Tanaman Markisa Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Inilah Panduan Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Jenis hama dan penyakit merupakan orgaisme penganggu bagi tanaman yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas pada hasil pertanian. Hama dan penyakit memang musuh besar dari tumbuhan apa saja, hama dan penyakit menyerang pada hamper semua sektor pertanian, tak terkecuali pada tanaman markisa. Bila sudah terserang dan tidak segera cepat dikendalikan maka organisme ini bisa menimbulkan kerugian.

markisa

Tanaman Markisa Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Inilah Panduan Pengendaliannya

Berikut inilah beberapa hama dan penyakit yang biasa sering menyerang pada tanaman markisa.

Hama Tanaman Markisa

Kutu Daun

Pada hewan ini memiliki ciri berwarna merah kekuningan, pada bagian dada berwarna coklat dan terdapat garis melintang pada bagian punggungnya. Ham ini dapat merusak tanaman dengan cara menghisap cairan yang terdapat pada tanaman sehingga tanaman mengalami malformasi atau perubahan bentuk, memilin dan menjadi keriput.

  • Cara Pengendalian

    Dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kondisi kebun, pemupukan dengan secara rutin dan bila serangan sudah parah bisa melakukan dengan secara kimiawi dengan menggunakan insektisida.

Hama Pemakan Daun

Jenis hama ini seperti kumbang yang pada bagian kepalanya menyerupai moncong, panjang tubuh hama ini hanya berkisar antara 5 hingga 10 mm. Hama dapat merusak dengan cara memakan pada bagian daun tanaman sehingga daun tanaman yang terserang menjadi berlubang.

Baca Juga :

Pada umumnya jenis hama ini sangat menyukai pada bagian tanaman yang masih sangat muda seperti bagian tunasnya.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian jenis hama ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan insektisida.

Penyakit Tanaman Markisa

Bercak Coklat

Penyakit disebabkan oleh patogen Alternaria passiflorae, dapat menyerang pada beberapa bagian tanaman seperti batang, cabang, tangkai, daun dan buahnya. Gejalanya yang muncul oleh penyakit ini ialah adanya bercak kecil bulat bewarna coklat tua yang kemudian membesar dan pada bagian tengahnya bewarna coklat muda.

  • Cara Pengendalian

    Dengan cara mengatur kelembaban, membuang bagian tanaman yang telah terinfeksi dan bila sudah parah dapat diatasi dengan penggunaan fungisida aktif mankozeb.

Embun Jelaga

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan capnodium sp. Cendawan ini membentuk lapisan bewarna hitam yang menutupi daun tanaman sehingga bisa membuat proses fotosintesis terganggu karena seluruh bagian daun tertutup oleh jelaga hitam.

  • Cara Pengendalian

    Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kebun dan dengan cara melakukan pemangkasan agar lingkungan tidaj terlalu lembab.

Cukup Mudah Bukan ??? Maka rawatlah Tanaman Markisa anda agar pertumbuhannya tetap optimal. !!! 🙂

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Markisa Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Inilah Panduan Pengendaliannya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂