Cara Mudah Budidaya Mentimun Di Dalam Pot ( Polybag )

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman mentimun merupakan salah satu tanaman yang banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya. Jenis tanaman ini yaitu merambat dan juga menjalar di permukaan tanah apabila tidak diberi penyokong atau penguat. Tanaman mentimun ini karena tinggi permintaan sehingga banyak masyarakat yang membudidayakannya, dan tanaman ini juga terbialng mudah dalam membudidayakannya.

Cara Mudah Budidaya Mentimun Di Dalam Pot ( Polybag )

Cara Mudah Budidaya Mentimun Di Dalam Pot ( Polybag )

Dalam membudidayakan pada tanaman mentimun ini sangat beragam meulai dari bedengan biasa, bedengan mulsa plastik, hidroponik dan juga media pot atau polibag. Dalam kesempatan kali ini akan mengulas bagaimana cara membudidayakan mentimun dengan media pot atau polibag karena dalam media ini sangat memberikan keuntungan tidak memerlukan lahan yang luas.

Baca Juga :

Nah berikut ini cara mudah budidaya mentimun di dalam pot ( polybag ), untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Pemilihan Bibit

Dalam membudidayakan tanaman mentimun untuk tahap pemilihan bibit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena pemilihan ini sangat mempengaruhi dan kualitas pada tanaman. Dalam pemilihan bibit haru memiliki kondisi sehat, bebas dari jenis hama maupun penyakit, pertumbuhan cepat dan berasal dari indukan yang berkualitas.

Persemaian Bibit

Untuk tahapan ini perbanyakan dalam proses ini menggunakan biji, karena hal ini sangat mudah untuk dilakukan dan juga tidak memakan banyak biaya. Nah berikut ini langkah-langkah dalam persemaian pada tanaman mentimun.

  • Dengan melakukan perendaman benih yang sudah dipilih dengan larutan fungisida selama 15 menit.
  • Kemudian lakukan perendaman kembali sampai 24 jam full, supaya tanaman tidak mudah terserang hama maupun penyakit.
  • Kemudian lakukan pemindahan benih, kedalam lipatan handuk yang usdah dibasahi dan biarkan selama 12 hingga 15 jam sampai kecambah keluar.
  • Setelah itu dengan melakukan pemindahan kedalam media polibag dengan ukuran kecol atau 1 ons yang di isi dengan media tanah yang tercampur dengan pupuk kandang dengan memiliki perbandingan yakni 1:1.
  • Dengan melakukan penyiraman 2 kali dalam sehari dan sebaiknya juga tanaman harus terkena cahaya matahari cukup.
  • Setelah sudah berumur 10-12 hari dan sudah memiliki 2 daun, maka tanaman tersebut sudah siap untuk di pindahkan ke dalam media tanam yang memiliki ukuran yang lebih besar.

Pengelolahan Media Tanam

Dalam tahap pengelolahan media tanam ini sangat penting untuk dilakukan supaya pertumbuhan dan perkembangan tanam lebih cepat serta menghasilkan produktivitas dengan cepat. Nah berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan media tanam dengan media pot atau polibag simak penjelasannya dibawah ini.

  • Sebelum untuk melakukan penanaman sebaiknya dengan melakukan pemilihan tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Kemudian dengan melakukan pencangkulan, pembajakan sampai merata dan lakukan pencampuran pupuk kandang atau kompos dengan memiliki perbandingan 1:2 lalu diamkan selama 2-4 hari.
  • Lalau siapakan pot atau polibag dengan ukuran 2-5 kg dan lakukan pengisian media pot atau polibag dengan media tanah yang sudah disiapkan sampai penuh.
  • Kemudian siram hingga lembab atau basa, lalu diamkan beberapa sebelum penanaman mentimun.

Penanaman Tanaman

Untuk penanaman pada tanaman mentimun sangat mudah dan juga sederhana yakni dengan membuat lubang sedalam 2-3 cm atau dengan bantuan kayu dengan kebulatan 2-3 diamater, kemudian masukan bibit yang sudah siap tanaman kedalam media dan lalu timbun dengan permukaan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kandang atau kompos dan siram sampai lembab atau basah.

Pemeliharaan Tanaman

Dalam tahap pemeliharaan pada tanaman mentimun yakni dengan penyiraman, penyulaman, pemupukan, penyiangan, pemasangan ajir dan pengendalian hama dan penyakit. Lebih jelasnya berikut ini :

  • Penyiraman
    Penyiraman tanaman mentimun dilakukan dua kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan dalam penyiraman tanaman.
  • Penyulaman
    Penyulaman pada tanaman mentimun dilakukan dengan cara menggantikan tanaman yang tidak tumbuh dengan tanaman yang baru.
  • Pemupukan
    Pemupukan pada tanaman mentimun dilakukan 15-20 hari setelah tanam menggunakan pupuk urea, Tsp dan lainnya.
  • Penyaiangan
    Penyiangan dilakukan dengan membersihkan tanaman yang mengganggu disekitar tanaman mentimun.
  • Pemasangan Ajir
    Pemasangan ajir dilakukan ketika tanaman berukuran 2-3 cm di atas permukaan tanah, dengan menggunakan bambu atau kayu kecil dengan memiliki panjang 1,5-2 meter bahkan lebih.
  • Pengendalian Hama Dan Penyakit
    Dalam pengendalian hama maupun penyakit dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida dan fungisida sesuai denga petunjuk yang telah dianjurkan.

Pemanenan Tanaman

Untuk tahap dalam pemanenan pada tanaman mentimun dapat dilakukan pada umur 2-3 bulan setelah masa tanam. Pemanenan ini dilakukan dengan cara pemilihan buah mentimun yang berkualitas dengan cara memetik tangkai buah secara langsung. Dalam pemanenan ini sebaiknya dilakukan pada saat pagi dan sore hari supaya menjaga kualitas pada tanaman.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Budidaya Mentimun Di Dalam Pot ( Polybag ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂