Cara Mudah Menanam Wortel Di Dalam Pot/Polybag

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman yang satu ini pastinya bagi kita tidak asing lagi, yang merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang sangat besar sekali untuk kesehatan tubuh kita. Wortel ini mengandung Vitamin A yang sangat tinggi, gizi yang tinggi dan juga kandungan lainnya. Banyak manfaat di dalam tanaman ini banyak sekali yang ingin membudidayakannya tanaman wortel ini dirumah atau dipekarangan rumah.

Cara Menanam Wortel Di Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Wortel Di Dalam Pot/Polybag

Tanaman wortel ini dibudidayakan dirumah akan sangat memudahkan dalam pemeliharaan, perawatan dan juga pengontrolan bahkan juga dapat menghiasi perkarangan rumah. Apabila anda ingin membudidayakan tanaman ini, coba perhatikan berikut ini cara budidaya tanaman wortel di dalam pot dengan mudah simak ulasannya dibawah ini.

Persiapan Benih

Untuk langkah awal dalam penanaman wortel yakni dengan persiapan benih. Persiapan ini sangat diperlukan karena untuk hasil Β yang maksimal dan juga pertumbuhan cepat. Persiapan ini dilakukan dengan cara memilih benih yang sudah layak tanam, benih bebas dari hama dan penyakit, benih ini berasal dari indukan yang berkualitas, benih sehat dan pertumbuhan cepat. Dalam proses penanaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan perbanyak secara biji atau generatif yang bisa didapatkan di toko pertanian terdekat.

Pengolahan Media Tanam

Dalam proses pengolahan media tanam dengan media pot dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Dengan memilih atau mencari tanah yang memiliki nilai kesuburan, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah menemukan lakukan dengan mencangkul hingga merata, kemudian mencampurkannya dengan pupuk kandang atau kompos, hingga tercampur.
  • Kemudian lakukanlah penyiraman pada tanah tersebut yang sudah di campur dengan pupuk, hingga lembab dan diamkan selama 1-2 hari.
  • Berikutnya siapkan media yang akan digunakan dengan ukuran 1-2 kg atau pot dengan ukuran 2x2x3 cm bahkan lebih.
  • Masukan media tanah yang sudah di olah kedalam pot yang sudah disediakan hingga penuh.
  • Selanjutnya penyiraman kembali hingga lembab dan basah, lalu diamkan 3-4 hari sebelum tanam.

Penanaman Tanaman

Dalam proses penanaman, tanaman ini dapat di tanam dengan sangat mudah dan sederhana yaitu dengan cara sebagai berikut.

  • Membuat lubang lebih dahulu dengan menggunakan jari tangan atau kayu dengan memiliki kedalaman 1-2 atau 2-3 cm.
  • Setelah itu lakukanlah perendaman pada benih atau biji dengan menggunakan larutan fungisida atau larutan lainnya. Hal ini bertujuan agar pada tanaman memiliki ketahanan dan kuat terhadap serangan seperti hama dan penyakit.
  • Berikutnya lakukan penanaman dengan memasukan benih yang sudah selesai di rendam tadi.
  • Kemudian lakukan penimbunan tanah dari sisa pembuatan media tanah yang telah tercampur dengan pupuk kandang sampai tertutup dan lakukan penyiraman pada tanaman wortel hingga lembab.

Pemeliharaan Tanaman

Untuk pemeliharaan tanaman dengan media ini hampir sama dengan media lainnya yaitu sebagai berikut.

  • Penyulaman
    Dalam hal ini dilakukan pergantikan pada tanaman yang tidak tumbuh dengan tanaman baru, setelah 15-20 tanam.
  • Penyiangan
    Dapat dilakukan dengan membersihkan tanaman liar atau gulma yang berada di sekitar tanaman wortel.
  • Pembubunan
    Dilakukan dengan cara menimbun atau menambah tanah ke dalam media pot.
  • Penyiraman
    Dalam hal ini tanaman dapat dilakukan 2 kali dalam sehari dan jangan berlebihan.
  • Pemupukan
    Tanaman wortel dapat di pupuk secara berskala dengan pupuk seperti, urea, zat a, kcl dan tsp sesuai dengan anjuran.

Hama Dan Penyakit Tanaman

Hama yang biasa menyerang tanaman wortel ialah ulat tanah, kutu daun, lalat atau manggot. Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan cara melakukan pengontrolan tanaman dan penyemprotan insektisida sesuai dengan petunjuk.

Sedangkan untuk penyakit yang biasa menyerang tanaman wortel berupa bercak daun, nemotoda bintik akar dan busuk alternaria. Pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara melakukan penyiangan sekitar tanaman dan penyemprotan fungisida sesuai petunjuk dan dosis.

Pemanenan Tanaman

Dalam proses pemanenan tanaman wortel ini dapat dilakukan sudah berumur 2-3 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan varietes. untuk proses pemanenan ini di lakukan dengan cara mencambut atau membongkar tanah yang ada di dalam pot. Pemanenan ini sebaiknya dilakukan pada saat pagi dan juga sore hari hal ini untuk menjaga kualitas umbi atau tanaman tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Wortel Di Dalam Pot/Polybag semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚