Tanaman Mangga Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Bagi sebagian orang pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman mangga yang satu ini, yang memiliki rasa yang begitu manis dan memiliki aroma khas yang begitu wangi baunya. Namun dibalik itu semua pada tanaman ini sebenarnya memiliki musuh baik dari hama maupun juga dari penyakit yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman tersebut.

mangga

Tanaman Mangga Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya

Pastinya penasaran bagi anda !! hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman mangga ini. Nah disini akan membahas jenis hama dan penyakit dan bagaimana cara untuk menanggulangi agar tanaman mangga tersebut tetap sehat dan pertumbuhan tetap terjaga dari serangan musuh-musuhnya sebagai berikut.

Hama Tanaman Mangga

Penggerek Pucuk ( Clumetia Transversa )

Pada hama ini dapat menggerek pada bagian pucuk yang masih muda dan juga pada malai bunga dengan menggerek tunas yang akhirnya mengakibatkan tunas pada tanaman mangga tersebut layu, kering kemudian mati.

Cara Pengendalian

  • Dengan cara memotong kemudian membakar cabang tunas yang telah terinfeksi atau bisa juga dilakukan dengan pendangiran.
  • Apabila kondisi parah, berikan pupuk organik Nasa dengan cara mencampur pupuk kimia sesuai dengan tertera penggunaan.

Wereng Mangga ( Idiocerus clypealis )

Jenis hama ini dengan cara menghisap cairan pada bagian bunganya sampai kering kemudian penyerbukan terjadi pada tanaman tersebut yang ujungnya pada tanaman tersebut mati.

Cara Pengendalian

Pada jenis hama ini dapat dikendalikan dengan cara melakukan pengasapan atau juga dengan cara meenyemprotkan natural BVR yang disemprotkan pada waktu sore harinya.

Baca juga :

Penggerek Buah ( Noorda albizonalis )

Hama ini dapat menggerek pada bagian buah tanaman mangga yang bertepat diujungnya dan juga ditengahnya. Yang akhirnya dapat menyebabkan pada buah pecah dan terkontaminasi kotoran, buah tersebut dapat busuk dan ujungnya jatuh.

Cara Pengendalian

  • Dengan cara membungkus buah dengan kantong asoy atau plastik
  • Dengan membakar buah tersebut yang terserang
  • Dan dapat dengan melakukan penyemprotan pestona + Aero-810 pada waktu sore harinya.

Bubuk Buah Mangga

Pada tanaman yang terserang oleh hama ini menyerang pada bagian tunas muda atau pada bagian buah mangga tersebut, hal ini dapat dilihat dengan kondisi pada bagian dalam buah yang terlihat abnormal, jatuh sebelum waktunya.

Cara Pengendalian

  • Dapat dikendalikan dengan cara membuang jauh-jauh
  • Dapat juga dengan membakar buah yang terserang.

Bisul Daun ( Procontarinia matteiana )

Bisul daun ini dapat menyerang pada bagian daun mangga dan terlihat gejalanya pada daun yang menjadi coklat, hijau dan kemerahan.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara penyemprotan pestona + Aero 810 dilakukan pada waktu sore hari.

Lalat Buah ( Bractocera dorsalis )

Pada jenis hama ini menyerang tanaman mangga pada bagian buah mangganya. Gejala yang akan muncul bintik hitam yang dikelilingi warna kuning, buah akhirnya membusuk dengan meunculnya larva didalamnya.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara membuang buah yang rusak dan kemudian melakukan pembungkusan buah untuk mencegahnya.

Kepik Mangga ( Cryptorrhynoccus gravis )

Dapat menyerang tanaman mangga pada bagian buah mangga. Kepik ini masuk ke dalam buah dan dengan meninggalkan telur sehingga buah tersebut menjadi terkontaminasi.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara memberikan predator alami yakni semut merah dengan hal tersebut maka kepik tidak dapat bertelur.

Penyakit Tanaman Mangga

Gleosporium

Pada tanaman mangga ini penyakit yang menyerangnya disebabkan oleh jamur Gloesporium mangifera. Pada bagian bunga akan menjadi layu dan buah tersebut menjadi membusuk, serta munculnya bintik-bintik hitam pada permukaan daun dan menggulung.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara menambahkan Natural Glio yang sudah difermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu, ditanamkan disekitar mangga.

Diplodia

Pada tanaman mangga ini terserang penyakit yang disebabkan oleh jamur Diplodia sp, apabila tanaman tersebut terserang dapat menggangu pertumbuhan tanaman dan tumbuh diluka tanaman bekas okulasi.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan menambahkan natural Glio yang sudah difermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu caranya ditanamkan disekitar mangga.

Cendawan Jelaga

Tanaman mangga ini terserang penyakit yang disebabkan oleh jamur Meliola mangifera hal ini dapat terlihat dengan perubahan warna menjadi hitam pada bagian daunnya.

Cara pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara menambahkan natural Glio yang sudah difermentasikan dengan pupuk kandang selama 2 minggu, kemudian ditanamkan disekitar mangga.

Bercak Karat Merah

Tanaman mangga bercak karat merah ini disebabkan oleh ganggang cephaleuros sp. Hal ini dapat terlihat pada seluruh bagian mangga bercak merah, dengan begitu akan mengganggu proses pembuahan.

Cara Pengendalian

  • Dapat dikendalikan dengan cara memotong pada bagian yang terserang
  • Dan dapat juga dengan menyemprotkan natural BVR pada waktu sore harinya.

Kudis Buah

Pada tanaman mangga terserang penyakit kudis buah ini disebabkan oleh Elsinoe mangiferae. Menyerang bagian tangkai bunga hingga bunga serta ranting dan daun. Hal ini bisa terlihat bercak kuning pada bagian yang terserang, dengan begitu ujungnya dapat mengganggu proses pembuahan pada tanaman mangga.

Cara Pengendalian

Dapat dikendalikan dengan cara memangkas pada bagian yang terserang hal ini bertujuan agar penyakit tersebut agar tidak menyebar.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Mangga Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa dapat bermanfaat dan berguna bagi anda, sekian dan terima kasih. 🙂