Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Sorgum

Posted on

RuangTani.Com – Jika dibandingkan dengan tanaman yang lainnya tanaman sorghum ini termasuk ke dalam tanaman yang sedikit diserang oleh hama dan penyakit tanaman. Meskipun demikian dalam membudidayakan tanaman sorghum tetap masih ada beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman sorghum ini.

sorgum

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Sorgum

Walaupun hama dan penyakit yang menyerang tanaman sorghum tidak sebanyak dengan jenis tanaman yang lainnya, tentu saja diperlukan pengetahuan mengenai hama dan penyakit yang menyerang tanaman sorghum serta cara dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman sorgum. Hal tersebut sangat diperlukan agar dalam mengendalikan hama dan penyakit tepat dan sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang. Nah berikut ini jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman sorghum dan cara pengendaliannya.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Sorghum

hama sorgum

Ulat Tanah

Saat malam hari merupakan waktu bagi ulat tanah ini untuk menyerang tanaman sorghum, hama ulat tanah ini menyerang tanaman sorghum yang masih terbilang muda. Akibat oleh serangan ulat tanah ini menyebabkan pada pangkal batang tanaman sorghum menjadi terpotong tepat pada bagian atas permukaan tanah, sehingga bekas dari serangan ulat tanah ini terlihat seperti terkulai.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida, untuk insektisida yang digunakan ialah Frudan 3 G dengan dosis 20 hingga 30 kg per hektar, pemberian insektisida diberikan pada saat penanaman.

Lalat Bibit

Saat tanaman sorghum ini berumur 3 minggu setalah ditanam, lalat bibit akan menyerang tanaman sorghum tersebut. Biasa bagian yang diserang oleh lalat bibit ini yakni pangkal batang tanaman dan menyerang dengan cara menggerek batang tanaman sorghum. Akibat serang tersebut membuat tanaman sorghum menjadi berlubang meskipun lubang yang dihasilkan kecil dan tidak teratur, hal ini tetap saja akhirnya tanaman menjadi layu dan kemudian mati.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian jenis hama ini dapat dilakukan dengan melakukan pertanaman secara serempak dan pada saat tanam ditaburkan insektisida.

Hama Bubuk

Pada saat biji sorghum ini berada digudang penyimpanan, biji sorghum ini tidak terlepas pula dari serangan hama dan penyakit tanaman sorghum. Hama bubuk ini menyerang biji sorghum yang berada digudang penyimpanan hama ini menyerang biji tanaman sorghum yang mengakibatkan berlubang dan keropos sehingga biji sorghum tidak layak untuk dikonsumsi.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara menyimpan biji sorghum tersebut yang dicampur dengan serbuk dari daun putri malu dengan perbandingan 10:1. Serbuk daun putrid malu tersebut digunakan sebab pada daun putrid malu mengandung protein mimosan. Protein mimosa ini dapat menghambat dan merusak pertumbuhan larva hama bubuk.

Kapang Jelaga

Jika tanaman sorghum ini terserang oleh hama jenis ini, maka pada daun biasanya ditandai dengan permukaan atas bagian daun sorghum yang tertutup oleh lapisan berwarna hitam tipis dan kering.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menghembuskan belerang maupun dengan menyemprotkan kapur.

Penyakit Pada Tanaman Sorghum

penyakit sorgum

Karat Daun

Apabila pada daun tanaman sorghum terlihat seperti ada noda-noda kecil berwarna merah karat, dengan diikuti oleh timbulnya massa tepung berwarna coklat kekuningan yang menutupi bagian permukaan daun merupakan gejala tanaman sorghum yang diserang karat daun.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memotong daun yang terinfeksi berat oleh karat daun, selain itu dapat dilakukan juga dengan melakukan pergiliran atau rotasi tanaman.

Bercak Daun

Berikutnya jenis hama dan penyakit tanaman sorghum ialah bercak daun. Tanaman sorghum yang diserang oleh hama jenis ini ditandai pada daun yang terinfeksi dengan munculnya bercak berbentuk bulat dengan ukuran kecil dan mempunyai warna kuning yang dikelilingi oleh warna cokelat.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan varietas yang tahan, selain itu bisa juga dengan melakukan penyemprotan fungisida.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Sorgum semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂