Inilah Beberapa !! Teknik Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Cabe Merah

Posted on

RuangTani.Com – Pada saat seseorang untuk memutuskan membudidayakan cabe, maka mau tidak mau mereka harus mempelajari atau mengetahui bagaimana cara dalam proses penanaman dan juga teknik atau panduan pengendalian terhadap jenis hama maupun penyakit yang menyerangnya.

Hama Dan penyakit Tanaman Cabe Merah

Inilah Beberapa !! Teknik Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Cabe Merah

Nah berikut ini beberapa teknik pengendalian hama maupun penyakit yang menyerang pada tanaman cabe merah, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

Baca Juga :

Beberapa Teknik Pengendalian Hama Pada Cabe Merah

Hama Ulat

Jenis hama seperti ulat grayak ( spodoptera litura ) ialah salah satu ulat yang dapat memakan daun cabe hanya dengan meninggalkan tulangnya saja. Ada pula ulat kenis Spodoptera exiqua dan Helicoverpa sp yang dapat melubangi buah cabe dengan baik yang masih mentah maupun yang sudah matang. Berikut ini pengendaliannya :

  • Pengendalian Teknis

    Untuk pengendalian secara teknis yakni dengan mengambil ulat pada saat malam hari saat mereka berkeliaran, diusahakan dilakukan secara menyeluruh dan serempak atau bisa juga dipasangi perangkap imago hama. Dan dengan menjaga kebersihan kebun dengan menyiangi gulma pada bedengan parit menjadi salah satu cara penanggulangan.

  • Pengendalian Kimiawi

    Untuk pengendalian secara kimiawi yakni dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida pada kondisi malam hari, sebaiknya penyemprotan ini dilakukan saat kondisi sudah mulai parah.

Hama Tungau

Hama Tungau ( Tetranycus sp ) dan Tungau Kuning ( Polyphagotarsonemus latus ), hama tersebut dapat mengakibatkan daun cabe menjadi keriting dan menggulung pada bagian bawah menjadikan tebal dan kaku sehingga dengan begitu pertumbuhan pucuk-pucuk menjadi terhambat, akibatnya juga daun pun akab berwarna cokelat dan kering serta mati. Berikut ini pengendaliannya :

  • Pengendalian Teknis

    Untuk pengendalian secara teknis yakni dengan mencabut semua tanaman yang sudah terjangkit akibat serangan hama ini kemudian dibakar supaya tidak menjalar ke tanaman lainnya, apabila masih belum parah kondisinya maka potonglah pucuk-pucuknya.

  • Pengendalian Kimiawi

    Untuk pengendalian secara kimiawi yakni dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan obat khusus tungau yaitu akaridida, jangan menggunakan insektisida karena secara fisik bentuk mereka berbeda.

Beberapa Teknik Pengendalian Penyakit Pada Cabe Merah

Bercak Daun

Bercak daun merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman cabe, akibat serangan akan terlihat tanda pada daun ada bercak-bercak bundar berwarna abu-abu dan pinggirnya berwarna cokelat, bahkan parahnya daun akan berwarna kuning dan berguguran. Jamur cercospora capsici ialah penyebabnya, biasanya menyerang pada kondisi musim hujan.

Pengendalian

  • Olah karena itu makan pilihlah benih yang benar-benar sehat bebas dari patogen.
  • Berilah jarak yang cukup jauh agar tanaman tersebut tidak lembab.
  • Dengan mealukan pemusnahan dengan cara dibakar apabila kondisi sudah parah.
  • Dan dengan melakukan penyemprotan menggunakan fungisida.

Busuk

Penyakit yang berikutnya ialah busuk, untuk busuk ini sendiri yang menyerang cabe ada 2 yaitu busuk cabang dan busuk kuncup. Untuk busuk cabang disebabkan oleh Phytophthora capsici yang sering kali menyerang pada musim hujan. Sedangkan untuk busuk kuncup sendiri disebabkan oleh Chaonosearum sp biasanya akibat yang ditimbulkan kuncup akan berubah menjadi hitam dan ujungnya akan mati.

  • Pengendalian

    Untuk pengendalian pada penyakit ini dengan mengurangi pemupukan menggunakan nitrogen, urea dan ZA. Dan atur juga jarak antara tumbuhan demi kelancaran sirkulasi udaranya. Apabila sudah parah terjangkitnya maka lakukab pencabutan dan pembakaran serta semprot juga dengan fungisida yang mengandung perekat.

Keriting Daun ( Mosaik )

Jenis penyakit ini disebabkan oleh Cucumber Mosaic Virus ( CMV ) dengan gejala pertumbuhan tanaman tersebut menjadi kerdil, pada daunnya pun menjadi belang hijau tua dan muda, tulang daun menjadi menguning dan daun pun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pengendalian

  • Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan terhadap serangganya bukan kepada penyakitnya.
  • Apabila sudah terinfeksi sudah parah maka sebaiknya musnahkan tanaman tersebut.
  • Dengan melakukan pemilihan benih yang sehat.
  • Lakukan pemupukan secara benar untuk mengurangi resiko penyakit keriting.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Beberapa !! Teknik Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Cabe Merah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂