Penyakit Busuk Buah Menyerang Tanaman Cabe Anda !! Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Posted on

RuangTani.Com – Busuk buah pada tanaman cabe merupakan salah satu jenis penyakit yang berasal dari organism pengganggu pada tanaman penyebab penyakit, pada busuk buah ini biasanya akan menyerang dari beberapa tanaman terutamanya pada tanaman cabe. Busuk buah biasanya akan menyerang tanaman cebe yang masih muda, tua dan sudah hampir matang sempurna.

Cara Mengatasi Busuk Buah Cabai

Penyakit Busuk Buah Menyerang Tanaman Cabe Anda !! Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Saat pada tanaman cabe tersebut sudah menunjukkan beberapa gejala mulai dari buah yang mudah, maka sudah lama terinfeksi penyakit busuk buah tersebut. Akibat serangan dari penyakit busuk buah tersebut hal ini akan mengakibatkan penurunan yang kualitas buah, peroduktivitas menurun, kegagalan panen bahkan akan mempercepat kematian pada tanaman tersebut. Untuk penyakit busuk buah pada tanaman cabe dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu :

  • Penyakit busuk buah yang dikarenakan terinfeksi bakteri.
  • Dan penyakit busuk yang diakibatkan karena lalat buah.

Nah berikut ini penjelasan dari penyakit busuk yang dikelompokkan dua bagian tersebut simak dibawa ini.

Baca Juga :

Busuk Yang Diakibatkan Infeksi Bakteri

Penyakit busuk buah yang diakibatkan oleh bakteri biasanya bakteri tersebut yang berupa bakteri Erwinia carotovora. Jenis bakteri ini akan menyerang tanaman cabe yang masih berbuah muda dan sudah hampir matang, yang akan menunjukkan gejala awal yaitu tangkai buah akan membusuk atau kering, pangkal ujung berwarna kecoklatan hitaman dan kelopak buah akan mengalamai perubahan warna. Penyakit busuk yang diakibatkan oleh jenis bakteri apabila tidak diatas maka akan mengakibatkan buah tersebut akan mengalami kebusukan yang sangat parah, bisa menggagalkan panen dan bahkan buah cabe akan mengalami kerontokan atau berjatuhan.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian dari penyakit busuk yang diakibatkan bakteri dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Dengan menggunakan bibit yang unggul yang tahan terhadap bakteri.
  • Dengan melakukan sanitasi menjaga kebersihan lingkungan dan lahan tanaman.
  • Melakukan penanaman tidak terlalu rapat, terutamanya pada kondisi musim penghujan.
  • Dengan melakukan pemusnahan buah yang telah terinfeksi atau membuangnya pada daerah yang jauh dari tanaman tersebut.
  • Menggunakan metode penanaman mulsa plastik, hal demikian bertujuan untuk mengurangi kelembaban media tanah.
  • Dengan melakukan penyemprotan dengan bakterisida, terutamanya agrimycin, kuprocat, plantomycin dan lainnya sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Busuk Yang Diakibatkan Lalat Buah

Buah menjadi busuk yang diakibatkan lalt merupakan salah satu masalah atau gangguan yang sering terjadi pada berbagai tanaman hultikultura, terutamanya pada tanaman cabe. Lalat buah akan menyerang tanaman cabe yang berbuah muda hingga tua. Gejala yang akan ditimbulkan ialah buah berwarna kekuningan, kecoklatan dan ada beberapa lubang pada buah serta buah akan berbentuk abnormal. Pada buah yang telah terinfeksi lalat buah tersebut makan akan mengalami perubahan yang sangat berbeda, hal ini dikarenakan lalat buah akan berkembangbiak di dalam buah-buah yang telah terkena oleh lalat buah tersebut.

Cara Pengendalian

Untuk pengendalian busuk buah yang diakibatkan oelh lalat buah ini dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Dengan cara memilih bibit atau benih yang tahan terhadap serangan penyakit lalat buah.
  • Dengan melakukan sanitasi kebun atau lingkungan disekitarnya.
  • Melakukan penanaman dengan metode yang tepat dan tidak bekas dari tanaman lainnya sebelumnya.
  • Dengan melakukan pemasangan perangkap lalat buah.
  • Dengan melakukan penyemprotan insektisida yang berbahan aktif, seperti prefonofos, metamil dan lainnya dengan dosis sesuai dengan anjuran.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyakit Busuk Buah Menyerang Tanaman Cabe Anda !! Ini Cara Ampuh Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚