Tanaman Bayam Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Dia Cara Pengendaliannya

Posted on

RuangTani.Com – Sayuran merupakan salah satu makanan yang terbilang wajib bagi setiap orang karena untuk menjaga kesehatan maupun juga kondisi kebugaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sayuran banyak sekali mengandung khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita yang salah satunya sayuran itu ialah tanaman bayam.

bayam

Tanaman Bayam Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Dia Cara Pengendaliannya

Dengan mengkonsumsi bayam kita dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan jatung, strike dan penyakit yang terbilang ditakutin kanker. Hal ini dikarenakan bayam mengandung “ Folic Acid ” yang berfungsi dalam pembangunan jaringan otot, peningkatan jumlah sel dan juga pembentukan hemoglobin.

Untuk menumbuhkan tanaman bayam ini terbilang tidaklah mudah, biasanya para petani harus mengatasi berbagai hama maupun penyakit yang menyerang tanaman yang satu ini. Tidak jarang untuk para petani mengalami gagal panen dalam penanaman bayam ini karena terkena serangan-serangan dari hama-hama disekitarnya. Belum lagi bila ada penyakit-penyakit yang menyerang tanaman bayam ini. Kedua faktor ini sangat mempengaruhi sekali menurunya harga jual bayam yang dikarenakan kualitasnya bayam yang berubah.

Berikut ini hama dan penyakit yang menyerang tanaman bayam :

Hama Tanaman Bayam

Ulat Daun

Hama ini yang terbilang paling rawan muncul ditanaman bayam, hama ini memakan daun bayam sehingga meninggalkan bekas gigitan berlubang-lubang.

  • Pengendalian

    untuk perlindungan untuk hama ini cuku mudah yakni dengan menggoyangkan tanaman atau menyemprotkan air hingga hama tersebut jatuh. Dengan penggunaan pestisida juga dapat mengatasi hama ini hanya saja tidak disarankan karena akan memberikan dampak buruk kepada konsumen.

Siput

Siput termasuk tergolong jarang untuk menyerang bayam tetapi dalam beberapa kasus siput juga bisa sebagai hama untuk tanaman bayam. Ham ini akan memakan dedaunan dari bayam sehingga mengakibatkan bayam menjadi tidak sehat serta kualitasnya menurun.

  • Pengendalian

    Dapat dengan penyiraman dengan secara rutin penyiraman pertama yaitu saat fajar dan penyiraman kedua yaitu saat menjelang pertengahan hari jika dibutuhkan bisa juga dengan menggunakan pellet besi fosfat sebagai jebakan untuk membunuh jenis hama yang satu ini.

Lalat

Serangan ini sangat menggganggu untuk kehidupan bercocok tanam para petani, ham ini dapat menyebabkan pada daun menjadi rusak, berlubang, hingga layu.

  • Pengendalian

    Pada jenis serangga ini cukup terbilang menyusahkan karena tidak cukup dengan hanya menggoyangkan tanaman saja seperti halnya pada hama ulat daun memang dengan menggoyangkannya lalat akan pergi tetapi lalat dapat dengan cepat datang kembali sehingga cara ini tergolong tidak efektif. Dengan metode tradisonal mengusir lalat yaitu dengan menggantungkan plastik berisi air disekitar tanaman, menggunakan pestisida juga bisa namun sebaiknya dihindarkan.

Kutu Daun

Hama yang satu ini terbilang sulit terlihat karena efek yang diberikanpun tidak begitu terlihat jika dalam skala kecil. Kutu daun ini menyerap cairan daun bayam sehingga daun menjadi tidak sehat. Jika sudah parah daun akan berbentuk melangkung dan berpilin bahkan daun akan mengalami rontok dan pertumbuhan bayam akan sangat lambat.

  • Pengendalian

    Dengan cara penyemprotan air secara rutin ( menyiram ) atau dengan menyemprotan Diazinon dengan dosis 1-2 cc/liter air.

Penyakit Tanaman Bayam

Kekurangan Mangan

Sering kali pada kondisi musim kemarau atau cuaca yang sangat panas, muncul bintik-bintik kuning pada tulang daun tanaman bayam akan bermuculan. Hal ini menandakan bayam tersebut tidak sehat yakni kekurangan zat Mn. Penyakit ini juga menyebabkan pertumbuhan bayam jauh lebih lambat karena tepi-tepi daun akan mengering.

  • Pengendalian

    Dengan memberikan zat kapur pada tanah sekitar bayam tersebut, untuk penyembuhannya dapat menggunakan multitonik mengandung zat mangan yang diberikan ka dalam tanah.

Jamur Downy Mildew

Serangan penyakit ini dapat terlihat dengan ditandai gejalanya munculnya penguningan pada daun bagian atas dimana bagian bawah daun berwarna hijau keunguan. Bila hal ini dibairkan seluruh daun pada bayam akan berubah warna menjadi coklat, hal ini disebabkan karena kondisi lingkungan yang basah atau cuaca yang terlalu dingin.

  • Pengendalian

    Dengan pemetikan daun harus dilakukan hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit, sekira sudah dapat dipastikan bahwa bayam sudah tertular penyakit ini, perlu dilakukan penyemprotan Dithane dengan takaran 1,5 hingga 2 gram/liter air di seluruh bagian bayam.

Spinach Blight

Penyakit ini dapat ditandai dengan gejalanya munculnya dipermukaan daun yang berwarna menguning disertai dengan daun yang menyempit dan menggulung, disebabkan oleh virus Mozaik Cucumbe.

  • Pengendalian

    Apabila bayam yang terinfeksi lebih baik segera dicabut dan dihancurkan hal ini untuk menghindari penyebaran dan dapat dicegah dengan pembersihan gulma disekitar tanaman bayam dengan rutin.

Noda Daun

Penyakit munculnya gejala yang dapat terlihat dengan adanya noda-noda berwarna coklat pada sebagian daun. Jika tidak diberikan perawatan noda tersebut akan meluas merusak daun bahkan menghancurkannya.

  • Pengendalian

    Pada daun yang terinfeksi harus segera dipetik dan dibakar agar penyakit tidak menyebar dan bisa dengan disemprotkan Dithane dengan takaran 1,5 sampai 1 gram/liter air.

Demikianlah pembahasan mengenai Tanaman Bayam Anda Terserang Hama Dan Penyakit !! Ini Dia Cara Pengendaliannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂