Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Anggur Anda ?? Ini loh, Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Setiap tanaman pastinya gak lepas dari serangan musuh-musuhnya tah, hama maupun dari berbagai jenis penyakit yang dapat menurunkan kualitas pembuahan serta proses pertumbuhannya pada tanaman tersebut baik buah maupun sayuran. Yang salah satunya pada tanaman Anggur yang satu ini.

anggur

Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Anggur Anda ?? Ini loh, Cara Pengendaliannya

Apabila hal tersebut dibiarkan maka pastinya membuat kualitas serta kuantitas pada buah anggur akan mengalami penurunan akibat dari serangan hama dan penyakit tersebut. Untuk itu perlu sekali untuk penanganan yang serius untuk mencegah maupun mengendalikannya dari hama dan penyakit yang menyerang tanaman anggur tersebut.
Nah disini saya akan memberikan informasi tentang hama dan penyakit tanaman Anggur dan bagaimana cara pengendaliannya, dapat anda simak pada ulasan berikut ini.

Baca juga :

Hama Tanaman Anggur

Lalat Buah

hama ini dapat menyerah buah dengan cara memasukkan telurnya ka dalam buah anggur, yang akibatnya daging buah didalamnya akan dimakan oleh larva dari telur. Bila hal ini dibiarkan pada buah akan mengalami berlubang dan lama-kelamaan membusuk dan jatuh.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara penyemprotan insektisida berbahan petrogenol atau hanya dengan membungkus bakal buah dengan menggunakan plastik.

Burung

Hama ini dapat menyerang buah anggur yang sudah tua, yang lebih tepatnya buah akan diambil dan dimakan.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara membungkus buah anggur dengan menggunakan plastik atau kertas koran.

Rayap

Hama yang satu ini menyerang tanaman anggur sejak masih berupa bibit sampai dewasa, bagian akar dan kayu digerogoti hingga cacat fisik.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara penyemprotan insektisida atau nematisida.

Kutu Daun

Hama ini dapat merusak bagian daun dan dapat membawa virus yang mengganggu tanaman anggur. Dan juha menghisap cairan pada daun anggur sehingga lama-kelamaan daun akan mengerut, menggulung, layu kemudian mati. Untuk cara penyebaran dibantu oleh jenis semut.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara menyemprotkan insektisida sistemik atau racun kontak.

Kutu Akar

Hama ini menyerang bagian akar tanaman anggur, hal ini terlihat gejalanya pada akar yang berbintik-bintik besar, kering dan akhirnya mati.

  • Pengendaliaan

    Dengan menggunakan bibit yang tahan terhadap kutu, atau dengan menyemprotkan insektisida

Ulat

Hama yang satu ini menyerang bagian daun atau buah anggur, hal terlihat pada daun yang berlubang-lubang atau buah yang berlubang. Jika dibiarkan akan menghambat pertumbuhan tanaman anggur bahkan membuat daun menjadi layu atau buah membusuk.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan, membuang ulat secara manual dengan tangan atau menyemprotkan insektisida untuk mengendalikan serangan pada buah dapat dilakukan dengan membungkus buah tersebut.

Penyakit Tanaman Anggur

Penyakit Oleh Bakteri

Biasanya pada tanaman anggur penyakit yang menyerang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sp. Bisa dilihat gejalanya pada bagian daun tanaman anggur yang mengalami layu dan rontok, lalu pada batang tanaman akan tertular, akar juga akan membusuk dan tanaman akan mati.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara memotong daun yang terkena penyakit dan membuangnya jauh dari tanaman lainnya dengan tujuan untuk mencegah penyebaran penyakit atau dapat juga dengan menggunakan bibit dari varietas unggul tahan terhadap serangan bakteri.

Downey Mildey

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan perenospora farinosa, yang menyerang pada bagian daun dari tanaman anggur. Gejalanya bisa dilihat pada bercak-bercak bagian daun tanaman anggur yang berwarna kuning kecoklatan. Pada daun akan berwarna kuning dan perlahan menjadi coklat yang akhirnya menyebabkan kematian tanaman anggur jika tidak segera ditangani.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan cara memangkas dan memusnahkan bagian tanaman yang terkontaminasi oleh serangan penyakit ini, dapat juga dengan menyemprotkan fungisida sistemik.

Busuk Buah Dan Pucuk

Hal ini terjadi karena disebabkan karena lingkungan yang lembab dan kurang sinar maatahari. Dapat menyerang pada bagian buah dan pucuk tanaman, hal ini bisa terlihat gejalanya pada buah yang lama-kelamaan membusuk dan kemudian jatuh, pucuk tanaman juha akan busuk dan lalu mati.

  • Pengendalian

    Dapat dikendalikan dengan meletakkan tanaman anggur pada kondisi yang tidak lembab dan cukup tanaman terkena sinar matahari dan jika serangan cukup parah dapat dikendalikan juga dengan penyemprotan fungisida sistemik.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Dan Penyakit Menyerang Tanaman Anggur Anda ?? Ini loh, Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂