Cara Pengendalian !! Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Strawberry

Posted on

RuangTani.Com – Bagi para petani yang sering dihadapi dan merupakan masalah besar yaitu jenis hama dan penyakit. masalah jenis hama dan penyakit ini akan sangat mempengaruhi tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan produktivitas maupun akan mengakibatkan gagal panen. Dengan hal yang demikian menjadi permasalahan petani untuk mengantisipasi tanaman agar tidak terserang hama dan penyakit pada tanamannya.

Cara Pengendalian !! Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Strawberry

Jenis hama dan penyakit ini yang merupakan salah satu hambatan yang terbilang sangat besar bagi para petani, jika tidak segera ditangani maka akan menimbulkan menurunya produksi, tanaman menjadi rusak, tanaman menjadi mati dan bahkan yang sudah disebutkan tadi. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai bagaimana mengetahui jenis hama dan penyakit serta bagaimana cara untuk pengendaliannya, simak dibawah ini.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Strawberry Dan Cara Pengendalian

Kutu Daun ( Chaetoisphon fragaefolii )

Hama ini jika menyerang pada tanaman Strawberry ini, gejala yang terlihat pada pucuk daun keriput, keriting, pembentukan buah atau bunga sangat menjadi lambat atau terhambat.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada tanaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan pengasapan pada tanaman terserang hama atau dengan cara menyemprotkan insektisida Fastac 15 EC dan conifidor 200 LC.

Tungau ( Tetranychus sp dan Tarsonemus sp )

Hama jenis ini jika menyerang pada tanaman strawberry, gejala akan terlihat pada daun berwarna kuning atau kecoklatan, keriting, mengering dan mudah gugur.

  • Cara Pengendalian

    Dengan melakukan sanitasi terhadap lahan atau kebun atau dengan cara menyemprotkan insektisida Omite 570 EC dan Mitac 200 Ec atau Agrimec 18 EC.

Kumbang Penggerek Daun, kumbang Penggerek Akar Dan Kumbang Penggerek Batang

Hama jenis ini menyerang pada tanaman Strawberry, gejala yang terlihat tanaman menjadi rusak, kering, layu dan kemudian mati bisa juga menimbulkan tepung.

  • Cara Pengendalian

    Dengan melakukan sanitasi terhadap kebun atau lahan atau dengan cara menyemprotkan insektisida Decis 2,5 EC, Perfekthion 400 EC dan lainnya, dilakukan pada saat fase berbunga.

Kutu Putih ( Pseudococcus sp )

Hama jenis ini jika menyerang pada tanaman strawberry, gejala yang akan terlihat pada tanaman akan menjadi cacat atau abnormal.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan penjarangan sebelum tanam dan sanitasi teratur dikebun atau lahan atau dapat juga dengan cara menyemprotkan Perfekthion 400 EC atau Decis 2,5 EC.

Nematida ( Aphelenchoides fragariae )

Gejala yang akan terilihat pada tanaman menjadi kerdi, pendek, tangkai daun kurus dan kurang berbulu.

  • Cara Pengendalian

    Dengan melakukan sanitasi kebun dan penyiangan kebun atau dengan penyemprotan nematisida trimaton 370 AS, rugby 10 gram atau nemacur 10 g.

Penyakit Pada Tanaman Strawberry Dan Cara Pengendalian

Kapang Kelabu ( Botrytis cinerea )

Penyakit ini bila menyerang pada tanaman strawberry, gejala yang terlihat pada bagian buah mengalami busuk dan berwarna coklat lalu mengering dan kemudian berjatuhan.

  • Cara Pengendalian

    Dengan membuang buah yang sudah terserang penyakit atau dengan cara penyemprotan fungisida Benlate atau Gosid 50 SD.

Busuk Buah Matang

Penyakit ini bila menyerang pada tanaman strawberry, gejala yang terlihat pada buah matang membusuk berwarna coklat muda fan buah memiliki spora berwarna merah jambu dan banyka lubang pada buah.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara membuang buah yang terserang atau dengan cara menyemprotkan fungisida berbahan aktif tembaga yakni Kocide 80 As, Funguran 82 WP atau Cupravit, OB 21.

Busuk Rizopus ( Rhizopus stolonifer )

Penyakit ini jika menyerang pada tanaman strawberry, gejala yang terlihat pada buah membusuk, berair, berwarna coklat muda dan bila ditekan mengeluarkan cairan dan juga memiliki spora berwarna hitam.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara membuang bagian yang terserang atau lakukan pemisahan atau dapat juga dengan melakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif.

Empulur Merah ( Phytophthora fragarie Hickman )

Penyakit ini jika menyerang pada tanaman strawberry gejala yang terlihat menyerang pada bagian akar sehingga tumbuh menjadi kerdil atau pendek, daun menjadi layu dan kadang-kadang mati tiba-tiba.

  • Cara Pengendalian

    Dengan membongkar tanaman yang diserang memisahkannya dari tanaman yang lainnya atau dengan cara menyemprotkan fungisida apabila gejala awal sudah tampak.

Embun Tepung

Penyakit ini jika menyerang pada tanaman strawberry, gejala akan terlihat bagian yang terserang akan kuning, mengering dan juga terdapat seperti tepung pada bagian daun dan juga bunga yang terserang.

  • Cara Pengendalian

    Dengan cara menyemprotkan fungisida Benlate atau Rubigan 120 EC.

Dau Gosong ( Diplocarpon earliana )

Gejala yang terlihat pada bagian daun bercak bulat berwarna keunguan tua dan juga sudah tidak beraturan.

  • Cara Pengendalian

    Dengan melakukan pemangkasan daun yang terserang atau dengan cara menyemprotkan fungisida Dithane M-45 atau Antracol 70 WP.

Bercak Daun

Gejala yang terlihat bercak vulat didaun, berwarna coklat tua dan daun berguguran.

  • Cara Pengendalian

    Dengan melakukan peemangkasan pada daun terserang atau dengan menyemprotkan fungisida berbahan aktif tembaga yakni Funguran 82 WP, Kocide 77 WP atau cupravit OB 21.

Busuk Daun

Penyakit ini bila menyerang gejala yang akan terlihat terdapat abu-abu berwarna keunguan didaun dan kemudian berguguran.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida Dithane M-45 atau Antracol 70 WP.

Layu vertisillium ( Verticillium dahliae )

Gejala yang terlihat pada bagian daun berwarna kuning hingga kecoklatan, layu dan kemudian tanaman mati.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan fumigasi gas dengan Basamid G.

Virus

Gejala yang terlihat perubahan pada daun berwarna hijau menjadi kuning, keriput dan tanaman menjadi kerdil.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan pemilihan benih tahan penyakit virus atau dengan cara penyemprotkan pestisida untuk mengendalikan serangga pembawa virus.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Pengendalian !! Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Strawberry semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚