Tanaman Teh Anda Terserang Penyakit !! Ini Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Teh

Posted on

RuangTani.Com – Teh merupakan minuman paling sangat populer diseluruh dunia setelah ait biasa, karena teh ini memiliki aroma yang sangat harum serta rasanya yang khas membuat minuman ini banyak dikonsumi oleh masyarakat pada umumnya. Di Indonesia sendiri, konsumsi teh sebesar 0,8 kg perkapita per tahun masih jauh dibawa negara-negara lain di dunia, padahal Indonesia merupakan negara yang penghasil terbesar nomor lima di dunia. Di dalam kandungan teh yaitu tannin, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Penyakit Pada Tanaman Teh

Tanaman Teh Anda Terserang Penyakit !! Ini Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Teh

Teh ini memiliki atau dibagi menjadi empat kelompok yaitu : teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih. Teh ini juga sering dikaitkan dengan kegunaannya untuk kesehatan. Orang juga sering menghubung-hubungkan teh dengan keseimbangan yin yang. Untuk teh hijau cenderung yin dan sedangakn teh hitam cenderung yang, dan sedangkan the oolong dianggap seimbang.

Untuk peranan komoditas teh dalam perekonomian di Indonesia cukup strategis secara nasional. Namun hal yang menjadi perhatian dalam produksi teh ialah terkait masalah hama maupun penyakit tumbuhan. Semakin banyak tanaman teh yang terserang hama dan penyakit, maka akan berimbas pada tatanan produksi. Adapun untuk pembahasan yang ditekankan pada ulasan kali ini terhadap penyakit pada tanaman teh dan cara pengendaliannya. Nah untuk lebih jelasnya penyakit yang biasa menyerang tanaman teh dan cara bagaimana untuk pengendaliannya simak ulasannya sebagai berikut ini.

Cacar Teh ( Exobasidium vexans )

Penyakit ini menyerang tanaman teh pada bagian daun dan ranting yang masih muda. Gejala yang terlihat bintik-bintik kecil tembus cahaya dengan ukuran diameter 0,25 mm, pada stadium lanjut pusat bercak menjadi coklat dan terlepas sehingga daun menjadi bolong atau berlubang.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dengan mengurangi pohon pelindung, pemangkasan sejajar permukaan tanah, pemetikan dengan daun pendek ( 9 hari ).

Busuk Daun ( Cylindrocladum scoparium )

Penyakit ini apabila menyerang pada tanaman teh maka gejala yang terlihat pada daun induk berbecak coklat dimulai dari ujung / ketiak daun, daun rontok, setek akan mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dapat dilakukan dengan mencelupkan stek ke dalam fungisida. Jika persemaian terserang semprotkan dengan benomyl 0,2%.

Mati Ujung Pada Bidang Petik ( Pestalotia tehae )

Sering menyerang klon TRI 2024, Gejala yang terlihat bekas petikan berbecak coklat dan meluas ke bawah dan mengering, pucuk baru tidak terbentuk.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dengan melakukan pemupukan tepat waktu, pemetikan tidak terlalu berat, fungisida yang mengandung tembaga.

Penyakit Akar Merah Anggur ( Ganoderma pseudoferreum )

Penyakit ini apabila menyerang tanaman teh maka gejala yang terlihat tanaman menjadi menguning, layu dan mati.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dengan membongkar dan membakar teh yang sakit, menggali selokan sedalam 60 hingga 100 cm di sekeliling tanaman sehat, fumigasi metal bromide atau Vapam.

Penyakit Akar Merah Bata ( Proriahypolatertia )

Pada dataran tinggi 1.000-1.500 meter dpl, ditularkan melalui kontak akar. Gejala yang terlihat sama seperti akar merah anggur.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini sama dengan penyakit akar merah anggur.

Penyakit Akar Hitam ( Rosellinia arcuata )

Pada daerah 1.500 meter dpl dan R.Bunodes di daerah 1.000 meter dpl. Gejala yang terlihat daun menjadi layu, menguning, rontok dan tanaman mati, terdapat benang hitam di bagian akar, dipermukaan kayu akar terdapat benang putih ( R. arcuata ) atau hitam ( R. bunodes ).

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian sama dengan penyakit akar umumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Teh Anda Terserang Penyakit !! Ini Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Teh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚