Tanaman Kopi Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Setiap orang pastinya tidak asing lagi dengan si hitam kopi !! si hitam ini yang memiliki banyak penggemarnya. Bukan hanya di Indonesia, namun juga diluar negeri kopi memang memiliki pesona yang sangat luar biasa. Apalagi di Indonesia mempunyai bermacam-macam jenis kopi dengan pesona rasa yang berbeda. Hal ini membuat masyarakat untuk membudidayakan kopi ini untuk menjadikan tambahan ekonomi maupun untuk dikonsumsi sendiri.

tanaman kopi

Tanaman Kopi Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Namun untuk budidaya kopi ada saja hambatan atau halangan pada saat budidayanya, yang musuh tanaman kopi tersebut apalagi kalau bukan hama dan penyakit yang dapat menurunkan kualitas tanaman kopi tersebut. Hal demikian perlu segera diambil tindakan untuk mengurangi serangan hama dan penyakit sebelum untuk tindakan pengendalian pada hama dan penyakit, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman kopi. Nah berikut ini jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kopi dan bagaimana cara untuk pengendalian simak uraiannya dibawah ini.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Kopi

hama kopi

Nematoda Parasit

Jenis hama ini bila menyerang tanaman kopi gejala yang terlihat kerdil, daun menguning dan kemudian gugur. Pertumbuhan pada cabang-cabang primer terhambat sehingga hanya menghasilkan sedikit bunga, bunga prematur dan banyak yang kosong. Bagian akar-akar serabut membusuk, berwarna coklat atau hitam. Jika serangan begitu berat maka tanaman akhirnya mati.

Cara Pengendalian

  • Untuk menekan populasi nematoda dapat menggunakan musuh alami yang berupa bakteri, jamur dan nematoda predator.
  • Dan dengan menggunakan nematisida sistemik maupun kontak yang disarankan seperti karbofuran, oksamil, dan etoprofos.

Penggerek Buah Kopi

Jenis hama ini bila menyerang tanaman kopi dengan cara masuk ke dalam buah kopi dengan membuat lubang disekitar diskus. Serangan pada buah muda menyebabkan gugur buah, serangan pada buah yang cukup tua akan menyebabkan biji kopi cacat berlubang-lubang dan bermutu rendah.

Cara Pengendalian

  • Dengan melakukan petik buah, dengan mengawali panen dengan memetik semua buah yang masak yang terserang bubuk.
  • Dan dapat dilakukan dengan menggunakan parasitoid cephalonomia stephanoderis dan jamur patogen ( Beauveria bassiana ) sesuai dengan anjuran.

Penyakit Pada Tanaman Kopi

penyakit kopi

Karat Daun

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Hemileleia vastatrix. Gejala yang terlihat bercak-bervak kuning muda pada daun yang berubah menjadi kuning tua dan tertutup oleh tepung spora terutama dipermukaan daun sebelah bawah. Semakin lama bercak membesar dan menyatu, lalu mengering. Jika tanaman tersebut mendapat serangan berat maka seluruh pohon tampak kuningan, lalu dau gugur dan pohon mati.

Cara Pengendalian

  • Dengan melakukan ditebang dan dibakar agar penyakit tersebut tidak menyebar ketanaman lainnya.
  • Atau dengan melakukan penyemprotan fungisida tersebut pada setiap menjelang musim hujan, sekali dalam tiga minggu.

Jamur Upas

Jenis penyakit ini disebabkan oleh Cendawan salmonicolor, terutama menyerang bagian tanaman yang lembab seperti bagian bawah cabang dan ranting. Gejala terlihat ada seperti millennium tipis berserabut seperti sarang laba-laba, kemudian millennium membentuk bintil dan berubah menjadi kemerahan. Serangan yang berlanjut akan menyebabkan tanaman menjadi mengering, daun layu dan menggantung pada ranting.

Cara Pengendalian

  • Dengan melakukan pada cabang yang sakit yang ukuran masih kecil dipotong dibawah pangakal bagian yang sakit, potongan-potongan batang dan cabang yang sakit tersebut dikumpulkan kemudian dibakar.
  • Bila serangan masih awal cukup diolesi dengan fungisida calixin RM.
  • Jika serangan sudah lanjut batang atau cabang yang sakit dipotong, sisa cabang atau batang yang dipotong dan cabang-cabang disekitarnya diolesia dengan fungisida calixin RM atau Copper Sandoz.

Akar Hitam Dan Akar Cokelat

Jenis penyakit ini disebabkan oleh Cendawan Rosellina bunodes dan R. arcuata sedangkan akar yang cokelat disebabkan oleh Cendawan Fomes. Gejala yang terlihat daun menguning, layu dan menggantung, kemudian berguguran adan akhirnya tanaman mati.

Cara Pengendalian

  • Dengan melakukan bongkar pohon kopi hingga akarnya kemudian bakar lalu beri tepunbg belerang 200 g pada lobang yang di bongkar tersebut.
  • Dan dengan melakukan perbaiki drainase sehingga air tidak menggenang.

Bercak Cokelat Daun

Disebabkan oleh Cendawan Cercospora cafeicola Berket Cooke. Gejala yang terlihat ada bercak cokelat berbentuk lingkaran pada daun, berwarna putih ditengah dan merah dipinggirnya. Bila menyerang buah maka buah akan berwarna hitam, mengeriput, rontok sebelum pada waktunya. Kulit buah mengeras.

Cara Pengendalian

  • Mengurangi kelembaban kebun dengan mengurangi naungan.
  • Denga memangkas bagian tanaman kopi yang tidak produktif.
  • Dengan penjarangan bibit, perbaiki drainase, pangkas dan bakar tanaman yang terserang.
  • Dan dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan fungisida Benlate.

Penyakit Mati Ujung

Disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia. Gejala yang terlihat daun pada ranting yang terserang akan menguning dan gugur, kemudian ranting mati dimulai dari bagian ujung.

Cara Pengendalian

  • Pangkas ranting yang terserang ( pemangkasan dilakukan pada bagian ranting yang masih sehat ( lalu hasil pangkasan dibakar atau dikubur.
  • Dan dengan melakukan penyemprotan seluruh tanaman dengan fungisida.

Embun Jelaga

Disebabkan oleh cendawan Root-down. Gejala yang terlihat tanaman banyak dikerumuni ktu dompolan atau kutu hijau. Daun yang terserang akan tertutup lapisan hitam seperti jelaga.

Cara Pengendalian

Dengan melakukan pada bagian daun dilap dengan menggunakan kain sampai warna hitam menghilang.

Bercak Hitam Pada Buah

Disebabkan oleh cendawan cephaleuros coffea. Gejala terlihat pada kulit buah yang belum matang timbul bercak-bercak hitam yang kemudian melebar sampai seluruh kulit buah mengering dan berwarna hitam. Pada bercak kemudian tumbuh rambut halus yang ujungnya terdapat butiran spora berwarna merah.

Cara Pengendalian

  • Dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida
  • Dan dengan melakukan dibakar buah yang terserang.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Kopi Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚