Cara Mudah Menanam Buah Lengkeng Di Dalam Pot

Posted on

RuangTani.Com – Lengkeng ( Nephelium longanum ) berasal dari daerah subtropics di wilayah Cina. Lengkeng masih satu fasmili dengan rambutan, kapulasan dan leci. Pada Pohon lengkeng ini dapat menjadi besar dan bercabang memiliki banyak daun dan masih berproduksi meskipun umurnya diatas 100 tahun.

Cara Mudah Menanam Buah Kelengkeng Di Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Buah Lengkeng Di Dalam Pot

Pada tanaman lengkeng ini memiliki batang maupun kayu yang kuat. Buahnya berbentuk malai biasanya tumbuh di ujung ranting. Daging buah tipis atau tidak terlalu tebal memiliki warna putih kekuningan atau kuning muda. Untuk sifat daging buah lengkeng ini ngelotok. Rasanya bervariasi, dari kurang manis, manis hingga segar manis memiliki aroma yang variatif dari langu, agak harum hingga kurang harum.

Baca Juga :

Jenis-Jenis Buah Lengkeng

Umumnya terdapat tiga jenis lengkeng yang populer di Indonesia uakni itoh, diamond river dan pingpong. Masing-masing memiliki keunggulan. Diamond river dan pingpong relative cepat berbuah tetapi kualitas buahnya rendah. Sementara itoh walaupun sulit dibuahkan tetapi daging buah yang dihasilkan tebal, kering dan renyah dengan rasa yang manis. Selain tiga jenis lengkeng tersebut jenis lengkeng lain yang ada di pasaran ialah puang rai, Kristal, aroma duren, satu jari, cina atau kaisar dan hawei atau putih.

Syarat Tumbuh Buah Lengkeng

Dalam penanaman pada buah lengkeng ini memiliki syarat tumbuh sebagai berikut :

  • Suhu udara minimum 15-25 derajat celcius maksimum 25-35 derajat celcius. Namun tumbuh produktif pada suhu harian 27 derajat celcius.
  • Untuk di Indonesia sendiri pada tanaman lengkeng dapat tumbuh di ketinggian tempat 1-1.200 m dpl. Untuk batas optimum ketinggian tempat hanya hingga 700 m dpl, kecuali untuk tujuan rehabilitasi tanah kritis.
  • Berbunga setahun sekali, biasanya pada bulan Agustus hingga Oktober dan buah dapat dipanen 4 bulan setelah bunga mekar.

Nah berikut ini langkah-langkah cara menanam buah lengkeng di dalam pot sebagai berikut :

Memindahkan Bibit Lengkeng Dari Polibag Ke Pot

Menanam lengkeng di pot sedikit berbeda dengan lengkeng yang ditanam di tanah secara langsung, yang perlu diperhatikan tahapan dalam menanam buah lengkeng yaitu :

  • Yang pertama dengan menyiapkan pot plastik yang memiliki diameter 45-50 cm dan dipastikan ada beberapa lubang dibagian bawahnya.
  • Selanjutnya letakan pecahan genting atau bata nerah setebal 5 cm di dasar pot. Tujuannya untuk mengalirkan air siraman.
  • Masukkan campuran tanah, pupuk kandang maupun pasir atau sekam mentah dengan memiliki perbandingan yaitu 1 : 2 : 1 hingga ketinggian setengah pot.
  • Berikutnya masukkan bibit pohon lengkeng tepat di tengah pot lalu tambahkan kembali media tanam hingga mendekati bibir pot.
  • Kemudian siram dengan air hingga air keluar dari dasar pot, selanjutnya letakkan tanaman lengkeng di tempat yang ternaungi atau teduh selama beberapa waktu.

Tahap Perawatan Atau Pemeliharaan Lengkeng

  • Penyiraman
    Untuk tahap perawatan yakni penyiraman pada tanaman lengkeng dapat disiram dua hari sekali. Untuk penyiraman bisa dengan menggunakan seperti gembor dan untuk penyiraman dilakukan samapi air tersebut keluar dari permukaan bawah pot.
  • Pemupukan
    Tanaman lengkeng yang ditanam tersebut dipupuk dalam waktu tiga bulan sekali atau minimum enam bulan sekali dengan pupuk kandang sebanyak 5 kg. Pupuk NPK seimbang boleh digunakan tetapi cukup diberikan empat bulan sekali dengan dosis 25 gram per tanaman hingga berumur 3 tahun. Lebih dari itu dosis pupuk NPK ditambah menjadi 100 gram per tanaman.
  • Pencahayaan
    Satu hal yang perlu diketahui tanaman lengkeng sangat menyukai sinar matahari, jika intensitas pencahayaan kurang maka produktivitasnya akan menurun. Bahkan bisa jadi tidak berbuah.
  • Pemangkasan
    Potong batang utama dengan hanya menyisikan batang setinggi 80-100 cm. Satu batang utama yang dipotong akan menumbuhkan beberapa cabang primer, namun hanya 3 cabang primer yang dipelihara.
  • Penggantian Media
    Untuk masa produktif media pot lengkeng sekitar 3-10 tahun. Untuk itu agar tetap produktif setiap setahun sekali media tanam harus gigantic dengan media baru. Fungsinya untuk mengganti nutrisi yang telah digunakan tanaman dan untuk menggemburkan kembali media tanam yang telah mengeras. Untuk mengenai wadah atau potnya tergantung selera. Jika tanaman semakin membesar pot yang digunakan dapat berupa pot plastik yang memiliki diameter 70 cm atau berupa drum bekas yang bagi dua.

Mempercepat Bungaan Lengkeng

Umumnya pada pembungaan paling produktif terjadi pada musim penghujan namun adakalanya tanaman mogok berbunga. Untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dilakukan beberapa hal berikut.

  • Dalam tiga bulan sebelum musim hujan tiba berikan pupuk NPK 15-20-20 dengan dosis 25 gram per tanaman.
  • Dengan melakukan stress air caranya tanaman tidak disiram selama seminggu lalu siram sedikit air saja selama tiga hari. Selanjutnya tanaman tidak disiram lagi selama seminggu. Perlakukan ini dilakukan hingga muncul bakal bunga.
  • Dengan melakukan pangkas daun tanaman supaya tidak terjadi penimbunan karbohidrat.
  • Jika perlu berikan zat pengatur tumbuh seperti Atonik dan Dekamon dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Buah Lengkeng Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚