Tanaman Apel Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Siapa yang tidak mengenal dengan buah yang satu ini ??? yang memiliki rasa yang manis yang banyak disukai banyak orang. Apel ialah tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat pada kondisi iklim sub tropis, tanaman apel ini sudah ditanam sejak pada tahun 1934 hingga sekarang ini.

apel

Tanaman Apel Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Untuk di Indonesia sendiri tanaman aple termasuk tanaman yang sangat populer karena pada buah ini enak serta memiliki khasiat yang banyak manfaatnya. Pada tanaman ini bisa ditanam di dataran tinggi. Walaupun memiliki ketahanan yang terbilang kuat terhadap kondisi lingkungan tanaman apel juga memiliki organisme-organisme yang bisa dianggap sangat menggangu dalam masa pertumbuhannya.

Baca juga :

Nah berikut inilah hama dan penyakit pada tanaman apel serta cara pengendaliannya :

Hama Tanaman Apel

Kutu Daun ( Aphis pomi Geer )

Hama ini menyerang bagian daun muda, tangkai, cabang serta pada bunganya. Hama ini akan menghisap cairan sari pati yang ada didalam daun sehingga menyebabkan daun yang menjadi menguning, layu dan keemudian mati. Apabila hal ini dibiarkan penyerangan bisa sampai ke buah ataupun bunga sehingga pada buah akan gugur serta pada bunga akan mati.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara menggunakan musuh alaminya seperti Coccinellidae dan Lycosa.

Kutu Sisik ( Lepisdosaphes beckii )

Hama ini menyerang pada bagian buah tanaman, hal ini bisa terlihat gejalanya berupa bercak-bercak merah pada buah yang lama-kelamaan dapat mematikan dan menggugurkan buah.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan pengecatan pada batang tanaman dengan bubur kalifornia hal ini bertujuan untuk pencegahan atau bisa juga dengan menggunakan insektisida berbahan aktif abemektin dan imidakloprid.

Ulat Daun ( Spodoptera litura )

Hama ini menyerang pada bagian daun tanaman Apel, hal ini terlihat gejalanya yang muncul pada bagian daun yang mengalami berlubang-lubang. Bila hal ini dibiarkan akan dapat menyebabkan daun tidak sehat dan menjadi menguning kemudian layu.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan, membuang telur-telur atau ulat dengan secara manual dengan menggunakan tangan. Jika serangan parah bisa menggunakan insektisida yang berbahan aktif metamidofos.

Lalat Buah

Hama ini menyerang pada bagian buah tanaman. Lalat buah ini akan menyuntikkan telurnya ke dalam buah apel, lalu menetas menjadi larva yang akhirnya memakan buah apel dari dalam. Buah lama-kelamaan akan mengalami busuk kerena berlubang dan kemudian jatuh.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif triazofos atau diazinon.

Penggerek Buah Apel ( Aegiserthia conjugella )

Hama ini menyerang buah tanaman, dengan cara melubangi buah ukuran sebesar 1-2 mm biasanya menyerang dengan secara berkelompok yang dapat menyebabkan kegagalan panen.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif asefat seminggu sekali.

Tungau ( Panonychus ulmi )

Hama ini menyerang daun serta buah dari tanaman, hal ini terlihat munculnya gejala pada bagian daun bercak kuning, buram dan coklat hal ini bila dibiarkan pada daun akan mengalami layu dan mati yang ujungnya berdampak pada kondisi buah karena serangan beralih kesana.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan secara rutin serta penyemprotan akarisida berbahan aktif dicofol atau cyhexatin.

Penyakit Tanaman Apel

Powdery Mildew

Penyakit ini bisa yerlihat dengan munculnya gejala pada permukaan daun yang terlihat pucat dan pada tunas abnormal kondisi buah juga terlihat tidak sehat.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara memangkas bagian yang terserang atau terkontaminasi kemudian membuangnya agar tidak menyebarkan penyakit.

Bercak Daun

Penyakit terlihat dengan munculnya gejala pada bagian daun yang berbercak putih dan abnormal muncul juga warna kecoklatan serta binti-bintik hitam.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan dengan secara rutin saat penanaman serta penyemprotan fungisida agrisan 60 WP.

Kanker

Disebabkan oleh jamur Bortryosphaeria sp, hal ini bisa terlihat pada buah yang membusuk dan berwarna pucat karena batang yang diserang oleh penyakit.batang memperlihatkan ciri berwarna kecoklataan dan terlihat kering.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara membuang dan membakar tanaman yang tertular serta penyemprotan buah dengan fungisida difolatan 4 F.

Busuk Akar

Hal ini bisa terlihat munculnya gejalanya pada bagian daun yang mengalami layu tanpa alasan yang jelas, disertai akar yang membusuk.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara memotong dan mencabut akar yang terserang dan memindahkan lubang tanam untuk tanaman tersebut.

Busuk Buah

Hal ini disebabkan oleh organisme Gloeosporium sp, dapat terlihat munculnya gejalanya pada bercak-bercak kecil dibuah serta perubahan warna yang menjadi jingga pucat.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan pemanenan tepat pada waktunya dapat juga dengan mencelupkan buah pada Benomyl.

Bagaimana apakah tanaman anda terserang jenis Hama dan penyakit seperti ulasan diatas ??? 🙂

Ayo !! Selalu tetap diperhatikan di rawat tanaman anda agar masa pertumbuhan tetap optimal !! 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Apel Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂