Tanaman Melati Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Pada tanaman memiliki musuh atau penghambat untuk pertumbuhan tak terkecuali pada tanaman melati hama dan penyakit merupakan salah satu jenis organism pengganggu tanaman yang bisa menurunkan produktivitas pada tanaman tersebut. Bahkan pada serangan berat hama dan penyakit ini dapat menyebabkan kematian tanaman dan tanaman sama sekali tidak bisa berproduksi sehingga hal ini dapar merugikan.

tanaman melati

Tanaman Melati Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Untuk itu perlu langkah dalam pencegahan dan pengendalian agar populasi hama dan penyakit tersebut tetap berada dibawah ambang ekonomi sehingga tidak menurunkan produktivitas pada tanaman melati ini. Nah berikut ini beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman melati dan cara untuk pengendaliannya.

Baca Juga :

Hama Pada Tanaman Melati

Ulat Palpita ( Palpita unionalis Hubn )

hama tanaman melati

Hama ini termasuk ordo Lepidoptera dan family Pyralidae, stadium hama yang merusak tanaman melati ialah larva ( ulat ).

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara memotong bagian tanaman yang terserang berat dan menyemprotkan insektisida yang mangkus dan sangkil misalnya Decis 2.5 EC, Perfekthion 400 E/Curacron 500 EC.

Penggerek Bunga ( Hendecasis duplifascials )

Hama ini termasuk ordo Lepidoptera dan family Pyralidae. Hama ini menyerang tanaman melati dengan cara menggerek/melubangi bunga sehingga gagal mekar. Kuntum bunga yang terserang menjadi rusak dan kadang-kadang terjadi infeksi sekunder oleh cendawan hingga menyebabkan bunga menjadi busuk.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian pada hama ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan dengan menggunakan insektisda yang mangkus seperti Decis 2.5 EC, Cascade 50 EC/Lannate L.

Thips ( Thrips sp )

Hama ini termasuk ordo Thysanoptera dan family Thripidae. Hama ini bersifat pemangsa segala jenis tanaman ( polifag ). Hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan permukaan daun, terutama daun-daun muda ( pucuk ).

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi ragam jenis tanaman inang di sekitar kebun melati dan menyemprotkan insektisida yang mangkus seperti Mesurol 50 WP, Pegasus 500 SC/Dicarzol 25 SP.

Sisik Peudococcus ( Psuedococcus longispinus )

Hama ini termasuk ordo Pseudococcidae dan family Homoptera yang hidup secara berkelompok pada tangkai tunas dan permukaan daun bagian bawah hingga menyerupai sisik berwarna abu-abu atau kekuning-kuningan. Hama ini menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan sel tanaman dan mengeluarkan cairan madu.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida yang mangkus, misalnya Bassa 500 EC/Nogos 50 EC.

Ulat Nausinoe ( Nausinoe geometralis )

Hama ini termasuk ordo Lepidoptera dan family Pyralidae. Hama ini memiliki cirri ngengat berwarna coklat dengan panjang badan rata-rata 12 mm dan panjang rentang sayap kurang lebih 24 mm berwarna coklat dan berbintik-bintik transparan. Hama ini menyerang bagian daun tanaman melati identik ( sama ) dengan serangan ulat P. unionalis.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisda seperti Decis 2.5 EC. Perfekthion 400 E/Curacron 500 EC.

Kutu Putih ( Dialeurodes citri ) dan Kutu Tempurung ( scale insects )

Hama ini bergerombol menempel pada cabang, ranting dan pucuk tanaman melati, menyerang dengan cara menghisap cairan sel, sehingga proses fotosintesis ( metabolism ).

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida yang mangkus seperti perfekthion 400 E/Decis 2.5 EC.

Penyakit Pada Tanaman Melati

penyakit melati

Hawar Daun

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Rhizcotanua solani Khun

  • Gejala

    Menyerang pada bagian daun masih muda dan tua hingga menguning dan juga kering.

Hawar Benang ( Therad blight )

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Marasmiellus scandens Mass.

  • Gejala

    Menyerang pada bagian batang dan cabang hingga batang tersebut akan memiliki bercak kecoklatan hingga kehitaman, sehingga tanaman akan layu dan mati.

Hawar Bunga ( Flower blight )

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Curvularia sp, Fusarium sp, dan Phoma sp.

  • Gejala

    Bunga akan mudah membusuk dan terjadi perubahan warna coklat mudah hingga kehitaman serta bunga akan mudah berguguran.

Jamur Kupas

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Capnodium salmonicolor.

  • Gejala

    Menyerang pada batang dan cabang tanaman bunga, batang akan mengeluarkan jamur berwarna keputihan hingga kecoklatan, serta tanaman akan layu dan juga akan cepat mati.

Bercak Daun

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur pestaloita sp.

  • Gejala

    Permukaan daun muda dan tua akan terdapat bercak berwarna kecoklatan hingga kehitaman.

Karat Daun

Penyakit ini disebabkan oleh hewan parasite Cephaleuros virescens kunze.

  • Gejala

    Permukaan daun akan terdapat bercak berwarna kemerahan dan berbulu, serta daun akan terjadi perubahan warna menjadi kekuningan dan berkarat.

Antraknosa

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur colletetrichum gloesporides.

  • Gejala

    Permukaan daun akan terdapat bintik-bintik kecil berwarna kecoklatan hingga kehitaman, serta tanaman akan mudah layu dan juga akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

Penyakit Lainnya

Penyakit lainnya berupa busuk bunga, bintil akar, virus kerdil, belang daun dan juga lainnya yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman bunga melati.

Dalam pengendalian penyakit pada tanaman melati ini biasanya dengan melakukan pemupukan dengan teratur, sanitasi atau penyiangan tanaman liar di sekitar dengan baik, dengan menggunakan bibita atau benih yang tahan terhadap penyakit dan juga dapat melakukan penyemprotan dengan fungisisda atau bakterisida sesuai dengan petunjuk dan dosis yang telah ditentukan.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Melati Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂