akar

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phytophthora parasitica Waterh. Untuk penyebaran pada penyakit ini dibantu oleh tanaman inang, air yang mengalir disekitarnya, alat pertanian yang tidak steril serta curah hujan yang tinggi. Gejala akan terlihat pada perubahan warna daun yang menjadi hijau belang-belang kuning, pada bagian pangkal daun akan membusuk dan berwarna coklat hingga tanaman akan mati nantinya, pembusukan pada sistem perakaran juga akan terjaadi.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan memperbaiki drainase tanah serta mengurangi kelambaban lahan. Dapat juga dengan melakukan pemotongan dan pemusnahan pada bagian tanaman yang terkontaminasi hal ini untuk mencegah penyebaran.

Busuk Pangkal

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Thielaviopsis paradoxa ( de Seyn ) Hohn. Jenis penyakit ini lebih mudah menyebar bila kondisi inang tidak sehat, adanya luka-luka pada bagian tubuh tanaman, serta kondisi angin, curah hujan dan tanah yang tidak menguntungkan tanaman nanas. Jika tanaman tersebut terinfeksi maka akan terlihat pangkal batang, daun dan buahnya akan membusuk lunak berwarna coklat dab berbau tidak sedap.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara menghindari luka-luka mekanis atau merendam bibit pada larutan fungisida Benlate.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Tanaman Nanas Dan Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚